6 Unsur-unsur Berita (Pengertian, dan Ciri-ciri) Lengkap

Advertisement

6 Unsur-unsur Berita (Pengertian, dan Ciri-ciri) Lengkap

unsur-unsur berita

Pengertian Berita  

Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai “berita”. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan berita yang sering kita lihat ditelevisi, yang kita dengar di radio, dan yang kita baca dikoran atau surat kabar. Nah sebelum kita membahasnya lebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Perhatikan pernyataan berikut.

Berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak.

Laporan berita merupakan tugas profesi wartawan, saat berita dilaporkan oleh wartawan laporan tersebut menjadi fakta / ide terkini yang dipilih secara sengaja oleh redaksi pemberitaan / media untuk disiarkan dengan anggapan bahwa berita yang terpilih dapat menarik khalayak banyak karena mengandung unsur-unsur berita.

Stasiun televisi biasanya memiliki acara berita atau menayangkan berita sepanjang waktu. Kebutuhan akan berita ada dalam masyarakat, baik yang melek huruf maupun yang buta huruf.(Wikipedia)

Unsur-Unsur Berita

Berikut ini adalah unsur-unsur berita

Unsur-unsur berita adalah hal yang harus ada dalam berita. Jika unsur-unsur ini tidak terdapat, maka berita tersebut akan menjadi berita yang rancu dan tidak bisa diterima masyarakat dengan baik. Unsur-unsur tersebut adalah 5W+1H.

  1. What (apa)

    Unsur ini meliputi apa saja yang terkandung dalam berita. Unsur “what ” dalam berita biasanya pembahasan mengenai peristiwa apa yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan di tengah kalangan masyarakat. Membuat berita tidak asal mencurahkan isi hati seperti karangan-karangan naratif. Akan tetapi harus mampu mempertanggung-jawabkan kebenarannya, maka dari itu berita harus membahas sesuatu yang kebenarannya dapat dibuktikan sehingga tidak menimbulkan kesresahan dalam masyarakat.

  2. Who (siapa)

    Unsur “who” meliputi subjek yang bersangkutan dalam berita tersebut. Yaitu siapa saja yang terlibat dalam kejadian yang diberitakan tersebut. Orang-orang yang terlibat dalam berita harus disebutkan secara jelas, sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman.

  3. When (kapan)

    Adalah kapan terjadinya peristiwa yang sedang dibahas dalam berita. Waktu terjadinya peristiwa harus dijelaskan secara jelas sehingga berita menjadi mudah untuk dimengerti dan di terima masyarakat.

  4. Where (dimana)

    Where adalah tempat dimana peristiwa itu terjadi. Berita harus memuat lokasi kejadian sehingga berita menjadi jelas dan dapat dengan mudah dipahami.

  5. Why (mengapa)

    Unsur “why” merupakan bagian yang menjelaskan mengapa peristiwa itu bisa terjadi. Unsur ini biasanya meliputi alasan dan latar belakang masalah atau peristiwa yang di beritakan. Yang di jelaskan di bagian ini adalah mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi, kemudian dijelaskan secara runtut dan mudah dipahami.

  6. How (bagaimana)

    Unsur terkahir ini adalah memuat bagaimana peristiwa tersebut bisa terjadi. Biasanya pada bagian ini dijelaskan secara kronologis mengenai bagaimana kejadian peristiwa tersebut.

Ciri-ciri Berita

Berikut ini adalah ciri-ciri berita lengkap beserta penjelasannya

  1. Faktual

    Faktual berarti informas yang disampaikan dalam berita harus benar-benar nyata dan dapat dibuktikan kebenaranya. Berita yang disampaikan tidak boleh bersifat membohongi dan memprofokasi masyarakat

  2. Aktual 

    Informasi yang disampaikan dalam berita harus bersifat aktual, berarti peristiwa yiang sedang hangat-hangatnya dibicarakan dalam masyarakat. Tidak boleh memberikan berita yang telah basi, artinya berita yang disampaikan telah lama sekali beredar di masyarakat.

  3. Seimbang

    Berita yang disajikan harus seimbang, artinya tidak memihak salah satu pihak. Jika dalam berita tersebut memihak salah satu pihak maka akan menimbulkan keresahan dalam masyarakat serta berpotensi menimbulkan perpecahan. Hal yang harus dihindari dalam menyajikan adalah keberpihakan. Hal ini menjadi penting karena dapat menimbulkan dampak yang tidak baik.

  4. Peristiwa penting

    Berita harus berisi berita penting yang dibutuhkan oleh masyarakat. Berita yang penting memberikan informasi secara jelas dan tegas sehingga mudah di mengerti oleh masyarakat. Berita memberikan informasi yang dapat memberikan edukasi terhadap masyarakat. Redaksi tidak boleh menyampaikan berita yang tidak penting alias berita yang receh.

  5. Lengkap

    Berita yang baik harus mengandung unsur 5W+1H. Unsur tersebut adalah hal yang wajib ada supaya berita yang disajikan kepada masyarakat tidak ada kerancuan yang dapat menimbulkan ketidak percayaan masyarakat terhadap berita yang disajikan. Suatu peristiwa yang terjadi ketika hendak diberitakan kepada masyarakat luas hendaknya terlebih dahulu dievaluasi kelengkpan beritanya. Suatu redaksi tidak boleh memberikan informasi secara sepotong-sepotong atau setengah-setengah.

  6. Menarik 

    Berita harus bersifat menarik. Bahasa yang digunakan dalam berita adalah bahasa formal yang mudah dipahami artinya sehingga masyarakat tidak menimbulkan kesan monoton. Berita yang baik mempunyai judul berita yang dapat menarik perhatian masyarakat. Hal ini sangat penting karena berita yang bersifat menginforrmasikan harus diterima masyarakat supaya tidak ketinggalan informasi yang sedang marak dibicarakan.

Nah, dari beberapa keterangan di atas dapat kita pahami bahwa berita adalah laporan peristiwa yang berupa fakta yang dilengkapi dengan bebrapa opini yang bersifat aktual (hangat). Berita merupakan laporan peristiwa yang dengan cepat diterima masyrakata melalui media cetak seperti koran, majalah, buletin, maupun media elektronik seperti radio dan televisi. Demikianlah 6 Unsur-unsur Berita (Pengertian, dan Ciri-ciri) Lengkap. Sekian yang dapat mimin sampaikan melalui artikel ini semoga dapat memberikan informasi kepada anda secara lengkap dan memuaskan. Jika anda belum puas, silakan utarakan uneguneg anda di bawah kolom komentar. Terakhir, terimakasih telah membaca.

BACA JUGA :

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.