Apr 28 2017

Luar Biasa 10 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Ketimun Untuk Kesehatan Tubuh

Pernahkah anda makan buah menetimun? sangat segar bukan? ya, kecuali yang belum matang. Buah mentimun sering disebut juga timun atau ketimun. Buah ini mempunyai nama latin Cucumis Sativus.  Buah mentimun sangat mudah didapatkan karena harganya yang terjangkau. Mentimun sendiri termasuk dalam jenis labu atau melon. Selain segar dan sering di konsumsi sebagai lalapan dan pelengkap makanan buah ini juga mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan berikut ini adalah 10 manfaat mentimun yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Selamat membaca !

mentimun

  1. Mentimun Sangat Baik Untuk kesehatan Mata
    Manfaat yang luar biasa pertama adalah mentimun sangat baik untuk kesehatan mata. Siapa sangka jika ternyata mentimun juga mengandung vitamin A selain wortel. mentimun juga dapat mengencangkan kulit dibagian kelopak mata yang kendur sehingga membuat mata lebih segar dan mudah untuk berkonsentrasi.
  2. Sangat Baik untuk Pencernaan
    Selain menyehatkan mata, mentimun sangat baik untudk pencernaan manusia. Mentimun mengandung serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan serta membunuh racun ketika proses pencernaan berlangsung. Kandungan air yang cukup banyak pada mentimun juga dapat mengatasi dehidrasi.
  3. Menjaga Kesehatan Ginjal
    Banyaknya kandungan air yang terdapat dalam ketimun ternya dapat menjaga fungsi ginjal untuk tetap bekerja dengan baik, selain itu mentimun dapat membersihkan kantung kemih dari berbagai kotoran yang mengganggu. Sehingga jika di konsumsi pada jumlah yang cukup buah mentimun dapat mencegah gagal ginjal.
  4. Mencegah Penyakit jantung
    Mentimun ternyata juga mengandung antioksidan cukup banyak yang dapat menjaga kinerja jantung berfungsi secara optimal sehingga dapat mencegah penyakit jantung.
  5. Mencegah Kanker Kronis
    Masih seputar manfaat mentimun yang mengandung antioksidan dimana kandungan tersebut dapat mencegah berkembangbiaknya sel-sel kanker yang ada dalam tubuh manusia. Sehingga dapat membuat tubuh tetap bekerja optimal tanpa ada sel kanker yang mengganggu kesehatan.
  6. Mencegah Diabetes
    Dari berbagai macam mentimun terdapat mentimun yang rasanya pahit, rasa pahit tersebut mengandung senyawa cucurbitacins . Pada mentimun ditemukan kandungan saponin yang berguna seperti obat untuk diabetes.
  7. Menyembuhkan Reumatik 
    Manfaat mentimun yang lainya adalah dapat menyembuhkan asam asam urat atau reumatik. kandungan dalam mentimun dapat membantu meredam nyeri orang yang mempunyai penyakit reumatik
  8. Mencegah Penuaan Kulit
    Timun jika diparut kemudian dioleskan ke bagian tubuh tertentu, misalkan di leher akan membantu peremajaan kulit sehingga dapat mencegah penuaan pada kulit, tidak terkecuali pada kulit wajah. Selain parutan timun, potongan timun juga dapat membantu mengencangkan kulit serta menghilangkan bintik-bintik hitam , sehingga dapat membuat kulit senantiasa terlihat awet muda.
  9. Mencegah dehidrasi
    Manfaat yang satu ini sudah cukup banyak diketahui banyak orang. Sudah barang tentu kandungan mentimun yang terdiri dari 95% air dapat membantu anda untuk mengatasi dehidrasi. Pada kondisi tertentu mentimun menjadi pilihan yang tepat untuk menggantikan fungsi air misalnya pada saat melakukan pendakian ke gunung, perjalanan jauh, dan lain-lain.
  10. Mencegah Leukimia
    Pada mentimun ditemukan kandungan yang bernama lignan. Kandungan ini sangat berguna untuk mengurangi risiko penyakit dari beberapa jenis kanker. Kandungan ini telah membuktikan bahwa lignan dapat mengurangi pertumbuhan sel-sel leukemia.

Nah, demikianlah 10 manfaat mentimun yang sangat luar biasa semoga dapat membantu anda memberikan informasi yang bermanfaat, sekian yang dapat mimin sampaikan terimakasih telah membaca.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.