6 Fungsi Ideologi bagi Suatu Negara Lengkap Penjelasannya

Advertisement

6 Fungsi Ideologi bagi Suatu Negara Lengkap Penjelasannya

6 Fungsi Ideologi bagi Suatu Negara Lengkap Penjelasannya

Pengertian Ideologi

Hidup berbangsa dan bernegara hendaknya kita sebagai warga negara turut serta dalam menjaga perdamaian dunia. Ditengah bergejolaknya perbedaan ideologi pada beberapa negara adikuasa seperti America serikat dan Rusia kita harus ikut serta dalam menjaga keamanan dengan cara-cara yang bisa kita lakukan, tidak perlu ikut bersitegang dalam persaingan dan gesekan antara negara-negara adikuasa yang sedang berusaha menyebarkan pengaruh idiologi mereka. Komunisme-sosialis dengan liberalisme-kapitalis selalu menjadi perseteruan abadi sejak terjadinya perang dunia ke II.

Fanatisme ideologi seperti negara-negara tersebut dapat menyebabkan perselisihan yang tiada ujung, namun jika suatu negara tidak akan dapat berdiri tanpa ada pandangan hidup(idelogi) dalam berbangsa dan bernegara. Dalam kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai fungsi ideologi bagi suatu negara. Sebelum kita membahasnya lebih lanjut, alangkah baiknya kita mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

Kata Ideologi pertama sekali diperkenalkan oleh filsuf Prancis Destutt de Tracy pada tahun 1796. Kata ini berasal dari bahasa Prancis idéologie, merupakan gabungan 2 kata yaitu, idéo yang mengacu kepada gagasan dan logie yang mengacu kepada logos, kata dalam bahasa Yunani untuk menjelaskan logika dan rasio. Destutt de Tracy menggunakan kata ini dalam pengertian etimologinya sebagai “ilmu yang meliputi kajian tentang asal usul dan hakikat ide atau gagasan”.(Wikipedia)

Ideologi sangat diperlukan oleh suatu negara. Tanpa ideologi suatu bangsa akan rapuh dan perlahan-lahan akan hancur, karena ideologi merupakan pandangan dan falsafah hidup suatu bangsa. Selain itu ideologi juga merupakan  landasan dan tujuan hidup suatu bangsa.

Advertisement

6 Fungsi Ideologi Bagi Suatu Negara

  1. Struktur kognitif

    Struktur kognitif yakni segala pengetahuan dan pandangan yang merupakan landasan untuk memahami segala kejadian yang terjadi disekitarnya. Struktur kognitif ini menjadi pacuan dalam memahami dan menyikapi segala persoalan yang menghadapi sekelompok masyarakat atau bangsa ketika menghadapi masalah tertentu. Pemahaman ideologi oleh suatu bangsa dapat mempengaruhi kebijakan-kebijakan yang ada dalam negaranya, baik kebijakan politik, sosial, ekonomi, maupun kebudayaan.

  2. Orientasi Dasar

    Orientasi dasar yakni, membuka wawasan yang memberikan makna serta menunjukan tujuan dalam kehidupan masyarakat. Ideologi dalam hal ini berfungsi untuk menentukan suatu arah dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Suatu negara wajib mempunyai suatu ideologi agar dapat melangsungkan kehidupan bernegara. Jika suatu negara tidak memiliki suatu ideologi yang dianut, dapat diperediksikan negara tersebut akan mudah terpengaruh oleh ideologi-ideologi yang menyerang bangsa mereka sehingga bangsa tersebut akan dekat dengan kehancuran.

  3. Norma-norma yang menjadi Pedoman

    Negara-negara yang berideologi sangat berpegag teguh terhadap norma-norma yang menjadi pedoman dalm berbangsa dan bernegara. Segala aktivitas dalam menjadi warga masyarakat. Jadi dalam bertindak selalu dalam batsan norma-norma yang terkandung dalam ideologi terwebut. Dengan berpedoman dengan norma-norma, seseorang dapat terarah dalam bertingkah laku.

  4. Jalan untuk Menentukan Identitas Diri

    Sebagai warga negara yang baik sudah seharusnya kita membangun jatidiri yang dapat memperkuat eksistensi ideologi yang kita anut. Ideologi dapat menentukan identitas diri suatu bangsa, yakni jatidiri yang berbeda dengan negara-negara lain. Identitas nasional Indonesia yang membedakannya dengan bangsa-bangsa lain salah satu di antaranya adalah adanya ideologi Pancasila sebagai dasar filsafat, pandangan hidup,  kepribadian, dan dasar negara.

  5. Kekuatan untuk Mencapai Tujuan

    Ideologi juga berfungsi untuk mendorong dan menyemangati seseorang untuk mencapai suatu tujuan. Tanpa adanya pandangan hidup yang di anggap sebagai pedoman dlam berbnagsa dan bernegara, suatu bangsa tidak akan mampu untuk mencapai tujuan dan cita-citanya. Oleh karena itu, ideologi adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam mewujudkan cit-cita negara tersebut.

  6. Sumber Edukasi untuk Masyarakat

    Selain lima diatas, ideologi berfungsi sebagai sumber pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati, serta mempolakan tingkah lakunya sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung didalamnya.

Dengan ideologi, kita dapat mengetahui arah yang kita tuju. Tak heran jika suatu negara mempunyai ideologi masing-masing dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Beitu pentingnya peran ideologi bagi suatu negara, maka suatu negara wajib menganut  sebuah ideologi yang akan mengantarkan merka pada cita-cita mereka. Ada berbagai macam ideologi di dunia, seperti kapitalisme, komunisme, liberalisme, anarkisme, sosialisme, pancasila, dan lain-lain.

Indonesia merupakan negara yang berideologi Pancasila. Kita patut berbangga karena Pancasila hanya ada satu dan satu-satunya di dunia. Pancasila lahir dari padangan dan falsafah hidup bangsa Indonesia. Karena memperjuangkan  Pancasila merupakan kewajiban bagi kita sebagai generasi penerus perjuangan para pahlawan yang telah merebut kembali kemerdekaan dari penjajah. Pancasila sudah sangat lekat dan mendarah daging didalam diri bangsa Indonesia, maka dari itu jika ada hal-hal yang dapat merusak dan menggeser eksistensi Pancasila harus segera ditumpas dan dihentikan.

Demikianlah 6 Fungsi Ideologi bagi Suatu Negara Lengkap Penjelasannya. Semoga dapat membentu anda dalam memberikan informasi yang anda butuhkan. Sekian yang dapat mimin sampaikan melalui artkel ini, ketemu lagi pada artikel selanjutnya. Dan terimakasih telah membaca.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.