5 Contoh Paragraf Persuasi dan Penjelasannya Lengkap

Advertisement

5 Contoh Paragraf Persuasi dan Penjelasannya Lengkap

Contoh Paragraf Persuasi

Pada Kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai paragraf persuasi. Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mempelajarinya ketika duduk di bangku sekolah. Nah, pada artikel kali ini mimin akan menciba mambahas paragraf persuasi meliputi pengetian dan contohnya. Kita kupas satu persatu dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Sebelum membahsanya lebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Perhatikan pernyataan berikut ini.

Pengertian Paragraf Persuasi

Kata persuasi diturunkan pada kata verba persuade (inggris) yang artinya “membujuk, atau meyarankan”. Paragraf persuasi merupakan kelanjutan atau pengembangan dari paragraf argumentasi. Dalam paragraf persuasi, mula-mula memaparkan gagasan dengan alasan, bukti atau contoh untuk meyakinkan pembaca. Kemudian diikuti oleh ajakan, bujukan, rayuan, imbauan, dan saran kepada pembaca. Perbedaan paragraf persuasi dan argumentasi adalah sasaran atau yang ingin dibidik oleh paragraf tersebut. Paragraf argumentasi menitikberatkan sasaran pada logika pembaca. Sedangkan pada paragraf persuasi menitikberatkan pada emosi/perasaan pembaca, walaupun juga tidak bisa lepas dari penjelasan mengenai logika. Dengan kata lain, paragraf argumentasi lebih mengedepankan mengenai benar salahnya suatu gagasan. Sedangkan paragraf persuasi mengedepankan mengenai ajakan supaya pembaca mau mengikuti ajakan/imbauan/kehendak penulis.

5 Contoh Paragraf Persuasi

Berikut ini adalah contoh paragraf persuasi

#Contoh Paragraf Persuasi 1

Pentingnya Generasi Berwirausaha

Melihat jumlah kepadatan penduduk yang semakin bertambah dan terus bertambah di Jakarta membuat persaingan kerja semakin ketat. Hal ini terbukti dari banyaknya lulusan sarjana yang ditolak mentah-metah ketika melamar kerja di perusahaan yang diinginkan. Hal ini menjadi salah satu masalah tersendiri di Ibu Kota. Jumlah penduduk yang tidak seimbang dengan jumlah lapangan pekerjaan ini menjadi pemicu semakin marakknya penganggurann di Jakarta. Jika masalah ini tidak segera diatasi, maka akan berdampak ke lingkup sosial yang lebih luas. Nah, untuk itu diharapkan pendidikan mengenai kewirausahaan harus diajarkan sedini mungkin. Indonesia membutuhkan generasi wirausaha untuk mengangkat dan menjunjung perekonomian Indonesia menuju ke tingkat yang lebih baik lagi. Saya harap, pendidikan mengenai berwirausaha dapat diterapkan dengan baik disekolah-sekolah dan perguruan tinggi. Marilah kita menjadi generasi wirausaha yang berkualitas. Marilah kita mulai membangun diri sendiri dan membangun masyarakat kita supaya giat berwirausaha, sehingga dapat mengurangi dampak pengangguran sekaligus mencegah terjadinya dampak sosial yang negatif karena pengangguran. Kita harus yakin pada diri sendiri jika kita mampu mewujudkan Indonesia yang lebih sejahtera dengan membangun generasi-generasi wirausaha.

#Contoh Paragraf Persuasi 2

Bijak Berteknologi

Arus perkembangan teknologi yang semakin canggih dan tidak dapat terbendung dapat menjadi maslah sosial tersendiri. Selain menawarkan berbagai manfaat positif, dampak kemajuan teknologi juga menawarkan berbagai dampak-dampak negatif yang lebih berbahaya. Salah satu dampak yang paling mudah kita temukan dilingkungan sekitar adalah “ketidakpedulian”. Hal tersebut dapat terjadi karena orang-orang lebih mengutamakan bersosialisasi lewat media sosial dari pada bersosialisasi secara langsung. Generasi muda saat ini menjadi genarasi yang krisis kepedulian. Selain itu dampak kemjuan teknologi juga berdampak pada maraknya penipuan online yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Tidak hanya itu, kemajuan teknologi dapat membawa masyarakat terbawa arus konten/berita hoax. Hal ini adalah hal yang harus diwaspadai semua pihak. Jika arus informasi tidak digali secara mendalam maka akan menimbulkan kebingungan sosial. Konten/berita hoax memang bertujuan untuk meresahkan masyarakat dan bersifat mengadu domba. Maka dari itu, bijaklah dalam menggunakan teknologi. Kita adalah individu-individu yang masing-masing mempunyai peran dalam membendung dampak negatif arus teknologi yang semakin canggih. Marilah kita menjadi generasi yang bijak berteknologi. Jangan sampai kemjuan teknologi yang semakin canggih membodohkan generasi-generasi kita. Marilah kita berupaya mencegah pengaruh-pengaruh negatif dari arus teknologi yang semakin caggih.

