12 Contoh Kata Konjungsi Koordinatif dan Penjelasannya

Advertisement

12 Contoh Kata Konjungsi Koordinatif dan Penjelasannya

konjungsi koordinatif

Kata hubung adalah kata yang menghubungkan dua atau lebih kalusa. Sejatinya kata hubung berfungsi untuk menghubungkan antar kalimat suapaya terbentuk satu kalimat padu yang mudah di mengerti. Jika kata hubung tidak digunakan dengan baik, maka suatu kata tidak akan dengan mudh dipahami maksudnya. Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai kata konjungsi koordinatif. Sebelum kita membahasnya lebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui bebepa penjelasan berikut ini.

Pengertian Konjungsi

Konjungsi atau kata sambung adalah kata untuk menghubungkan kata-kata, ungkapan-ungkapan atau kalimat-kalimat dan sebagainya dan tidak untuk tujuan atau maksud lain. Konjungsi tidak dihubungkan dengan objek, konjungsi tidak menerangkan kata, konjungsi hanya menghubungkan kata-kata atau kalimat-kalimat dan sebagainya. Nah, setelah memahami penjelasan di atas mengenai pengertian kata konjungsi, pahamilah pengertian konjungsi koordinatif berikut ini.

Pengertian Konjungsi Koordinatif

Konjungsi koordinatif adalah kata yang menghubungkan dua klausa (kalimat) yang tersusun atas kalimat kalimat sederhana. Kata konjungsi koordinatif berfungsi untuk menyambung dan menghubungkan kalimat sehingga tersusun menjadi kalimat padu dan mudah di pahami. Jika suatu klausa yang tergabung menjadi satu kalimat tidak terhubung dengan kata konjungsi, maka kalimat tersebut akan menjadi ambigu. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah contoh kata konjungsi koordinatif. Perhatikan penejalsan berikut ini.

Contoh Kata Konjungsi koordinatif

Advertisement
  • Sebungkus nasi dan pecel lele di berikan kepada pengemis jalanan.

Penjelasan =

“Sebungkus nasi” merupakan satu klausa. “Pecel lele” merupakan klausa yang lain. Kedua klausa tersebut di sambung dengan kata konjungsi koordinatif yaitu “dan”. Kata konjungsi koordinatif

 

1. Dan

2. Tetapi

3. Atau

4. Serta

  1. – Sepasang sepatu dan satu buah tas di bagikan kepada siswa.
    – Sekaleng susu dan sebungkus coklat di beli dari supermarket.
    – Kursi rusak dan meja belejar sedang diperbaiki tukang kayu.
  2. – Ayah ingin berangkat bekerja tetapi sepeda motornya rusak.
    – Adik menangis tetapi tidak mengeluarkan air mata
    – Dia tidak bisa membaca tetapi usahanya untuk belajar sangat tinggi.
  3. – Kita dapat bermalam atau mengistirihatkan diri di hoteol ini.
    – Semua orang butuh beras atau makanan pokok lain sebagai kebutuhan hidup.
    – Berkendara dengan sepeda motor atau dengan mobil harus tetap hati-hati.
  4. – Dengan bermodalkan kepercayaan diri serta latihan kuhusus, kita mampu melawan penjajah.
    – Keberanian diri serta kekuatan mental sangat dibutuhkan pemimpin.
    – Peserta di wajibkan membawa pensil dan kertas warna untuk persiapan lomba.

Nah, dari beberapa penjelasan di atas kita dapat mengetahui penggunaan kata konjungsi koordinatif dalam kalimat. Demikianlah 12 Contoh Kata Konjungsi Koordinatif dan Penjelasannya. Sekian yang dapat mimin sampaikan pada artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca, jangan lupa di share ya 😀 .

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.