May 04 2017

2 Teknik Membaca Cepat dan Penjelasannya Lengkap

2 Teknik Membaca Cepat dan Penjelasannya Lengkap

2 Teknik Membaca Cepat

Pengertian membaca cepat

Membaca cepat adalah memahami suatu tulisan dengan cepat. Bersamaan membaca, pikiran pun harus memahami makna bacaan yang dibaca. Oleh karenannya, dibutuhkan kecepatan pikiran dan hati dalam membaca dan memahami tulisan. Ketepatan dan kecepatan membaca akan terbangun dengan sendirinya apabila sering berlatih membaca. Untuk bisa membaca cepat dengan mendapatkan pemahaman secara tepat isi bacaan  perhatikan petunjuk berikut.

  1. Konsentrasikan pikiran kita penuh dan sempurna terhadap bahan bacaan.
  2. Waktu kembaca, usahakan secara fisik diam.
  3. Menggerakan bola mata 3-4 kali setiap baris bacaan.
  4. Usahakan sedikit mungkin terjadi pengulanagan gerak mata.
  5. Pada waktu membaca ditekankan pemahaman aspek satuan pikiran, ide, atau kata-kata kunci (key word) saja.
  6. Makna yang diambil adalah gagasan –gagasan pokok saja, jangan banyak mellihat unsur-unsur yang kurang menunjang.
  7. Kecepatan membaca diatur secara bervariasi bergaantung pada tujuan, kaperluan, dan bahan bacaan.
  8. Membaca dengan sifat aktif, kritis dan kreatif.
  9. Pandanglah membaca sebagi tujuan bukan tugas atau beban atau dengan ata lain keperluan atau desakan.
  10. Membaca dengan kecepatan tinggi untuk siswa setingkat SMA biasanya berkisar anatara 250-300 kata per menitdengantingkat pemahaman isi bacaan 60%-75%.

Teknik membaca cepat

  1. Scanning

    Snanning disebut juga membaca memindai. Scanning adalah teknik membaca cepat  untuk mencari informasi yang kalian inginkan. Kalian mencari ide atau kata kunci saja, seringkali kalian sudah tahu apa yang kalian kehendaki sehingga pikiran kalian terfokus pada penemuan jawaban. Scanning menggerakan mata dengan cepat disetiap lembar halaman. Ketika menscan, lihatlah tata tulis seperti penomoran, langakah-lngkah seperti satu, dua, tiga, dst, kata-kata yang tercetak tebal, miring, atau ukuran huruf yang berbeda, gaya cetak, atau warna. Seringkali penulis menempatkan ide pokoknya denga cara ini. Jika kalian menggunakan buku standar, gunakan indeks untuk menggunakan ide atau kata kunci. Teknik membaca scanning adalah membaca sepintas lalu dengan cepat.

  1. Skimming

    Skimming adalah teknik membaca cepat untuk mengidentifikasi ide pokok sebuah teks. Kalian tidak perlu membaca kata per kata seperti baca normal. Kecepatan membaca bisa mencapai 3-4 kali lebih cepat dari biasanya. Orang akan mengguanakan teknik ini jika begitu banyaknya bacaan yang harus dibaca dengan waktu yang terbatas. Gunakan skimming untuk melihat apakah teks tersebut sesuai dengan penelitian anda. Langkah-langkah skimming, awalnya sama dengan previewing yaitu baca cepat judul, subjudul, lalu baca kalimat pertama atau terakhir arena biasanya ide pokok atau gagasan berada pada posisi itu. Ingat bahwa teknik membaca skimming untuk mencari informasi khusus, bukan pemahaman secara menyeluruh. Ide pokok juga akan tergambar pada fakta yang diberikan pada table, grafik, atau bagan. Teknik baca skimming merupakan teknik membaca cepat. Teknik membaca skimming berarti kita secara cepat membaca sekilas teks untuk menentukan ide ide penting dari teks(tindakan untuk mengambil intisari atau saripati suatu hal).

Menemukan gagasan pokok

ide pokok/pikiran utama/gagasan pokok adalah gagasan yang menjiwai paragraf. Cara menentukan gagasan pokok dalam suatu paragraf adalah pernyataan paling umum, paling penting atau pernyataan yang merupakan kesimpulan, dan terdapat bagian-bagian yang diulang pada kalimat-kalimat lain. Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf. keberadaan gagasan utama tersebut dapat paragraf deduktif, induktif, maupun paragraf campuran. Dalam jenis paragraf ini, gagasan utama dinyatakan secara implisit maupun eksplisit. Gagasan utama yang eksplisit dijumpai dalam jenis diwakilkan pada sebuah kalimat utama yang letaknya bisa di awal, diakhir, atau di awal dan akhir. sementara itu, gagasan utama yang implisit biasanya dijumpai dalam paragraf deskriptip dan naratif.

Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Membaca Cepat

Untuk dapat memahmi gagasan pokok dengan cepat dan cermat, kalian harus sering berlatih menggunakan teknik membaca cepat, baik scanning maupun skimming. Karena itu memahami dan membaca suatu tulisan dengan cepat , hasilnya pun akan tepat. Langkah-langkah yang tepat dalam membaca dan memahami maknanya adalah sebagi berikut.

  1. Mempersiapkan secara fisik dan psikologis sebelum membaca.
  2. Membaca tulisan denagn tenang, namun cepat.
  3. Sambil membaca, memberika tanda-tanda yang merupakan gagasan pokok dan gagasn utamanya.
  4. menyediakan stopwatch atau jam tangan untuk mengukur kecepatan dan ketepatan dalam membaca.
  5. Membaca dengan penuh konsentrasi.

Hal yang Harus Dihindari Dalam Membaca Cepat

Kalian tentu dapat membaca cepat dan tepat jika kalian rajin berlatih. Latihan itu dapat kalian lakukan untuk menjangkau dengan cepat beberapa kata yang dibaca. Selain harus rajin berlatih kalian juga harus menghindari kebiasaan-kebiasaan dibawah ini agar dapat menjadi pembaca cepat yang baik.

  1. Membaca dengan bersuara (vocalisasi)
  2. Menggerakkan bibir.
  3. Menunjuk kata demi kata dengan jari.
  4. Menggerakkan kepala dari kiri dan kanan.
  5. kebiasaan selau kembali ke beloakang untuk melihat kata/beberapa kata yang baru di baca (regresi).
  6. Melafalkan dalam pikiran/batin kata-kata yang dibaca.

Nah demikianlah 2 Teknik Membaca Cepat dan Penjelasannya Lengkap, semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi, sekian yang dapat mimin sampaikan semoga bermanfaat.

BACA JUGA :

Leave a Reply

Your email address will not be published.