7 Contoh Hewan Karnivora dan Ciri-cirinya Lengkap

Advertisement

7 Contoh Hewan Karnivora dan Ciri-cirinya Lengkap

Pada kesempatan kaki ini mimin akan membahas mengenai hewan karnivora. Berdasarkan makanannya, hewan dibagi menjadi tiga yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora. Pada artikel kali ini mimin akan membahas tentang hewan karnivora dan ciri-cirinya. Sebelum kita membahasnya lebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui pengertiannya terlebih dahulu, perhatikan pernyataan berikut ini.

Pengertian Hewan Karnivora 

Kata karnivora berasal dari bahasa latin yaitu (caro berarti ‘daging’ dan vorare berarti ‘memakan’) jadi, karnivora adalah golongan hewan pemakan daging. Hewan karnivora umumnya mempunyai kemampuan khusus untuk melumpuhkan mangsanya, seperti singa yang mempunyai kemampuan berlari yang sangat kencang untuk mengejar mangsa, selain itu singa juga mempunyai taring yang sangat tajam untuk membunuh dan menerkam mangsanya.  Hewan karnivora sangat mengandalkan daging sebagai asupan nutrisi dalam tubuhnya. Jadi tidak heran jika kebutuhan nutrisi mereka tidak terpenuhi, maka dalam jangka waktu tertentu hewan karnivora tersebut akan mati. Hewan karnivora banyak ditemukan di darat seperti harimau, singa, komodo, dan lain-lain. Namun ada beberapa yang ditemukan di dalam laut seperti hiu. Untuk memudahkan dalam mengidentifikasi hewan karnivora, perhatikan ciri-cirinya di bawah ini.

Ciri-ciri Hewan Karnivora

  1. Mempunyai gigi taring yang sangat tajam.
  2. Mempunyai kuku/cakar yang tajam untuk mencengkeram mangsanya.
  3. Memiliki kemampuan untuk bergerak dan berpindah tempat dengan cepat.
  4. Merupakan hewan pemangsa yang buas dan berbahaya.
  5. Mempunyai penglihatan dan pengawasan yang tajam.

Contoh Hewan Karnivora

Berikut ini adalah contoh hewan karnivora dan penjelasannya lengkap

Advertisement
  1. Singa

    Singa adalah hewan pemakan daging. Singa mempunyai gigi taring yang sangat tajam. Hampir semua hewan penghuni padang rumput dapat mereka taklukan, jadi tidak heran singa sering dijuluki sebagai raja hutanmeski singa tidak berhabitat di hutan. Singa mempunyai kemampuan untuk berlari sangat kencang melebihi kecepatan rata-rata hewan berkaki empat. Singa adalah jenis kucing terbesar setelah harimau. Selain itu singa juga mempunyai kemampuan untuk berenang menyeberangi sungai. Singa jantan mempunyai rambut yang lebih panjang dan tebal dari pada singa betina.Singa dapat berlari dengan kecepatan 50 mil per jam, tetapi hanya dalam satu garis lurus dan hanya beberapa detik dalam satu waktu.
    contoh hewan karnivora 1
    Raungan singa adalah yang paling keras diantara seluruh kucing besar dan dapat terdengar sampai 8 km jauhnya. Gigitan singa setara dengan 30 kali gigitan kucing rumah. Namun, gigitan singa itu adalah yang paling terlemah dari semua kucing besar yaitu 600 per square inchi. Jaguar memiliki gigitan terkuat dari semua kucing besar yaitu 2000 per square inchi. Hewan dengan gigitan terkuat ialah Buaya Air Asin yaitu 7700 per square inchi. Mangsa singa biasanya tidak mati karena gigitan singa yang tajam, tetapi karena cengkramannya yang begitu kuat.

