9 Ciri-ciri Sistem Ekonomi Pancasila dan Pengertiannya Lengkap

Advertisement

9 Ciri-ciri Sistem Ekonomi Pancasila dan Pengertiannya Lengkap

Ciri-ciri Sistem Ekonomi Pancasila

Pengertian Sistem Ekonomi

Pada kesempata kali ini mimin akan membahas mengenai sistem ekonomi pancasila dan ciri-cirinya. Sebelum membahasnya lebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui pengertian sistem ekonomi secara umum. Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya.(Wikipedia)

Dalam menjalankan kegiatan ekonomi suatu negara harus benar-benar mempertahankan segala aspek yang dapat memajukan perekonomian suatu negara, selai itu juga harus bisa mengendalikan roda ekonomi supaya terjaga kestabilannya. Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai sitem ekonomi Pancasila. Cukup banyak hal yang harus mimin sampaikan disini supaya Anda benar-benar memahami tentang sistem ekonomi pancasila, dan ciri-cirinya. Sebelum kita membahasnya lebih jauh alangkah baiknya kita mengetahui pengertian sistem ekonomi pancasila terlebih dahulu.

Pengertian Sistem Ekonomi Pancasila

Sistem ekonomi pancasila yaitu sistem ekonomi yang dijiwai oleh landasan ideologi bangsa Indonesia yang menghendaki adanya usaha bersama atas asas kekeluargaan dan asas kegotong-royongan. Sitem ekonomi pancasila menjunjung tinggi hal-hal yang berkenaan dengan nilai-nilai pancasila. Masyarakat Indonesia dalam menjalankan kegiatan perekonomiannya diberikan kebebasan oleh pemerintah dalam batasan yang telah disepakati bersama. Hal itulah yang menjadi salah satu ciri khas yang dimiliki sistem ekonomi pancasila. Sistem ekonomi pancasila hanya ada satu dan satu-satunya di dunia.

Advertisement

9 Ciri-ciri Sistem Ekonomi Pancasila dan Pengertiannya Lengkap

Ciri-ciri Sistem Ekonomi Pancasila

  1. Perekonomian disusun sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan.
  2. Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
  3. Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya sebagai pokok-pokokkemakmuran rakyat, diakui oleh negara, dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.
  4. Sumber-sumber kekayaan dan keuangan negara digunakan dengan pemufakatan lembaga-lembaga perwakilan rakyat dan pengawasan terhadap kebijaksanaan ada pada lembaga perwakilan rakyat pula.
  5. Peekonomian daerah dikembangkan secara dan seimbang antar daerah dalam satu kesatuan perekonomian nasional dengan mendayagunakan potensi dan peran serta daerah secara optimal dlam rangka perwujudan wawasan nusantara dan ketahanan nasional.
  6. Setiap warga negar memiliki kebebasan memilih pekerjaan yang dikehendaki serta mempunyai hak akan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.
  7. Hak milik perseorangan diakui dan pemanfaatannya tidak boleh bertentangan dengan kepentingan masyarakat.
  8. Potensi, inisiatif, dan daya kreasi setiap warga negara dikembangkan sepenuhnya dalam batas-batas yang tidak merugikan kepentingan umum.
  9. Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.

Dalam penerapan sistem ekonomi Pancasila selalu berlandaskan dengan nilai-nilai dasar Pancasila. Sistem ekonomi ini juga sering disebut sebagai sistem ekonomi demokrasi atau sistem ekonomi kerakyatan, karena segala aspek yang dijalankan dalam penerapannya selalu melibatkan kepntingan rakyat. Rakyat memgang peranan penting dalam segala kegiatan-kegiatan perekonomian suatu negara. Namun kegiatan ekonomi selalu berdasarkan mekanisme pasar, dalam hal ini pemerintah berperan dalam mengoreksi hal-hal yang dapat menghambat jalannya roda perekonomian.

Demikianlah Ciri-ciri Sistem Ekonomi Pancasila dan Pengertiannya Lengkap. Sekian yang dapat mimin sampaikan melalui artikel ini, semoga dapat membantu Anda dalam memberikan informasi yang Anda butuhkan. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.