15 Ciri-ciri Arthropoda (Hewan Berbuku) dan Penjelasannya

Advertisement

15 Ciri-ciri Arthropoda (Hewan Berbuku) dan Penjelasannya

15 Ciri-ciri Arthropoda (Hewan Berbuku) dan Penjelasannya

Pengertian Arthtropoda

Artropoda adalah filum yang paling besar dalam kingdom animalia (hewan) dan mencakup serangga, laba-laba, udang lipan dan hewan sejenis lainnya. Artropodaciri biasa ditemukan di laut, air tawar, darat, dan lingkungan udara, termasuk berbagai bentuk simbiosis dan parasit.
Kata artropoda berasal dari bahasa Yunani yaitu “artron” yang berarti  “ruas, buku, atau segmen”, danpodos” yang artinya “kaki”, dengan demikian dapat kita ambil kesimpulan, bahwa Artropoda adalah hewan berbuku-buku atau hewan beruas.

Arthropoda merupakan hewan triploblastik selomata, tubuhnya beruas-ruas, mempunyai kerangka luar dari kitin. Pada setiap ruas tubuh mempunyai kaki yang bersendi. Jumlah kaki mempunyai modifikasi sesuai dengan kelasnya. Arthropoda mempunyai jumlah yang paling besar dilihat dari spesies dan individunya. Kita dapat menemukan berbagai jenis arthropoda di air, du darat, dan di dalam tanah. Banyak yang hidup sebagai parasit pada hewan dan tumbuhan.

Karena keberadaan arthtropda yang cukup banyak dan sangat mudah untuk ditemukan, banyak ilmuan-ilmuan yang meneliti dan mnegawetkannya sebagai bahan kajia. Cara mengawetkannya cukup mudah, yaitu dengan cara mengeringkan dan kemudian dimasukan ke dalam alkohol 70%.

Cobalah anda amati seekor belalang misalnya, karena belalang adalah hewan yang hidup diberbagai tempat di belahan dunia jadi mudah untuk anda temukan. Dari tubuh belalang dapat kita temukan sepasang antena di kepala yang bagian belakang kepala terdapat dada yang beruas-ruas dan terdapat tiga pasang kaki. Sebagian besar belalang di dadanya terdapat sayap untuk terbang. Di bagian dada terdapat ruas yang merupakan bagian perut dan kemudian bagian ekor. Cukup mudah memang mengidentifikasi hewan-huwan yang termasuk aerhtropoda.

Advertisement

15 Ciri-ciri Arthropoda (Hewan Berbuku) dan Penjelasannya

Berikut ini  adalah ciri-ciri hewan arthtropoda

  1. Arthropoda merupakan hewan triploblastik selomata. Tripoblastik selomata artinya tersusun dari 3 lapisan tubuh dan tidak memiliki rongga tubuh
  2. Arthropoda memiliki tubuh yang beruas-ruas.
  3. Arthropoda memiliki kerangka luar dari kitin. Kitin adalah polisakarida struktural yang digunakan untuk menyusun eksoskleton dari artropoda (serangga, laba-laba, krustase, dan hewan-hewan lain sejenis)
  4. Tubuhnya simetris bilateral. Yaitu hewan yang tubuhnya tersusun bersebelahan dengan bagian lainnya. Jika diambil garis memotong lewat mulut dan anus hewansimetri bilateral akan didapatkan bagian yang sama antara sisi kiri dan kanan.
  5. Pada setiap ruas tubuh arthropoda mempunyai kaki yang bersendi.
  6. Arthtropoda memiliki ukuran tubuh bervariasi
  7. Arthropoda mempunyai jumlah yang paling besar dilihat dari spesies dan individunya.
  8. Arthropoda banyak yang hidup sebagai parasit pada hewan dan tumbuhan.
  9. Sistem peredaran darah terbuka, darah tidak memilikik hemoglobin.
  10. Hidup sebagai hewan heterotropik. Yaitu menggantungkan hidup dengan memakan hasil makanan organisme autotropik.
  11. Arthropoda memiliki alat pernapasan berupa trakea, insang, dan paru-paru (berbuku)
  12. Arthropoda memiliki Alat pencernaan lengkap (mulut, kerongkongan, usus, dan anus).
  13. Ada yang hidup didarat dan sebagian hidup dilaut.
  14. Sistem saraf yang terdapat pada arthropoda berupa tangga tali dan alat peraba berupa antena.
  15. Arthropoda berkembangbiak secara seksual dan aseksual.

Cobalah anda amati seekor belalang misalnya, karena belalang adalah hewan yang hidup diberbagai tempat di belahan dunia jadi mudah untuk anda temukan. Dari tubuh belalang dapat kita temukan sepasang antena di kepala yang bagian belakang kepala terdapat dada yang beruas-ruas dan terdapat tiga pasang kaki. Sebagian besar belalang di dadanya terdapat sayap untuk terbang. Di bagian dada terdapat ruas yang merupakan bagian perut dan kemudian bagian ekor. Cukup mudah memang mengidentifikasi hewan-hewan yang termasuk aerhtropoda.

Demikianlah 15 Ciri-ciri Arthropoda (Hewan Berbuku) dan Penjelasannya . Semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi yang and butuhkan. Sekian yang dapat mimin sampaikan melaui artikel ini. Terimaksih telah membaca.

 

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.