6 Jenis-jenis Hak Asasi Manusia (HAM) dan Penjelasannya

Advertisement

6 Jenis-jenis Hak Asasi Manusia (HAM) dan Penjelasannya

Jenis-jenis Hak Asasi Manusia

Hak asasi manusia merupakan kodrat yang diberikan oleh Tuhan kepada masing-masing umat manusia. Sebagai hak dasar yang langsung diberikan oleh Tuhan kepada makhluknya, maka pada dasarnya tidak ada seorangpun yang boleh merampas hak tersebut dari orang lain. Dengan demikian tindakan-tindakan yang berupaya melanggar, merampas, dan melecehkan Hak Asasi Manusia merupakan suatu tindakan yang melwan hukum. Untuki mengadilipara pelnaggar HAM maka dibentuklah lembaga peradilan di tingkat nasiona maupu internasional. Sebelum kita membahasnya lebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui pengertian HAM menurut ahli berikut ini.

Pengertian Hak Asasi Manusia

Menurut Undang-Undang RI nomor 39 tahun 1999, “Hak Asasi Manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerahnNya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat martabat manausia”. HAM mengandung makna yaitu sebagai berikut.

  1. HAM merupakan hak alamiah yang melekat dalam diri setiap manusia sejak ia dilahirkan kedunia. Hak alamiah adalah hak yang sesuai dengan kodrat manusia sebagai insan merdeka yang berakal budi dan berkeperimanusiaan, Oleh karena itu, tidak ada seorang pun yang diperkenankan merampas hak tersebut dari tangan pemiliknya. Hal ini tidak brarti bahwa HAM bersifat mutlak tanpa pembatasan, karena batasan HAM seseorang adalah HAM yang melekat pada orang lain. Bila HAM dicabut dari tangan pemiliknya, manusia kan kehilangan eksistensinya sebagai manusia
  2. HAM merupakan instrument atau alat untuk menjaga harkat martabat manusia sesuai dengan kodrat kemanusiaannya yang luhur. Tanpa HAM manusia tidak akan dapat hidup sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaannya sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna.

Berikut ini adalah pengertian HAM menurut para ahli hukum

  1. GJ. Walhost
    Menurut GJ. Walhost Hak Asasi Manusia adalah sejumlah hak yang melekat dan berakar pada setiap tabiat manusia, dan justru karena kemanusiaannya, hak tersebut tidak dapat dicabut oleh siapapun juga karean apabila dicabut akan hilang kemanusiaannya.
  2. Prof. Koentjoroningrat Poerbo Pranoto
    Menurut Prof. Koentjoroningrat Poerbo Pranoto Hak Asasi Manusia adalah hak yang bersifat asasi. Artinya hak-hak yang dimiliki manusia menurut kodratnya yang tidak dapat dipisahkan dari hakikatnya sehingga bersifat suci.

Jenis-jenis Hak Asasi Manusia

A. Hak Asasi Manusia Menurut Sifatnya

Menurut sifatnya, hak asasi manusia terbagi menjadi beberapa macam. Berikut adalah penjelasannya.

Advertisement
  1. Hak Asasi Pribadi (Personal Right)

    Hak asasi pribadi adalah hak-hak pribadi yang dimiliki setiap orang, seperti kebebasan dan hak untuk hidup, memeluk agama, kebebasan beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, kebebasan mengeluarkan pendapat dan perasaan dan lain sebagainya.

  2. Hak Asasi Ekonomi (Property Right)

    Hak asasi ekonomi adalah hak-hak yang dimiliki sesorang, seperti hak-hak untuk memiliki suatu barang (rumah, tanah, perelengkapan rumah tangga, dan lain-lain), hak membeli dan menjual barang, hak memanfaatkan barang milik pribadi, hak berusaha dan memperoleh penghidupan yang layak, dan lain-lain.

  3. Hak Asasi dalam Hukum dan Pemerintahan (Right of Legal Equality)

    Adalah hak-hak yang dimiliki setiap orang untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintah. Seperti hak untuk memperoleh perlindungan hukum, hak untuk berpartisipasi dalam pemerintahan. Jika hak-hak tersebut tidak terpenuhi maka hal tersebut tindakan yang melanggar hukum. Oknum/pelaku tindakan pelanggaran HAM harus di hukum sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

  4. Hak Asasi Politik (Political Rigth)

    Hak asasi politik adalah hak-hak yang dimiliki setiap orang dibidang politik, seperti hak memilih dan dipilih dalam pemilihan umum, hak mendirikan partai politik, mendirikan organisasi, memasuki organisasi sosial politik, kebebasan berpolitik, bebas melaksanakan kegiatan politik, dan lain-lain. Jika ada oknum atau orang yang berusaha untuk melanggar dan merampas hak asasi politik, maka pelaku tersebut wajib ditindak secara hukum.

  5. Hak Asasi Sosial Budaya (Social and Cultur Right)

    Hak asasi sosial dan budaya adalah hak asasi yang dimiliki setiap orang di bidang kehidupan sosial dan budaya. Seperti hak untuk memperoleh pendidikan, memperoleh pelyanan sosial, memperoleh pelayanan kesehatan, kebebasan bergaul dalam masyarakat, ikut serta dalam kegiatan kemasyarakatan, Kebebasan mengembangkan nilai-nilai budaya, kebebasan menghasilkan karya, dan lain-lain.

  6. Hak Asasi Prosedur Hukum (Procedural Right)

    Hak asasi prosedur hukum adalah hak asasi yang dimiliki setiap orang untuk mendapatkan perlakuan sesuai tata cara peradilan dan perlindungan hukum, seperti dalam hak tata cara penagkapan, penyidikan, penggeledahan, pembelaan hukum, peradilan, dan lain sebagainya.

B. Universal Declaration of Human Right

Deklarasi ini memuat 30 Pasal dan 31 Ayat. Hak asasi menurut Universal Declaration of Human Right dikelompokkan menjadi 7 bagian yaitu sebagai berikut

  1. Personal Right (Hak Pribadi)
  2. Property Right (Hak Ekonomi)
  3. Political Right (Hsak Politik)
  4. Social Right (Hak Sosial)
  5. Cultural Right (Hak Budaya)
  6. Right of Legal Equality (Hak Persamaan Hukum)
  7. Procedur Right (Hak untuk mendapatkan perlakuan yang adli)

Secara garis besar, pembagian mengenai macam-macam Hak Asasi Manusia adalah sama. Hak-hak tersebut harus terpenuhi bagi semua umat manusia karena manusia merupakan makhluk Tuhan Yang Maha Esa yang mempunyai keistimewaan sebagai makhluk paling sempurnya, hendaknya kita sebagai makhluk yang berakal dan beradab tidak melakukan tindaka kesewenang-wenangan kepada sesama.

Nah, dari beberapa penjelasan di atas kita dapat mengetahui sekaligus memahami mengenai Hak Asasi Manusia dan jenis-jenisnya. Demikianlah 6 Jenis-jenis Hak Asasi Manusia (HAM) dan Penjelasannya. Sekian yang dapat mimin sampaikan melalui artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.