15 Pengertian Konstitusi Menurut Ahli dan Penjelasannya

Advertisement

15 Pengertian Konstitusi Menurut Ahli dan Penjelasannya

pengertian konstitusi menurut ahli

Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai pengertian konstitusi bagi suatu negara. Begitu pentingnya sebuah konstitusi bagi suatu negara hingga tidak akan ada negara yang bertahan dengan perkembangan zaman jika tidak mempunyai konstitusi yang kuat dan solid. Sebelum kita membahasnya lebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui pengertian konstitusi terlebih dahulu. Perhatikan pernyataan berikut ini.

Pengertian Konstitusi

Konstitusi atau Undang-undang Dasar berasal dari bahasa latin yaitu “constitutio” yang berarti peraturan tertulis. Sementara itu pengertian konstitusi dalam negara adalah sebuah norma sistem politik dan hukum bentukan pada pemerintahan negara biasanya dikodifikasikan sebagai dokumen tertulis. Hukum ini tidak mengatur hal-hal yang terperinci, melainkan hanya menjabarkan prinsip-prinsip yang menjadi dasar bagi peraturan-peraturan lainnya. Dalam kasus bentukan negara, konstitusi memuat aturan dan prinsip-prinsip entitas politik dan hukum, istilah ini merujuk secara khusus untuk menetapkan konstitusi nasional sebagai prinsip-prinsip dasar politik, prinsip-prinsip dasar hukum termasuk dalam bentukan struktur, prosedur, wewenang dan kewajiban pemerintahan negara pada umumnya, Konstitusi umumnya merujuk pada penjaminan hak kepada warga masyarakatnya. Istilah konstitusi dapat diterapkan kepada seluruh hukum yang mendefinisikan fungsi pemerintahan negara.

#Konstitusi dalam arti relatif

Konstitusi dalam arti relatif dibagi menjadi 2 pengertian yaitu
*konstitusi sebagai tuntutan dari golongan borjuis agar haknya dapat dijamin oleh penguasa.
*konstitusi sebagai sebuah konstitusi dalam arti formil (konstitusi dapat berupa tertulis) dan konstitusi dalam arti materiil (konstitusi yang dilihat dari segi isinya).

#konstitusi dalam arti positif

Konstitusi dalam arti positif adalah sebagai sebuah keputusan politik yang tertinggi sehingga mampu mengubah tatanan kehidupan kenegaraan.

#konstitusi dalam arti ideal

Konstitusi dalam arti idealyaitu konstitusi yang memuat adanya jaminan atas hak asasi serta perlindungannya.

15 Pengertian Konstitusi Menurut Para Ahli

  1. Herman heller

    konstitusi mempunyai arti luas dari pada Undang-Undang Dasar. Konstitusi tidak hanya bersifat yuridis tetapi juga sosiologis dan politis. konstitusi mencerminkan kehidupan politik didalam masyarakat sebagai suatu kenyataan, belum dalam artihukum. konstitusi masih merupakan pengertian sosiologis atau politik setelah orang mencari unsur-unsur hukum dari konstitusi , maka konstitusi menjadi suatu kaidah hukum (rechtverfassung). Hingga kemudian masyarakat mulai menulisnya kedalam suatu naskah sebagai undang-undang yang tertinggi yang berlaku dalam suatu negara.

  2. K. C. Wheare

    Menurut K. C. Wheare konstitusi adalah keseluruhan sistem ketatanegaraaan suatu negara yang berupa kumpulan peraturan yang membentuk mengatur /memerintah dalam pemerintahan suatu negara.

  3. Lasalle

    Menurut Lasalle konstitusi adalah hubungan antara kekuasaaan yang terdapat di dalam masyarakat seperti golongan yang mempunyai kedudukan nyata di dalam masyarakat misalnya kepala negara angkatan perang, partai politik, dsb.

