Contoh Pidato dan Penjelasannya Lengkap

Advertisement

2 Contoh Pidato dan Penjelasannya Lengkap

Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai pidato. Tentu kita sudah tidak asing lagi tentang pidato yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti pidato sambutan kepala sekolah, ketua osis, sambutan kepala desa, dan lain-lain. Nah, pada artikel kali ini mimin akan membahas mengenai pidato dan beberapa contohnya. Sebelum kita membahasnya olebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

Pengertian Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa Indonesia.(Wikipedia)

Contoh Pidato

#Contoh Pidato

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita meluangkan waktu sejenak untuk sekedar memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala berkat dan rahmatNYa sehingg kita hingga detik ini masih diberikan kesempatan untuk saling bersilaturahmi dalam keadaan sehat. rangkaian shalawat serta salam marilah senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW.

Hadirin sekalian yang saya hormati.

Dalam kehidupan bermasyarakat pastilah kita mempunyai suatu hukum dan aturan-aturan yang berlaku untuk kemaslahatan bersama, tidak terkecuali di sekolah. Kita diajarkan pada suatu bentuk masyarakat kecil yang terdapat berbagai perbedaan. Dalam perbedaan tersebut kita sepenuhnya patuh dan tunduk pada suatu hukum yang ditetapkan sekolahan. Dalam pelaksanaan hukum di sekolah, seringkali terdapat kendala-kendala yang membuat ketidakseimbangan sistem yang berlaku disekolah, seperti angka kenakalan siswa yang terus meningkat, penindasan senior terhadap junior hingga tingkat yang lebih parah seperti tawuran pelajar. Dengan digalakkannya program ekstrakulikuler wajib seperti pendidikan kepramukaan, diharapkan mampu membentuk dan membangun karakter siswa yang jauh lebih baik. Pramuka merupakan sebuah kegiatan organisasi pendidikan non formal yang memiliki konsep yang baik dan tersusun rapi. Selain itu, pramuka juga memberikan manfaat yang besar kepada anak baik secara langsung ataupun tidak langsung. Tidak heran lagi jika Pramuka sekarang digalakkan di sekolah dan dipandang sebagai kegiatan yang bagus bagi anak dan merupakan kebutuhan bagi anak di tingkat SD/MI. Kegiatan Pramuka tidak hanya mempelajari baris-berbaris dan kegiatan lainnya. Dalam pendidikan pramuka juga mempelajari tentang pendidikan dibidang keagamaan, teknologi, jasmani/kesehatan, alam sekitar, sosial, dan lain sebagainya. Karena kegiatan yang dilakukan Pramuka itu berhubungan langsung dengan masyarakat dan merupakan salah satu contoh dari pendidikan dibidang sosial, maka sangat bagus untuk membentuk karakter kepribadian pada anak. Salah satunya karakternya itu adalah karakter kedisiplinan.

Para hadirin yang saya muliakan

Pendidikan pramuka disekolah dalam kenyataanya mampu membangun karakter siswa menjadi lebih baik. Dengan hal itu, angka kenakalan siswa disekolah menjadi berkurang. Nilai-nilai karakter yang diajarkan dalam pendidikan kepramukaan mampu membangun mentalitas siswa yang tangguh sehingga memungkinkan siswa meraih kesuksesan dalam berbagai hal. Seperti halnya kesuksesan penerapan hukum disekolahan yang dipelopori oleh pengembangan pendidikan kepramukaan. Aspek kedisiplinan menjadi salah satu kunci tegaknya peraturan disekolah. Pendidikan jepramukaan cukup berperan dalam membangun pribadi yang disipilin dan memberikan contoh yang baik bagi siswa-siswa yang lain. Jika pendidikan karakter disekolah dapat diwujudkan sebagaimana mestinya, pelanggaran-pelanggaran terhadap peraturan sekolah pun dapat diminimalisir. Hal ini sangat perlu diperhatikan terutama pemerintah yang mempunyai wewenang untuk menentukan kurikulum sekolah dalam rangka pembangunan manusia yang lebih baik. Tidak dapat dipungkiri, pendidikan karakter adalah aspek yang sangat penting dalam kehidupan ini, khususnya pembangunan manusia yang lebih bermartabat. Dengan menjadi manusia-manusia yang berkarakter unggul, kita dapat bersama-sama membangun bangsa ini menuju masa depan yang lebih cerah. Salah satu cara yang paling efektif adalah menerapkan pendidikan karakter di sekolah. Sehingga hal-hal yang telah di dapat dari sekolah mampu memberikan kesadaran bagi para siswa untuk lebih taat kepada hukum yang berlaku. Baik itu hukum adat istiadat, agama, dan hukum negara.

Para hadirin yang berbahagia

Kegiatan kepramukaan dapat berhasil menciptakan peserta didik yang berkarakter jika pada proses pendidikannya tidak hanya mengembangan teknik kepramukaan (tekpram) semata, tetapi juga dikembangkan kemampuan, keterampilan dan sikap berorganisasi. Dalam organisasi akan diterapkan prinsip-prinsip manajemen atau pengelolaan organisasi seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan fungsi pengawasan . Di samping itu, organisasi juga merupakan sebuah alat atau media kontrol sosial bagi sekolah atau pihak lainnya utuk mengamati sekaligus memantau perkembangan siswa. Pihak sekolah akan dengan mudah memantau perkembangan siswa melalui organisasi artinya, cukup dengan mengelola organisasi maka sejumlah siswa yang menjadi anggota dalam organisasi tersebut dapat dikelola.

Kemampuan beroganisasi, kemampuan merencanakan, kemampuan mengorganisasi, kemampuan mengarahkan/menggerakan, dan kemampuan pengawasan dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata selepas siswa meninggalkan lembaga pendidikan. Dan di harapkan menjadi generasi penerus bangsa yang taat hukum dan berjiwa sosial tinggi.

Dalam UU No.12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka, disebutkan bahwa pembangunan kepribadian ditujukan untuk mengembangkan potensi diri serta memiliki akhlak mulia, pengendalian diri, dan kecakapan hidup bagi setiap warga negara demi tercapainya kesejahteraan masyarakat; pengembangan potensi diri sebagai hak asasi manusia harus diwujudkan dalam berbagai upaya penyelenggaraan pendidikan, antara lain melalui gerakan pramuka; gerakan pramuka selaku penyelenggara pendidikan kepramukaan mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.

Berkaca dari UU No. 12 Tahun 2010, kita dapat bersama-sama membangun manusia yang berkarakter sehingga mampu membangun Indonesia yang lebih baik. Kegiatan pendidikan kepramukaan dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan spiritual dan intelektual, keterampilan, dan ketahanan diri yang dilaksanakan melalui metode belajar interaktif dan progresif. Kegiatan pendidikan kepramukaan dilaksanakan dengan menggunakan sistem among. Sistem among merupakan proses pendidikan kepramukaan yang membentuk peserta didik agar berjiwa merdeka, disiplin, dan mandiri dalam hubungan timbal balik antarmanusia. Dengan menerapkan pendidikan sistem among, di harapkan mampu membentuk karakter manusia yang taat hukum dan bermartabat.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan melalui pidato yang singkat ini. Semog yang telah saya sampaikan mampu membuat kita tersadar bahwa hukum adalah hal yang sangat penting bagi kita. Sesuatu akan menjadi lebih baik dan tertur jika kita menjadi manusia yang taat hukum.

Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat, terima kasih dan saya tutup dengan alhamdulillah. Wabillahit taufiiq wal hidaayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh”.

 

BACA JUGA :

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.