#Contoh Paragraf Persuasi 3

Berantas Korupsi

Advertisement

Korupsi, selalu menjadi pembahasan yang tidak ada habisnya. Bagaimana tidak? di negara yang mempunyai penduduk terbanyak ke 4 dunia ini masih saja pejaat negara yang melakukan tindak pidanan korupsi. Sementara itu banyak rakyatnya yang masih hidup di bawah garis kemiskinan. Seharusnya kasus pidana korupsi yang terus merajalela menjadi evaluasi yang sangat diutamakan pemerintah Indonesia, mengingat banyak infrastruktur yang terbengkalai pembangunannya karena maraknya tindak korupsi. Maka dari itu, marilah kita bersama-sama untuk memberantas korupsi. Dengan cara membangun karakter diri kita terlebih dahulu. Hal ini sangat penting, karena jika kita memiliki pribadi yang berkarakter dan jujur, maka kita tidak akan melakukan tindakan-tindakan yang merugikan orang lain, masyarakat, bahkan negara. Marilah kita menjadi generasi emas penerus bangsa. Menjadi generasai bebas korupsi, menjadi generasi terbaik dari bangsa ini. Jika kita menjadi bangsa yang berkarakter, maka korupsi pun tidak akan beranak pinak di negeri ini. Pembangunan karakter adalah pembangunan yang mengahruskan manusianya menjadi manusia yang bermanfaat bagi masyarakat. Jika sumber daya manusia berkemban dengan pesat, maka tindak pidana koruspi bisa dengan mudah teratasi.

#Contoh Paragraf Persuasi 4

Membuanglah Sampah Pada Tempatnya

Masalah sampah menjadi masalah yang tidak akan pernah habis untuk di bahas. Terkhusus di Ibu Kota Jakarta, sampah adalah salah satu masalah sosial yang cukup sulit untuk ditangani. Masyarakat yang membuang sampah sembarangan berakibat terjadinya bencana banjir yang tidak wajar, misalnya curah hujan yang tidak terlalu deras dapat mengakibatkan banjir. Bahkan, dalam kondisi tidak hujan, daerah Ibu Kota beresiko terkena bencana banjir. Hal itu dikarenakan banyaknya masyarakat yang membuang sampah di sungai dan saluran-saluran air. Maka untuk itu, kita sebagai warga masyarakat yang baik sudah seharusnya menaati peraturan yang ditetapkan pemerintah terkhusus masalah sampah. Sesulit apakah membuang sampah pada tempatnya? sebenarnya itu adalah hal mudah yang kita semua bisa melakukan. Tidak membuang sampah di sungai dan di saluran air adalah hal yang kita semua dapat lakukan. Jadi mulailah dari diri sendiri. Marilah kita tingkatkan kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Menjaga lingkungan kita dari bahaya yang disebabkan oleh sampah seperti munculnya berbagai penyakit dan bencana banjir. Anak muda sebagai generasi penerus bangsa seharusnya menjadi pelopor utama dalam menjaga alam lingkungan kita. Marilah kita wujudkan Indonesia yang sehat dan bebas dari sampah yang tergeletak sembarangan, sehingga banjir tidak lagi terjadi.

#Contoh Paragraf Persuasi 5

Mari Perbaiki Kualitas Pendidikan di Indonesia

Sebagai negara yang mempunyai kakayaan alam terbanyak di dunia, seharusnya Indonesia sudah menjadi negara maju dan bebas hutang dari luar negeri. Indonesia mempunyai budaya, suku, ras, agama, dan kekayaan alam yang beraneka ragam seharusnya mampu mendorong perekonomian Indonesia menuju ke tingkat yang lebih baik. Banyak potensi yang bisa kembangkan dari keanekaragaman di Indonesia. Namun, dibalik kekyaan yang begitu melimpah itu semua kita tidak mengimbanginya dengan kualoitas manusia yang unggul. Sumber daya manusia yang masih dibawah rata-rata tidak akan mampu membawa Indonesia ke era yang lebih baik. Terlebih dahulu kita harus membangun kualitas manusianya menjadi generasi-generasi yang berkarakter. Marilah kita membangun Indonesia melalui perbaikan kualitas pendidikan kita. Kita harus yakin bahwa kita mampu mewujudkan Indonesia yang lebih gemilang lagi. Pendidikan menjadi salah satu unsur yang terpenting dalam pemebangunan manusia.

Nah, dari beberapa contoh di atas kita dapat memahami mengenai paragraf persuasi dan perbedaanya dengan paragraf argumentasi. Demikianlah 5 Contoh Paragraf Persuasi dan Penjelasannya Lengkap. Sekian yang dapat mimin sampaikan melalui artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.