May 16 2017

4 Dampak Perang Dingin Bagi Kehidupan Umat Manusia

4 Dampak Perang Dingin Bagi Kehidupan Umat Manusia

Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas dampak perang dingin bagi kehidupan umat manusia. Perang yang masih berlangsung hingga saat ini merupakan persaingan dalam persenjataan dan teknologi-teknologi yang mutakhir.
AS vs Rusia

Perang dingin yang sesungguhnya adalah merupakan bentuk perebutan pengaruh antara Amerika Serikat dan Uni Soviet, yang ternyata memberi dampak yang begitu besar bagi negara-negara di Asia maupun di Afrika walaupun mereka tidak ikut serta dalam konflik tersebut.

Perang dingin juga mempengaruhi perubahan sistem politik yang ada di Indonesia, yaitu menyangkut politik luar negeri Indonesia pada masa demokrasi iberal yang lebih condong ke Blok Barat, sebab telah di beri bantuan ekonomi berupa Marshal Plan, tetapi pada masa demokrasi terpimpin berubah lebih condong ke Blok timur atau menganut politik Nefo.

Berikut ini adalah dampak perang dingin yang pernah terjadi di berbagai belahan dunia hingga saat ini.

  1. Terjadinya Perang Korea

    Persaingan yang dilakukan negara adikuasa dalam menyebarkan pengaruh ideologinya menyebabkan terjadinya perpecahan di berbagai negara, seperti Jerman Timur dan Jerman Barat, Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Serta Korea Selatan dan Korea Utara.
    4 Dampak Perang Dingin Bagi Kehidupan Umat Manusia
    Konflik terbuka antara kedua kubu demokrasi-liberal dan kubu-kubu komunis terjadi di Korea dan Vietnam. Perang Korea terjadi ketika sekitar 60.000 tentara Korea Utara yang dibantu oleh Uni Soviet menyerang dan berhasil menduduki Seoul, ibu kota Korea Selatan. Peristiwa ini mengundang PBB untuk campur tangan dan menyerukan kepada negara-negara anggotanya untuk memberi bantuan kepada Korea Selatan. Dibawah pimpinan Jendral Douglas Mc Arthur, pasukan PBB bukan hanya bisa merebut Seoul kembali, namun juga memasuki wilayah Korea Utara sampai ke batas wilayah Manchuria(China). Akan tetapi korea Utara kembali mendapat bantuan dari China yang menerjunkan ratusan ribu pasukannya, sehingga pasukan PBB kembali ke wilayah Kore Selatan, yaitu sampai garis lintang 38 derajat, yaitu perbatasan diantara kedua Korea.
    Perang Korea berlangsung selama tiga tahun dan berahir tahun 1953 dengan ditandatanganinya perjanjian gencatan senjata di Pamunjon pada tanggal 27 juni 1953. Korea akhirnya benar-benar terpisah. Korea Utara tetap menjadi wilayah yang di pengaruhi oleh Uni Soviet yang berideologi komunis (Blok Timur). Dan Korea Selatan menjadi negara yang dipengaruhi oleh Amerika (Blok Barat)

  2. Terjadinya Perang Vietnam

    Dalam perang Vietnam, sekali lagi komunis berusaha mengubah status quo yang mengakibatkan pembagian Vietnam menjadi dua negara sesuai perjanjian Janewa pada bulan desember 1954,yaitu Vietnam Utara (Republik Demokrasi Vietnam) yang berhaluan komunis dan Vietnam Selatan yang di dukung Amerika. Vietnam Utara melakukan penyusupan ke wilayah Vietnam Selatan terutama di daerah pertanian di delta sungai mekong, untuk menggalang rakyat disana agar menyiapkan pembekalan bagi tentara Vietnam Utara yang akan menyerang Vietnam Selatan. Gerakan Vietnam Utara ini mendapat dukungan  dari Uni Soviet dengan tujuan membendung pengaruh Republik Rakyat Tiongkok ke selatan. Meskipun sama-sama komunis, China dan Uni Soviet terjadi ketegangan karena China menuduh pemimpin Uni Soviet saat itu Kruschev, bersifat kompromitis dengan Amerika Serikat. Hal ini dianggap China sebagai penghianatan terhadap revolusi komunis.
    4 Dampak Perang Dingin Bagi Kehidupan Umat Manusia
    Perkembangan tersebut membuat Amerika Serikat merasa hawatir karena Vietnam Selatan, yang di anggap sebagai benteng demokrasi oleh Amerika Serikat, mendapat ancaman dari komunis. Oleh karena itu, Amerika Serikat kemudian mengirimkan bantuan kepada Vietnam Selatan untuk mencegah meluasnya komunis ke Asia Tenggara. Akibatnya terjadi pertempuran antara Vietnam Utara yang di bantu oleh Uni Soviet dengan Vietnam Selatan yang di bantu oleh Amerika Serikat. Pada tahun1968 pasukan Vietnam Utara melancarkan serangan besar-besaran terhadap Vietnam Selatan. Amerika Serikat kemudian membalasnya dengan menyerang Hanoi, ibu kota Vietnam Utara. Akan tetapi persenjataan Amerika Serikat tidak mampu mengalahkan pasukan Vietnam Utara yang didukung oleh gerilyawan Vietcong. Akhirnya mereka menarik pasukannya dari Vietnam Selatan. Akibatnya Vietnam Utara dengan mudah menaklukan Vietnam Selatan dan menyatukan seluruh negeri itu dibawah panji komunis. Amerika dinyatakan kalah dengan berakhirnya pertempuran tersebut

