Contoh Kata Numeralia (Bilangan) dan Lengkap !!

Advertisement

Contoh Kata Numeralia (Bilangan) dan Lengkap !!

Contoh kata bilangan

Mengakujenius.com – Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai kata numeralia dalam kalimat. Dalam kehidupan sehari-hari, dalam percakapan, dan di dalam bacaan, kita sering menemui kata-kata numeralia. Nah, pada artikel kali ini mimin akan membahas dengan mengemasnya secara ringan supaya mudah dipahami. Sebelum kita membahasnya lebih jauh, alangkah baiknya kita mengatahui pengertian kata numeralia berikut ini.

Pengertian kata Numaralia

Kata numeralia adalah kata yang menyebutkan suatu bilangan tertentu. Kata numeralia disebut juga dengan kata bilangan. Kata numeralia digunakan dalam kalimat untuk menyebutkan suatu bilangan tertentu. Salah satu fungsi bilangan numeralia adalah untuk mempertegas suatu bilangan yang dimaksud. Untuk lebih memudahkan anda dalam memahaminya, berikut ini adalah contoh kata numeralia. Perhatikan contoh berikut ini.

Sebelum kita beranjak ke contoh kata numerlia, terlebih dahulu kita harus mengetahui jenis-jenis kata numeralia (bilangan) berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Kata Bilangan Takrif

    Kata bilangan takrif adalah kata bilangan yang terdiri dari kata bilangan utama yang menyebutkan suatu jumlah tertentu, kata bilangan pecahan, kata bilangan gugus, dan kata bilangan tingkat(pengelompokan).

    • Kata Bilangan Utama

      kata bilangan penuh adalah kata bilangan yang menyebutkan jumlah bilangantertentu yang dapat berdiri sendiri tanpa ada pengaruh dari kata lain. Contoh kata bilangan penuh !!

      – satu, dua, tiga, empat, lima, dst.

      – Sepuluh, dua puluh, tiga puluh, dst.

      – Seribu, dua ribu, tiga ribu, empat ribu, dst.

      – Satu meter, dua meter, tiga meter, dst.

      – Satu ton, dua ton, tiga ton, dst.

      Kata bilangan utama dapat dihubungkan dengan jumlah nominal harga, ukuran panjang, ukuran berat, dan lain-lain.

    • Kata Bilangan Pecahan

      Kata bilangan pecahan adalah kata yang menyebut jumlah tertentu dari suatu pecahan tertentu. Kata bilangan pecahan terdiri dari penyebut dan pembilang. Diantara penyebut dan pembilang terdapat satu kata hubung yaitu “per”. Perhatikan contoh berikut ini !!

      Advertisement
      – 1/2 = satu perdua, setengah

      – 3/4 = tiga perempat

      – 1/4 = seperempat

      – 5/6 = lima perenam

    • Kata Bilangan Gugus

      Kata bilangan gugus adalah kata bilangan yang menyatakan satuan jumlah tertentu yang biasanya terkait dengan satuan waktu, jumlah kelompok, dan satuan tahun. Berikut ini adalah contoh kata bilangan gugus.

      – Lusin = 12

      – Kodi = 20

      – Abad = 100 tahun

      – Windu = 8 tahun

      – Milenium = 1000 tahun

    • Kata Bilangan Tingkat

      Kata bilangan tingkat adalah kata bilangan yang menunjukan tingkat tertentu. Kata bilangan tingkat menunjukan urutan tertentu yang tersusun dan terstruktur secara rapi. Kata bilangan tingkat memiliki satu ciri khas, yakni penggunakan kata “ke” dalam penyebutan bilangannya. Perhatikan contoh berikut ini !!

      – ke-1

      – ke-2

      – ke-3

      – ke-4

      – dst.

  2. Bilangan Tak Takrif

    Bilangan tak takrif adalah kata bilangan yang menyatakan jumlah yang tidak tentu. Penggunaan kata bilangan tak takrif sering kali menyatakan jumlah yang relatif. Artinya tidak memiliki kepastian jumlah tertentu. Perhatikan contoh berikut ini.

    – Tiap-tiap

    – Beberapa

    – Berbagai

    – Sebagian

    – Segenap

    Contoh =

    • Ayah memasukan mangga pada tiap-tiap keranjang
    • Beberapa siswa menuju ke lapangan sepak bola
    • Berbagai peralatan rumah tangga di juah di pasar Klewer.
    • Adik memberikan sebagian dari uangnya kepada kakak.
    • Segenap warga Indonesia sedang berduka cita.

Nah, dari beberapa contoh di atas kita dapat mengetahui penjelasan menganai contoh kata bilangan (katanumeralia). Demikianlah Contoh Kata Numeralia (Bilangan) dan Lengkap !!. Sekian yang dapat mimin sampaikan pada artikel kali ini, semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi. Semoga bermanfaat, terimakasih telah membaca, jangan lupa share ya 😀

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.