10 Ciri-ciri Budaya Politik Kaula dan Pengertiannya

Advertisement

Pengertian Budaya Politik Kaula

Di dalam suatu negara pasti mempunyai budaya politik yang berbeda. Jika suatu negara menerapkan budaya politik yang baik, maka baiklah negara tersebut. Lantas apakah pengertian budaya politik kaula yang sebenarya berikut ini adalah pengertian buadaya politik kaula.

faktor-kepadatan-penduduk

Menurut (Wikipedia Bahasa Indonesia)Budaya politik kaula (Subjek), yaitu budaya politik yang masyarakat yang bersangkutan sudah relatif maju baik sosial maupun ekonominya tetapi masih bersifat pasif. Budaya politik suatu masyarakat dapat dikatakan subyek jika terdapat frekuensi orientasi yang tinggi terhadap pengetahuan sistem politik secara umum dan objek output atau terdapat pemahaman mengenai penguatan kebijakan yang di buat oleh pemerintah. Namun frekuensi orientasi mengenai struktur dan peranan dalam pembuatan kebijakan yang dilakukan pemerintah tidak terlalu diperhatikan. Para subyek menyadari akan otoritas pemerintah dan secara efektif mereka di arahkan pada otoritas tersebut. Sikap masyarakat terhadap sistem politik yang ada ditunjukkan melalui rasa bangga atau malah rasa tidak suka. Intinya, dalam kebudayaan politik subyek, sudah ada pengetahuan yang memadai tentang sistem politik secara umum serta proses penguatan kebijakan yang di buat oleh pemerintah.

10 Ciri-ciri Budaya Politik Kaula

Berikut ini adalah ciri-ciri buadauya politik kaula

  1. Masyarakat sadar akan kebijakan politik tetapi pasif.
  2. Masyarakat cenderung tidak peduli dengan keberadaan sistem politik, padalah mereka sadar akan pentingnya berperan aktif dalam kegiatan politik
  3. Masyarakat mempunyai pemahaman tentang apa yang terjadi mengenai sistem politik
  4. Masyarakat yang menganut budaya politik kaula biasanya masyarakat modern yang telah mengenal peradaban luar.
  5. Kesadaran masyarakat akan adanya kewenangan pemerintah atau kekuasaan dalam masyarakatnya cukup tinggi.
  6. Masyarakat tidak memiliki semangat untuk menganut budaya politik partisipan.
  7. Masyarakat secara umum patuh dan menerima secara loyal terhadap kebijakan pemerintah serta kebijakan pimpinannya.
  8. Masyarakat mengikuti perkembangan berita-berita terkini mengenai suasana politik yang ada, akan tetapi mereka tetap tak acuh dalam menaggapi kondisi tersebut.
  9. Masyarakat menyadari adanya otoritas pemerintah.
  10. Demokrasi akan sulit berkembang di kalanga masyarakat yang menganut budaya politik kaula karena warganya tidak aktif dalam kegiatan politik dinegaranya.

Yang menjadi ciri khusus budaya politik kaula adalah masyarakat sudah mengenal mengenai sistem politik dan pemerintahan namun mereka tidak turut serta dalam kegiatan politik di dalam negaranya, masyarakatnya cenderung tidak peduli dan pasif.

Nah demikianlah 10 Ciri-cri Budaya Politik Kaula dan Pengertiannya Lengkap, sekian yang dapat mimin sampaikan semoga bermanfaat.

BACA JUGA :

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.