Oct 27 2017

7 Fungsi Bagian-bagian Bunga Lengkap !!

7 Fungsi Bagian-bagian Bunga Lengkap !!

Mengakujenius.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai fungsi bagian-bagian bunga lengkap !!. Bunga merupakan salah satu dari bagian tumbuhan yang berfungsi untuk melakukan regenerasi. Ada beberapa bagian-bagian yang terdapat di dalam bunga. Nah, pada artikel kali ini kami akan mencoba membahsnya secara ringan dan mudah dipahami. Sebelum kita membahasnya lebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui penjelasan-penjelasan berikut ini.

Pegertian Bunga

Bunga adalah alat reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga, bunga biasa disebut sebagai kembang Angiospermae atau”tumbuhan berbiji tertutup”. Pada bunga terdapat dua organ reproduksi, yaitu benang sari dan putik. Kedua organ tersebut mempunyai peran yang sangat penting bagi repproduksi tumbuhan.

Bunga dapat muncul secara tunggal maupun bersama-sama dalam satu rangkaian. Bunga yang muncul secara bersama-sama disebut sebagai bunga ganda atau bunga majemuk atau inflorescence. Pada beberapa spesies, bunga majemuk dapat dianggap awam sebagai bunga (tunggal), misalnya pada bungamatahari. Satuan bunga yang menyusun bunga majemuk disebut floret.

Secara ilmu botatani bunga adalah bagian tanaman untuk menghasilkan biji. Penyerbukan dan pembuahan berlangsung pada bunga. Setelah pembuahan, bunga akan berkembang lebih lanjut membentuk buah. Pada tumbuhan berbunga, buah adalah struktur yang membawa dan melindungi biji.

Fungsi biologi bunga secara umum adalah organ seksual, sebagai wadah menyatunya gamet jantan (mikrospora) dan betina (makrospora) untuk menghasilkan biji. Bahwa bunga adalah analog dengan organ seksual pada hewan baru disadari secara ilmiah.

Beberapa bunga memiliki warna yang cerah berfungsi sebagai pemikat hewan pembantu penyerbukan. Beberapa bunga yang lain menghasilkan panas atau aroma yang khas, juga bertujuan memikat hewan untuk membantu penyerbukan.

Bunga juga dapat dianggap sebagai organ untuk bertahan pada kondisi kurang menguntungkan bagi pertumbuhan. Sejumlah tumbuhan akan segera membentuk bunga apabila mengalami kekurangan air atau suhu rendah. Contoh yang paling dikenal adalah bunga kertas Bougenville. Bunga mengurangi metabolisme dan apabila tumbuhan mati, biji diharapkan telah terbentuk sebagai usaha sintasan (survival).

Fungsi Bagian-bagian Bunga

7 Fungsi Bagian-bagian Bunga

  1. Benang sari
    Benang sari adalah organ reproduksi jantan pada bunga Setiap benang sari umumnya terdiri dari tangkai sari, dan, pada ujung tangkai sari, kepala sari atau bungaBunga biasanya terdiri dari empat kotak sari, disebut mikrosporangia. Perkembangan mikrosporangia dan spora haploid yang terkandung di dalamnya yaitu serbuk sari) mirip dengan mikrosporangia pada tumbuhan gymnospermae seperti pinus dan lumut. Serbuk sari dilepaskan dari anter, lalu jatuh, atau terbawa oleh agen eksternal angin, air, atau hewan ke putik bunga yang sama maupun bunga lain sehingga terjadi penyerbukan.

    • Kepala Sari 
      Kepala sari adalah bagian paling ujung dari tangkai sari Di dalam kepala sari terdapat ruang-ruang yang berfungsi sebagai penampung serbuk sari.
    • Tangkai sari
      Tangkai sari adalah adalah bagian dari benang sari yang berfungsi untuk membuat posisi kepala sari berada cukup tinggi dari bunga, sehingga memungkinkan kepala sari mudah terkena angin atau tersentuh serangga dan serbuk sari dapat bertemu dengan putik. Hal ini dapat membantu penyerbukan pada tanaman
    • Tepung Sari
      Tepung sari adalah bagian dari benang sari yang terdiri dari sel-sel kelamin jantan yang digunakan pada saat proses penyerbukan.
  2. Putik 
    Putik adalah sebuah organ pada bunga yang berfungsi sebagai alat kelamin betina pada reproduksi seksual pada tumbuhan. Putik pada umumnya terletak di bagian tengah-tengah bunga. Putik mengandung sel telur yang berguna pada proses pertumbuhan. Berikut ini adalah bagian-bagian yang terdapat pada putik.

    • Kepala Putik
      Kepala putik adalah bagian paling pucuk/ujung dari putik.
    • Tangkai Putik
      Tangkai putik adalah bagian dari putik yang berfungsi untuk meninggikan posisi serta menopang kepala putik sehingga lebih mudah menangkap serbuk sari pada proses penyerbukan.
    • Bakal Buah
      Bakal buah adalah bagian dari putik yang mengandung sel telur. Apabila terjadi pembuahan, bakal buah akan berkembang menjadi buah. Organ ini biasanya disebut sebagai ovariumnya tumbuhan, hal ini dikarenakan terletak di dasar bunga.
  3. Mahkota Bunga
    Mahkota bunga adalah bagian bunga yang umumnya memiliki warna yang mencolok, hal ini berfungsi untuk menarik perhatian serangga guna melancarkan proses penyerbukan. Mahkota bunga merupakan hasil modifikasi dari daun-daun muda yang kemudian memiliki warna-warna yang cerah dan menjadi bagian dari organ bunga.
  4. Bakal Biji
    Bakal biji adalah bagian yang apabila terjadi pembuahan akan berkembang menjadi biji. Bakal biji berfungsi sebagai tempat pertemuan sel-sel telur) yang dibuahi serbuk sari (berisi sel sperma) melalui proses penyerbukan.
  5. Kelopak Bunga
    Kelopak bunga merupakan bagian bunga paling luar yang menyelimuti mahkota ketika masih kuncup. Fungsi dari kelopak bunga adalah melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup dan akan terbuka jika mahkota mekar
  6. Dasar Bunga
    Dasar bunga adalah bagian bawah dari bunga. Dasar bunga berfungsi sebagai tempat melekatnya mahkota bunga.
  7. Tangkai bunga
    Tangkai Bunga adalah bagian bunga yang tepat berada dibagian bawah bunga yang merupakan pendukung terakhir dari cabang bunga.

Nah, dari beberapa penjelasan di atas kita dapat memahami mengenai fungsi bagian-bagian dari bunga. Demikianlah 7 Fungsi Bagian-bagian Bunga Lengkap !!. Sekian yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi. Semoga bermanfaat. Jangan lupa Share ya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.