15 Ciri-ciri Reptilia (Hewan Melata) dan penjelasannya

Advertisement

15 Ciri-ciri Reptilia (Hewan Melata) dan penjelasannya

15 Ciri-ciri Reptilia (Hewan Melata) dan penjelasannya

Pengertian  Reptilia

Dalam kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai reptilia. Reptil yang paling tidak asing ditelinga kita adalah ular dan buaya. Mungkin sebagian dari Anda telah mempelajarinya ketika duduk di bangku SMA. Reptilia termasuk dalam hewan bertulang belakang. Pada artikel ini, mimin akan membahas tentang ciri-ciri reptilia dan penjelasannya. Sebelum membahasnya lebih lanjut alangkah lebih baik kita mengetahui pengertian hewan reptilia terlebih dahulu.

Reptilia adalah hewan melata. Hewan reptilia adalah hewan vertebrata (bertulang belakang) dann berdarah dingin serta tubuhnya dilindungi oleh sisik. Sebagian reptilia aktif dalam penggantian kulit. Reptilia mengontrol suhu tubuhnya dengan adaptasi tingkah laku. Mayoritas reptil berkembang biak dengan bertelur (ovipar) dan sebagian kecil beranak (vivipar) ada juga yang beranak dan bertelur (opovivipar). Umumnya reptil berkaki empat dan mempunyai lima jari disetiap kakinya, kecuali ular. Reptil dapat ditemukan di berbagai belahan dunia, dan dapt ditemukan di lingkungan apapun, karen areptil mampu hidup di lingkungan yang kering, seperti komodo.

15 Ciri-ciri Reptilia dan penjelasannya

Berikut ini adalah ciri-ciri hewan reptilia

Advertisement
  1. Reptil adalah hewan melata, yatiu bergerak dengan menelungkup ke tanah, sedangkan pada punggungnya mengerutkan otot dikedua sisi tulang belakang.
  2. Reptil mempunyai kulit bersisik dan kering untuk beradaptasi dengan lingkungannya.
  3. Reptil mempunyai kaki yang pendek dan ekor yang panjang. Disetiap kakinya mempunyai kuku yang cukup tajam untuk pertahanan dirinya.
  4. Reptil memiliki ukuran tubuh yang bervariasi, namun rerptil mempunyai sruktur  tubuh yang lengkap terdiri dari kepala, leher, badan, dan ekor.
  5. Reptil memiliki kulit tubuh yang terlindungi oleh perisai epidermal atau yang sering kita sebut sebagai sisik. Pada sisik reptil tersebut terdapat protein keratin yang membuat kulit reptil menjadi kedap air dan juga mencegah reptil mengalami dehidrasi pada saat udara di lingkungannya kering.
  6. Peredaran darah pada reptil adalah peredaran darah tertutup ganda. Reptil memiliki 4 ruang pada jantungnya, 2 ruang serambi (atrium) dan dua ruang bilik (ventrikel). Akan tetapi sekat yang membatasi kedua bilik tersebut belum sempurna.
  7. Reptil memiliki alat ekskresi yaitu berupa ginjal yang berbentuk pipih (ginjal metanephric).
  8. Reptil termasuk hewan berdarah dingin. Reptil mengatur suhu tubuhnya dengan beradaptasi dengan lingkungannya
  9. Reptil memiliki tiga alat indera yaitu, mata, hidung, dan telinga.
  10. Reptil dapat bertahan hidup dalam waktu yang cukup lama. Seperti penyu, kura-kura, komodo, buaya dan ular.
  11. Reptil mempunyai alat pencernaan yang cukup lengkap.  Alat pencernaan yang dimiliki oleh reptil meliputi mulut, faring, esogagus, lambung, usus halus, usus besar, dan kloaka. Di bagian mulut terdapat gigi dan juga lidah.
  12. Hewan reptil memiliki kelenjar bau yang berada di dekat kloaka. Pada kura-kura, kelenjar bau dapat ditemukan di antara perisai dorsal (karapaks) dan perisai ventral (plastron).
  13. Hewan reptil mengalami fertilisasi internal yang terjadi didalam tubuh reptil betina.
  14. Reptil mayoritas sebagai predator dan pemakan daging (karnivora)
  15. Reptil sebagian besar berkembangbiak dengan ovipar (bertelur), namun sebagian ada juga yang berkembangbiak dengan ovovivipar (bertelur dan beranak).

Dari beberapa keterangan di atas, kita dapat dengan mudah mengidentifikasi ciri-ciri reptil dan menemukannya disekitar kita, seperti kadal, ular, dan lain-lain. Reptil ditemukan diberbagai belahan dunia. Reptil mampu bertahan di dalam kondisis apapun, itu yang membuat umur reptil cukup panjang. Reptil yang berumur cukup panjang yang sering ditemukan adalah buaya, komoda, ular, dan penyu.

Nah, demikianlah 15 Ciri-ciri Reptilia (Hewan Melata) dan penjelasannya. Sekian yang dapat mimin sampaikan melalui artikel ini, semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi yang anda butuhkan. Terimkasih telah membaca.

 

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.