Apr 03 2017

5 Contoh Paragraf Campuran Lengkap Beserta Penjelasanya

5 Contoh Paragraf Campuran Lengkap Beserta Penjelasanyacontoh paragraf campuran

Pengertian Paragraf Campuran

Disekolah kita mengenal berbagai macam paragraf. Termasuk diantaranya adalah paragraf yang dibedakan berdasarkan letak kalimat utama/ide pokoknya. Diantaranya ada paragraf induktif, deduktif, dan paragraf campuran. Dalam kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai paragraf campuran. Sebelum kita memahasnya lebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Perhatikan pernyataan berikut.

Paragraf campuran adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak pada kalimat pertama dan kalimat terakhir dalam paragraf. Bisa dikatakan juga kalau paragraf campuran adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan kalimat utama dan diakhiri juga dengan kalimat utama. Dalam paragraf ini terdapat dua kalimat utama. Untuk lebih jelas dalam memahami paragraf campuran, perhatikan 5 contoh paragraf campuran lengkap beserta penjelasannya berikut ini!

5 Contoh Paragraf Campuran Lengkap Beserta Penjelasanya

1.

Saat ini keberadaan pasar tradisional mulai kalah dengan banyaknya pasar modern. Orang-orang zaman sekarang lebih memilih untuk berbelanja ke supermarket meskipun mereka tahu bahwa harga yang ditawarkan supermarket lebih mahal dari yang ada di pasar tradisional. Selain itu supermarket juga dianggap lebih bersih ketimbang pasar tradisonal yang berantakan dan tidak bersih. Hal ini jelas mengancam nasib orang-orang kecil yang bekerja di pasar tradisional. Maka dari itu sangat diperlukan pemerintah untuk menjamin nasib para pedagang pasar tradisional dengan membatasi keberadaan supermarket disuatu daerah. Dengan demikian keberadaan supermarket tidak akan mengancam keberadaan pasar tradisional yang telah bertahun-tahun menjadi mata pencaharian banyak orang.

PENJELASAN : yang menjadi kalimat utama di awal paragraf adalah “Saat ini keberadaan pasar tradisional mulai kalah dengan banyaknya pasar modern.” yang kemudian dijelaskan penyebab kalahnya pasar tradisional oleh pasar modern, dan pada akhir paragraf dipertegas lagi dengan kalimat  “Dengan demikian keberadaan supermarket tidak akan mengancam keberadaan pasar tradisional yang telah bertahun-tahun menjadi mata pencaharian banyak orang“.

2.

Pelestarian lingkungan hidup adalah suatu keterbutuhan yang menjadi tanggung jawab kita bersama. Setiap warga negara berkewajiban untuk menjaga, merawat, dan melestarikan lingkungan hidup di sekitar kita. Lingkungan hidup adalah hal-hal yang bersinggungan dan sangat erat kaitannya baik secara langsung maupun tidak dalam hidup kita. Jika lingkungan rusak tentu akan berdampak buruk pada kehidupan kita dan sebaliknya. Maka dari itu kita harus bersama-sama mengemban tanggung jawab untuk melestarikan lingkungan hidup.

PENJELASAN : yang menjadi kalimat utama dalam paragraf tersebut adala “Pelestarian lingkungan hidup adalah suatu keterbutuhan yang menjadi tanggung jawab kita bersama” yang kemudian dijelaskan dengan kalimat selanjutnya yang menjelaskan akibat jika kita tidak menjaga lingkungan hidup dan kemudian dipertegas lagi dengan kalimat terakhir “Maka dari itu kita harus bersama-sama mengemban tanggung jawab untuk melestarikan lingkungan hidup“.

3.

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan Sumber daya alam. Contohnya di pulau Sumatra terdiri dari suku batak, suku minang , suku aceh, suku melayu dan lain-lain sebagainya yang masing-masing memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Tidak hanya dipulau Sumatra saja, bahkan di pulau Jawa juga terdapat suku jawa, sunda, betawi badui, dansuku-suku lainya. Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Bali Papua, dan pulau-pulau lainnya juga terdapat bermacam-macam suku dengan kebudayaannya masing-masing. Maka dari itu kita harus menjaga dan melestarikan kekayaan alam dan sumber daya alam di Indonesia.

PENJELASAN : kalimat utama dalam paragraf tersebut adalah “Indonesia merupakan Negara yang kaya akan Sumber daya alam” yang kemudian dijelaskan pada kalimat selanjutnya mengenai kekayaan Indonesia dan pada akhir paragraf dipertegas dengan kalimat utama yang lainnya yaitu “Maka dari itu kita harus menjaga dan melestarikan kekayaan alam dan sumber daya alam di Indonesia

4.

Ada beberapa penyebab kemacetan di Jakarta. Pertama, jumlah kendaraan yang sangat banyak tidak seimbang dengan luasnya jalan. Kedua, kedisiplinan pengendara kendaraan sangat minim. Ketiga, banyak tempat yang memunculkan gangguan lalu lintas, misalnya pasar, perlintasan rel kereta api, pedagang kaki lima, halte yang tidak difungsikan, banjir, dan sebagainya. Keempat, kurang tegasnya petugas yang berwenang dalam mengatur lalu lintas serta menindak para pelanggar lalu lintas. Jadi, tidak hanya satu hal yang menyebabkan kemacetan di Jakarta.

PENJELASAN : yang menjadi kalimat utama dalam paragraf tersebut adalah “Ada beberapa penyebab kemacetan di Jakarta” dan kemudian dijelaskan dengan kalimat selanjutnya berbagai macam kemacetan di Jakarta. Dan pada kalimat akhir kembali ditegaskan dengan kalimat utama lainya yaitu “Jadi, tidak hanya satu hal yang menyebabkan kemacetan di Jakarta

5.

Seorang penulis harus banyak membaca agar wawasannya luas. Menulis merupakan pekerjaan yang menuntut banyak ilmu dan pengetahuan. Salah satu cara untuk mendapatkan ilmu yang praktis adalah dengan membaca. Boleh membaca apa saja. Mulai dari buku, pengalaman orang lain, browsing internet, berguru, sekolah, dan lain-lain. Intinya adalah membaca. Karena membaca jendela ilmu akan terbuka lebar. Pantas saja kalau mau jadi penulis harus banyak membaca.

PENJELASAN : kalimat utama pada paragraf tersebut adalah “Seorang penulis harus banyak membaca agar wawasannya luas” dan kemudian dijelaskan dengan kalimat selanjutnya dan pad akhir kalimat dipertegas dengan kalimat utama lainya yaitu ” Pantas saja kalau mau jadi penulis harus banyak membaca

 

Nah, dari beberapa contoh singkat diatas kita dapat memahami bahwa didalam paragraf campuran kita dapat menemukan dua kalimat utama dalam satu paragraf, letak kalimat utama tersebut berada di awal paragraf dan berada di akhir paragraf. Demikianlah 5 Contoh Paragraf Campuran Lengkap Beserta Penjelasanya yang sangat mudah untuk dipahami, dan sekian yang dapat mimin sampaikan semoga bermanfaat.

BACA JUGA :

Leave a Reply

Your email address will not be published.