  4. L.J Van Apeldoorn

    Menurut L.J Van Apeldoorn konstitusi memuat semua peraturan baik peraturan tertulis maupun peraturan tak tertulis

  5. Koernimanto Soetopawiro

    Menurut koernimanto Soetopawiro istilah konstitusi berasal dari bahasa latin cisme yang berarti bersama dengan dan statute yang berarti membuat sesuatu agar berdiri. Jadi konstitusi berarti menetapkan secara bersama.

  6. Carl Schmitt 

    Menurut Carl Schmitt konstitusi di bagi 4 pengertian yaitu sebagai berikut;

    Advertisement
    • Konstitusi sebagai kesatuan organisasi yang mencakup hukum dan semua organisasi yang ada di dalam negara.
    • Konstitusi sebagai bentuk negara.
    • Konstitusi sebagai faktor integrasi.
    • Konstitusi sebagai sistem tertutup dari norma hukum yang tertinggi di dalam negara .

     

  7. Paul B. Barthollomew

    Konstitusi menurut definisi Paul B. Barthollomew yang mengatakan bahwa konstitusi adalah seperangkat hukum-hukum fundamental dan prinsip-prinsip yang mengatur bagaimana sebuah pemerintah politis dijalankan.

  8. Bolingbroke 

    Pengertian konstitusi menurut definisi Bolong broke yang mengatakan bahwa konstitusi adalah kumpulan hukum, lembaga, dan kebiasaan yang berasal dari prinsip-prinsip tertentu yang menyusun sistem umum dan masyarakat setuju untuk diperintah menurut sistem itu.

  9. E.C.S. Wade

    Menurut E.C.S. Wade pengertian konstitusi adalah suatu naskah yang memaparkan dan menjelaskan rangka dan tugas-tugas pokok dari badan-badan pemerintahan dalam suatu negara dan menentukan pokok-pokok cara kerja badan-badan tersebut. Pokok-pokok cara kerja tersebut dijadikan acuan untuk menjalankan kegiatan kenegaraan.

  10. Prof. G.J. Wolholf

    Konstitusi adalah undang-undang yang tertinggi dalam negara, yang memuat dasar-dasar seluruh sistem hukum dalam negara itu.

  11. Paul B. Barthollomew

    Konstitusi menurut definisi Paul B. Barthollomew yang mengatakan bahwa konstitusi adalah seperangkat hukum-hukum fundamental dan prinsip-prinsip yang mengatur bagaimana sebuah pemerintah politis dijalankan.

  12. Sovernin Lohman

    Menurut Sovernin Lohman konstitusi terdiri dari tiga unsur yaitu
    *konstitusi yang dipandang sebagai perwujudan dari perjanjian masyarakat atau warga negara;
    *konstitusi sebagai kerangka bangunan pemerintahan.
    *konstitusi sebagai piagam yang merupakan jaminan atas hak-hak manusia dan masyarakat dan juga menentukan pembatasan antara hak dan kewajiban bagi warga dengan alat-alat pemerintahannya;

  13. Prof. Miriam Budiarjo

    Menurut Prof. Miriam Budiarjo dalam pendapatnya tentang pengertian konstitusi yang mengatakan bahwa pengertian konstitusi adalah keseluruhan peraturan, baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur secara mengikat cara-cara bagaimana suatu pemerintah diselenggarakan dalam suatu masyarakat.

  14. Choirul Anwar

    Pengertian konstitusi menurut definisi Choirul anwar yang mengatakan bahwa pengertian konstitusi adalah fundamental law tentang pemerintahan suatu negara dan nilai-nilai fundamentalnya.

  15. Paul B. Barthollomew

    Konstitusi menurut definisi Paul B. Barthollomew yang mengatakan bahwa konstitusi adalah seperangkat hukum-hukum fundamental dan prinsip-prinsip yang mengatur bagaimana sebuah pemerintah politis dijalankan.

Nah, dari beberapa pengertian di atas kita dapat memahami pengertian konstitusi. Demikianlah 15 Pengertian Konstitusi Menurut Ahli dan Penjelasannya. Sekian yang dapat mimin sampaikan melalui artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA :

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.