15 Ciri-Ciri Gymnospermae (Tumbuhan Biji terbuka) dan Contohnya

Advertisement

Pengertian Gymnospermae

Pernahkah anda memakan biji melinjo? sangat enak bukan, melinjo sering di manfaatkan menjadi kripik, emping, dan bahan masakan. Dalam ilmu biologi tumbuhan melinjo termasuk dalam klasifikasi tumbuhan gymnospermae. Lantas apakah pengertian Gymnospermae yang sesungguhnya. Berikut ini adalah pengertiannya.

Istilah Gymnospermae berasal dari kata Yunani, yaitu gymnos yang berarti terbuka. Gymnospermae adalah Klasifikasi tubuhan dengan biji terbuka. Gymnospermae termasuk dalam klasifikasi spermatopyta (tumbuhan berbiji).

15 Ciri-ciri Gymnospermae (tumbuhan biji terbuka)

  1. Tumbuhan Gymnospermae berakar tunggang.
  2. Belum memiliki bunga sejati (hanya berupa strobilus jantan dan betina).
  3. Memiliki batang, akar, dan daun sejati.
  4. Gymnospermae tidak memiliki mahkota bunga.
  5. Tumbuhan ini memiliki daun yang kaku dan sempi tetapi tebal, ada yang berbentuk seperti jarum, namun adapula yang tipis seperti lembaran.
  6. Akar dan batang berkambium.
  7. Bakal biji berada di luar sehingga tidak dilindungi oleh daun buah.
  8. Gymnospermae berumah satu hanya memiliki dua strobilus (strobilus jantan dan betina), sedangkan Gymnospermae berumah dua juga memiliki satu strobilus.
    catatan : Strobilus = Kumpulan sprorofil yang membentuk struktur kerucut pada ujung tunas fertile tumbuhan paku, dan juga istilah untuk bagian leher pada Cestoda.
  9. Sporofil jantan dan sporofil betina letaknya terpisah.
  10. Tumbuhan Gymnospermae ini tidak memiliki pembungkus biji, sehingga biji tumbuhan ini terlihat atau berada pada permukaan daun buah.
  11. Kebanyakan tumbuhan jenis ini adalah tanaman berkayu yang memiliki berbagai macam variasi.
  12. Pohon jenis ini dapat tumbuh besar dan bercabang.
  13. Termasuk dalam tumbuhan heterospora (yaitu dapat menghasilkan dua jenis spora).
  14. Penyerbukan dan pembuahan yang terjadi membutuhkan waktu yang cukup lama.
  15. Memiliki akar lateral yang cukup kuat untuk menopang batang pohon.

Nah sekarang sudah tahu kan mengenai beberapa ciri-ciri tumbuhan gymnospermae? sekarang mimin akan membahas beberapa contoh dari tumbuhan Gymnospermae.

Contoh Tumbuhan Gymnospermae

  1. Pohon Pinus
    contoh tumbuhan Gymnospermae
    Pohon pinus termasuk dalam tumbuhan biji terbuka. Pinus mempunyai nama latin Casuarina Equisetifolia merupakan tumbuhan yang menghasilkan getah untuk dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti bahan baku membuat cat. Selain getahnya, batang pohon pinus juga dimanfaatkan untuk bahan bangunan. Pohon pinus mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.
  2. Melinjo
    Contoh Tumbuhan Gymnospermae
    Contoh tumbuhan berbiji terbuka lainnya adalah melinjo. Nama latin melinjo adalah Gnetum Gnemon Linn.
    Biji melinjo sering dimanfaatkan untuk di jadikan berbagai olahan makanan seperti emping, dan daun dari melinjo biasanya menjadi campuran bahan membuat sayur. Selain untuk dikonsumsi biji melinjo juga sangat ampuh untuk terapi berbagi macam penyakit seperti asam urat, pengontrol kolesterol, mencegah berkembangbiakan sel kanker dan lain-lain.
  3. Pakis Haji
    Conto Tumbuhan Gymnospermae
    Pakis haji termasuk dalam tumbuhan biji terbka (Gymnospermae). Pakis haji memiliki nama latin  Cycas Rumphii. Di Indonesia sendiri tanaman ini lebih populer sebagai tanaman hiasan rumah kantor,  maupun taman.
  4. Pohon Cemara
    Cemara+Norfolk
    Pohon cemara termasuk dalam tumbuhan biji terbuka. Pohon cemaa mempunyai nama latin Araucaria Cunninghamii . Pohon cemara identik dengan daunnya yang cantik, selain itu pohon cemara tidak berbuah sehingga termasuk dalam . Pohon cemara biasa tumbuh di daerah dataran tinggi yang berfungsi untuk menguatakan bahu jalan karena akarnya yang kuat. Akar pohon cemara dapat menjadi obat yang sangat ampuh untuk mengobati cacingan.
  5. Pohon Damar
    damar
    Pohon damar adalah salah satu tumbuhan Gymnospermae.Pohon damara meiliki nama latin Agathis Dammara. Pohon damar mempunyai manfaat yang sangat banyak diantaranya adalah sebagai salah satu bahan dasar pewarna, sebagai bahan dasar pembuat plastik, sebagai bahan dasar pembuatan cat, dan berbagi macam manfaat lainnya.

Nah Demikianlah 15 Ciri-ciri Gymnospermae (Tumbuhan biji terbuka) dan Contohnya lengkap, semoga dapat memerikan informasi yang bermanfaat bagi anda, sekian dari mimin terimakasih telah berkenan membaca.

BACA JUGA :

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.