  2. Harimau

    Harimau adalah jenis kucing yang terbesar di dunia. Harimau mempunyai kemampuan berlari yang cukup cepat yaitu 60KM/jam untuk jarak pendek. Harimau melumpuhkan mangsanya dengan mengejar dan kemudian mencekik leher mangsanya hingga kehilangan darah. Jika pembuluh darah hewan yang di mangsa tersebut telah putus, maka hewan tersebut dengan sekejap akan mati. Harimau mempunyai cakar yang sangat tajam dan kuat. Sekali cakar saja mampu untuk merobek dan mematahkan tulang mangsa.
    contoh hewan karnivora 2
    Harimau termasuk hewan yang cukup cerdik Seperti ketika harimau sedang berhadapan dengan buaya. Kemampuan berenang yang dimilikinya mampu untuk melumpuhkan buaya, namum tidak dengan menggigit leher buaya, akan tetapi dengan mencakar mata buaya sehingga buaya menjadi buta dan mengguling-gulingkan badannya. Nah, di saat itulah harimau mulai mencakar dan mencabik-cabik perut buaya yang merupakan bagian terlunak dari tubuh buaya. Kelebihan lain yang dimiliki harimau adalah memiliki air liur penawar luka, jadi sangat praktis ketika harimau terluka, mereka tinggal menjilati luka tersebut dan lukanya akan segera sembuh.

  3. Komodo

    Komodo adalah hewan endemik pulau komodo Nusa Tenggara Timur Indonesia. Komodo adalah hewan pemakan daging. Komodo termasuk jenis hewan melata berdasarkan cara bergeraknya. Komodo adalah spesies kadal terbesar dan terganas yang pernah ada. Komodo termasuk hewan yang dilindungi karena terancam punah. Keberadaan komodo yang terletak di pulau komodo NTT, Indonesia merupakan keajaiban alam yang ada di muka bumi, jadi tidak heran jika pulau komodo merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Jumlah komodo hingaa saat ini tercatat tinggal 5.971 ekor. Oleh karena itu pemerintah sangat melindungi hewan tersebut dari perburuan lair.
    contoh hewan karnivora 3
    Hal yang menarik lainnya dari komodo adalah hewan purba yang masih hidup ningga saat ini seperti buaya. Komodo mempunyai lidah untuk mendeteksi keberadaan mangsanya. Komodo merupakan hewan yang langsung menelan mangsanya tanpa mengunyahnya terlebih dahulu, setelah menelan mangsanya komodo kemudian berjemur di bawah terik matahari untuk mempercepat proses pencernaanya. Komodo memiliki gigi yang tajam berjumlah 60 buah gigi yang bergerigi dengan panjang kurang lebih 2,5 cm. Selain tiu komodo mempunyai air liur yang sangat berbahaya. Hanya dengan sedikit gigitan dalam beberapa hari hewan mangsa tersebut akan lumpuh dan mati.

  4. Buaya

    Buaya adalah hewan pemakan daging. Berdasarkan cara bergeraknya buaya termasuk hewan reptil (hewan melata). Buaya adalah binatang yang sangat buas. Mereka mempunyai gigi yang sangat tajam untuk menerkam mangsanya. Buaya biasanya berhabitat di rawa-rawa, danau dan tepi sungai. Panjang buaya bisa mencapai 5 meter. Buaya air asin adalah spesies bauaya palinh besar dan paling panjang yang dapat mencapai sekitar 7-9 meter dan berat mencapai 1 ton.  Buaya betina dapat bertelur antara 20 sampai 80 butir yang diletakkan dalam lubang kecil sebagai sarang, telur buaya akan menetas setelah sekitar 80 hari.
    contoh hewan karnivora 4
    Meskipun buaya memiliki 24 gigi pada setiap rahang, gigi ini tidak digunakan untuk mengunyah melainkan untuk menangkap dan merobek mangsa. Kulit punggung buaya begitu kasar dan keras. Kulit ini tidak mempan ditusuk tombak atau ditembus anak panah.  Untuk mendinginkan tubuh, reptil berdarah dingin ini banyak menghabiskan waktu di tepi sungai dengan mulut terbuka lebar. Beberapa spesies diketahui mendapatkan bantuan dari burung kecil untuk membersihkan parasit dari gigi mereka.

