Contoh Paragraf induktif Lengkap Beserta Penjelasanya

Advertisement

Paragraf induktif

Pengertian Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah paragraf yang menempatkan gagasan utama di akhir paragraf. Paragraf tersebut merupakan paragraf induktif karena dimulai dengan kalimat penjelas yang berupa pernyataan khusus yang diakhiri kalimat utama. urutan pola paragraf induktif adalah khusus ke umum(khusus-umum).

Paragraf induktif memiliki tiga pola pengmbangan, yaitu generalisasi, analog dan sebab akibat.

a. Generalisasi 

Paragraf induktif dengan ol generalisasi adlah paragraf yang dimulai dengan peristiwa-peristiwa khusus untuk mengambil kesimpulan secara umum.

b. Analog

Paragraf induktif dengan pola analog adalah paragraf yang membandingkan dua atau peristiwa yang banyak kemiripan dan persamaanya.

c. sebab akibat

Paragraf induktif dengan pol sebab akibat dimulai dengan cara mengawali atau menempatkan fakta-fakta sebagai sebab, kemudian kesimpulan sebagai akibat.

 

Contoh Paragraf Induktif Lengkap Beserta Penjelasanya

 

1. Paragaraf induktif pola generalisasi

a.  Seorang pelukis apabila melihat sawah luas membentangakan tergerak hatinya untuk mengabadikan dengan alat lukisnya. Seorang insinyur pertanian melihat sawah tersebut mungkin akan timbul dalam pikiranya gagasan untuk meningkatkan hasil panennya. Sementyara seorang pemain layang-layang melihat sawah yang luas membentang tersebut sebagai arena yang tepat untuk mengadu layang-layang bebas dari segala bahaya. Jadi, jelaslah sudah bahwa tanggapan dan sikap seseoarang terhadap sesuatu bergantung pada keahlian atau kesenanganya.

b. Isi buku tersebut menjelaskan cara mendidik anak dlam rumah tangga. Menurut saya pola yang diterapkan dalam rumah tangga sanagt mempengaruhi perkembanngan anak, sekalipun dengan cara primitif, otoriter, atau demokratis. Perhatian orang tua terhadap anak sangat diperlukan. Orang tua harus bisa menjadi teladan, komunikasi orang tua dan anak memiliki dampak terhadpa perkembangan anak dan pola pendidikan juga harus memperhatikan tahap perkembangan anak.Jadi , perkembangan anak tidak boleh lepas dari peran dan pantauan orang tua.

2. Paragraf induktif pola analog

Suara ombak yang ada di pantai memang terdengar sampai ke telinga. Pohon nyiur disekitarnya ikut melambai-lambai karena tiupan angin. Beberapa pedagang oleh-oleh dan juga makanan berjejer rapi di sepanjang jalan. Dan tampak wajah-wajah turis dari belahan dunia sangat terasa akrab di mata . Seperti itulah suasana liburan yang ada di Pulau Dewata.

3. Paragraf induktif pola sebab akibat

Anak itu tidak pernah belajar meskipun ujian akhir sudah dekat. Pekerjaan rumah sering dikerjakan di sekolah. Tugas-tugas sekolah yang diberikan guru sering tidak dikerjakanya. ia lebih sering menyontek pekerjaan temanya. Akhirnya, pada saat ujian berlangsung ia tidak dapat menjawab soal-soal dengan benar.

 

Penjelasan : Paragraf tersebut adalah paragraf yang kalimat utamanya berada pada bagian akhir. Biasanya, kalimat utama pada paragraf induktif konjungsi penyimpul kalimat, seperti jadi, maka, dengan demikian, oleh karena itu, akhirnya atau maka dari itu. Akan tetapi hal ini bukan hal yang mutlak sebab ada juga kalimat utama dalam paragraf induktif yang tidak perlu didahukui dengan kata konjungsi.

Demikianlah yang dapat miminsampaikan mengenai pengertian paragraf induktif dan contohnya lengkap beserta penjelasanya semoga bermanfaat.

BACA JUGA :

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.