  3. Munculnya Gerakan Non Blok

    Tujuan dibentuknya GNB adalah untuk mengatasi ketegangan dunia akibat adanya konflik antara Blok Barat dan Blok Timur. GNB dilaksanakan dengan cara mengadakan KTT Non Blok yang anggotanya terdiri dari negara-negara di Asia dan di Afrika yang tidka memihak pada salah satu Blok. Berdirinya GNB dipelopori oleh lima negara sebagai berikut.
    a. Josep Broz Tito dari Yugoslavia
    b. Soekarno dari Indonesia
    c. Jawaharlal Nehru dari India
    d. Kwane Nkrumah dari Ghana
    e. Gamal Abdul Nasir dari Mesir.
    4 Dampak Perang Dingin Bagi Kehidupan Umat Manusia
    Gerakan Non Blok memiliki tujuan sebagai berikut
    1. Menjadi wadah perjuangan negara-negara yang sedang berkembang
    2. Mengurangi ketegangan antara Blok Barat dan Blok Timur.
    3. Tidak membenarkan penyelesaian persengketaan dengan kekerasan.
    4. Mendukung perjuangan dekolonialisme dan memegang teguh perjuangan melawan imperialisme, kolonialisme, neokolonialisme, rasialisme, apartheid, dan zionisme.

  4. Munculnya Perlombaan Senjata

    Negara-negar yang berkonflik saling bersaing dalam menciptakan persenjataan-persenjataan modern dan canggih. Perlombaan senjata tersebut bertujuan untuk menunjukan kekuatan masing-masing negara sebagai negara superior yang mampu menguasai dan mengalahkan pihak lain.
    Negara-negara tersebut juga mendirikan pusat-pusat militer yang bertujuan untuk menjaga dan mempertahankan diri jika ada serangan dari musuh.
    4 Dampak Perang Dingin Bagi Kehidupan Umat Manusia
    Neagara yang bertikai mengembangkan potensi alamnya untuk pembuatan senjata. Unsur alam yang dikembangkan menjadi suatu senjata oleh kedua negara adalah uranium. Unsur ini memiliki daya ledak yang sangat dahsyat. Penemuan unsur alam ini berawal dari perkembangan pembangkit listrik, akan tetapi pada perang dingin senjata ini dikembangkan menjadi senjata yang paling berbahaya di dunia yaitu Bom Nuklir.
    Daya ledak dari nuklir mencapai puluhan kilometer. Persenjataan nuklir termasuk persenjataan nonkonvensional yang daya rusaknya berasal dari energi yang dihasilkan oleh reaksi nuklir, yaitu jenis fisika yang melibatkan inti atom. Bom dan persenjataan nuklir yang dikembangkan oleh dua kekuatan adidaya dunia itu sangat membahayakan umat manusia. Negara adidaya mengembangkan persenjataan nuklir dalam berbagi bentuk peluru kendali atau biasa disebut Rudal. Yang dapat menjangkau antar negara, bahkan antar benua.
    Dari persenjataan jenis rudal berkepala nuklir tersebut, Amerika Serikat dapat mengarahkan langsung rudal ke Uni Soviet. Demikian pula sebaliknya, Uni Soviet dapat mengarahkan langsung rudal ke Amerika Serikat. Perlombaan senjata nuklir antara Amerika Seriat da Uni Soviet menimbulkan kehawatiran bagi masyarakat dunia. Mereka hawatir dengan daya ledakan dan radiasi yang dapat menghancurkan seluruh kehidupan manusia di dunia. Kekuatan nuklir yang dimiliki oleh Uni Soviet memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan yang dimiliki Amerika Serikat. Hal itu dapat dilihat dari kekuatan nuklir medan (Theater Nuklir), yaitu rudal dan pesawat pengebom.

Dari berbagai dampak diatas kita dapat menyimpulkan bahwa sampai saat ini perang dingin masih terjadi. Kedua negara adidaya terkuat di dunia selalu berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik, dan mencoba menyebarkan pengaruhnya bagi kehidupan umat manusia berbangsa dan bernegara. Kita sebagi bangsa yang cinta perdamaian seharusnya turut serta menjaga keamanan negara-negara suapaya tidak menyuar peperangan yang dapat merenggut benyak nyawa. Nah demikianlah 4 Dampak Perang Dingin Bagi Kehidupan Umat Manusia. Sekian yang dapat mimin sampaikan melaui artikel ini semoga dapat membantu Anda dalam memberikan informasi yang Anda butuhkan. Terimasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.