  5. Burung Elang 

    Burung elang adalah jenis burung pemakan daging. Burung elang mempunyai kemampuan untuk terbang cepat dalam memangsa mangsanya, rata-rata kecepatan terbang burung elang adalah mencapai 300KM/jam. Paruh elang tidak bergigi akan tetapi berbentuk melengkung yang memungkinkan untuk merobek dan mengoyak tubuh mangsanya. Elang juga mempunyai cakar yang sangat tajam dan berbentuk melengkung yang memungkinkan untuk mencengkeram dengan kuat mangsanya.
    contoh hewan karnivora 5
    Burung elang dikategorikan sebagai hewsan berdarah panas, dan mempunyai daya lihat yang sangat tajam. Bahkan burung elang mampu melihat dan mengawasi mangsanya dari jarak seratus kaki dari udara. Burung elang adalah hewan monogamy berarti hewan yang setia dan mempunyai satu pasangan seumur hidup. Elang termasuk hewan yang sulit berkembang biak. Mereka hanya bertelur sekali dalam setahun. Keberadaan burung elang pada saat ini memang sudah hampir punah. Usia hidup burung elang cukup panjang. Bahkan beberapa burung elang mampu hidup selama 70 tahun.

  6. Cheetah

    Cheetah adalah hewan pemakan daging. Mereka kebanyakan hidup di daerah Afrika dan timur tengah. Cheetah merupakan hewan darat tercepat di dunia, kecepatannya bisa mencapai 110KM/jam. Cheetah memburu mangsa dengan mengejar dan melumpuhkan dengan cakarnya yang cukup tajam. Cheetah mempunyai kulit yang terdapat bintik-bintik seperti macam tutul. Mereka memanfaatkan warna tubuhnya untuk menyamar dalam berburu.
    contoh hewan karnivora 6
    Cheetah mempunyai ekor yang cukup panjang yang digunakan untuk kemudi ketia ia sedang berlari mengejar mangsa. Cheetah memangsa hewan-hewan yang lebih besar dari ukuran tubuh nya di alam liar seperti kuda zebra, banteng, kerbau dan lain-lain.

  7. Serigala

    Serigala adalah spesies terbesar dari anjing. Serigala merupakan jenis anjing yang paling ganas dan berbahaya. Serigala merupakan hewan pemakan daging. Serigala mempunyai kemampuan berlari yang cukup kencang mencapai 65km/jam. Serigala banyak ditemukan di Amerika Utara, Eropa, Asia dan Afrika Utara. Mereka cenderung hidup di belantara terpencil, meskipun demikian serigala merah lebih memilih untuk tinggal di rawa-rawa, padang rumput di area pesisir dan hutan.
    contoh hewan karnivora 7
    Serigala adalah nenek moyang dari anjing domestik yang hidup hingga saat ini dan di adopsi menjadi hewan peliharaan. Serigala biasa disebut sebagai anjing liar. Indra pendengaran serigala 20 kali lebih kuat dari manusia, dan indera penglihatan serigala 100 kali lebih tajam dari manusia. Penglihatan serigala sangat tajam dan sensitif terhadap berbagai gerakan di sekitar keberadaannya. Serigala mempunyai rahang yang sangat kuat untuk mencabik-cabik mangsanya.

Nah, dari beberapa penjelasan di atas, kita dapat memahami mengenai hewan karnivora beserta ciri-cirinya. Demikianlah 7 Contoh Hewan Karnivora dan Ciri-cirinya Lengkap. Sekian yang dapat mimin sampaikan melalui artikel ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi yang anda butuhkan. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

BACA JUGA :

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.