7 Macam-macam Besaran Pokok Lengkap !!

Advertisement

7 Macam-macam Besaran Pokok Lengkap !!

besaran pokok adalah

Mengakujenius.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai besaran pokok. Dalam perkembangannya besaran pokok sering digunakan untuk mengukur sesuatu dengan besaran yang telah ditetapkan. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahasnya secara ringan dan mudah dipahami. Sebelum kita membahasnya lebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa penjelasan berikut ini.

Pengertian Besaran Pokok

Bearan pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu.

  1. Panjang

    Dalam IPA, panjang menyatakan jarak antara dua titik. Misalnya, panjang papan tulis adalah jarak antara titik pada ujung-ujung papan tulis, panjang bayi yang baru lahir adalah jarak dari ujung kaki sampai ujung kepala bayi itu. Mengapa panjang harus diukur, tidak sekadar diperkirakan? Lakukan kegiatan berikut.
    Panjang menggunakan satuan dasar (SI) meter (m). Satu meter standar (baku) sama dengan jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama 1/299.792.458 sekon. Untuk keperluan sehari-hari telah dibuat alat-alat pengukur panjang tiruan dari meter standar, seperti terlihat pada Gambar 1.16. Selain meter, panjang juga dinyatakan dalam satuan-satuan yang lebih besar atau lebih kecil dari meter dengan cara menambahkan awalanawalan seperti tercantum dalam Tabel 1.1. Berdasarkan Tabel 1.1 tersebut, maka dapat dikatakan bahwa: » 1 kilometer (km) = 1.000 meter (m) » 1 sentimeter (cm) = 1/100 meter (m) atau 0,01 m Sebaliknya, diperoleh » 1 m = 1/1.000 km = 0,001 km » 1 m = 100 cm Perhatikan Gambar 1.16. Beberapa alat pengukur panjang, misalnya pita ukur atau metlin, penggaris atau mistar, jangka sorong, dan meteran gulung. Meteran gulung dan penggaris mampu mengukur paling kecil hingga 1 mm, tetapi jangka sorong mampu mengukur sampai 0,1 mm. Pernahkah kamu melihat bahwa alatalat pengukur panjang tersebut dipergunakan dalam pekerjaan? Sebutkan jenis pekerjaan beserta alat ukur panjang yang digunakan.

  2. Massa

    Setiap benda tersusun dari materi. Jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda disebut massa benda. Dalam SI, massa diukur dalam satuan kilogram (kg). Misalnya, massa tubuhmu 52 kg, massa seekor kelinci 3 kg, massa sekantong gula 1 kg. Dalam kehidupan sehari-hari, orang menggunakan istilah “berat” untuk massa. Namun sesungguhnya, massa tidak sama dengan berat. Massa suatu benda ditentukan oleh kandungan materinya dan tidak mengalami perubahan meskipun kedudukannya berubah. Sebaliknya, berat sangat bergantung pada kedudukan di mana benda tersebut berada. Mengapa? Karena benda akan memiliki gravitasi yang berbeda di tempat yang berbeda. Sebagai contoh, saat astronot berada di bulan, beratnya tinggal 1/6 dari berat dia saat di bumi. Dalam SI, massa menggunakan satuan dasar kilogram (kg), sedangkan berat menggunakan satuan N ewton (N). Satu kilogram standar (baku) sama dengan massa sebuah silinder yang terbuat dari campuran platinumiridium yang disimpan di Sevres, Paris, Prancis (Gambar 1.18). Massa 1 kg setara dengan 1 liter air pada suhu 4oC.
    Massa suatu benda dapat diukur dengan neraca lengan, sedangkan berat diukur dengan neraca pegas (Gambar 1.20). Neraca lengan dan neraca pegas termasuk jenis neraca mekanik. Sekarang banyak digunakan jenis neraca lain yang lebih praktis, yaitu neraca digital. Pada neraca digital, hasil pengukuran massa langsung dapat diketahui, karena muncul dalam bentuk angka dan satuannya.
    Selain kilogram (kg), massa benda juga dinyatakan dalam satuan-satuan lain. Misalnya,
    -gram (g).
    -miligram (mg) untuk massa-massa yang kecil;
    -ton (t) dan kuintal (kw) untuk massa-massa yang besar.
    » 1 ton = 10 kw = 1.000 kg
    » 1 kg = 1.000 g
    » 1 g = 1.000 mg

  3. Waktu

    Waktu adalah selang antara dua kejadian atau dua peristiwa. Misalnya, waktu hidup seseorang dimulai sejak ia dilahirkan hingga meninggal, waktu perjalanan diukur sejak mulai bergerak sampai dengan akhir gerak (berhenti). Waktu dapat diukur dengan jam tangan atau stopwatch.
    Satuan SI untuk waktu adalah detik atau sekon (s). Satu sekon standar (baku) adalah waktu yang dibutuhkan atom Cesium untuk bergetar 9.192.631.770 kali. Berdasarkan jam atom ini, hasil pengukuran waktu dalam selang waktu 300 tahun tidak akan bergeser lebih dari satu sekon. Untuk peristiwa-peristiwa yang selang terjadinya cukup lama, waktu dinyatakan dalam satuan-satuan yang lebih besar, misalnya menit, jam, hari, bulan, tahun, dan abad.
    -1 hari = 24 jam
    -1 jam = 60 menit
    -1 menit = 60 sekon/detik
    Untuk kejadian-kejadian yang cepat sekali, dapat digunakan satuan milisekon (ms) dan mikrosekon (µs). Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa panjang, massa, dan waktu merupakan besaran pokok. Berdasarkan hasil Konferensi Umum mengenai Berat dan Ukuran ke-14 tahun 1971, Sistem Internasional disusun mengacu pada tujuh besaran pokok seperti tercantum pada Tabel 1.2. Empat besaran pokok yang lain akan dipelajari pada bab-bab berikutnya.

  4. Ampere

    Dalam fisika, ampere dilambangkan dengan A, adalah satuan SI untuk arus listrik yang sering dipendekkan menjadi amp. Satu ampere adalah suatu arus listrik yang mengalir dari kutup positif ke kutup negatif, sedemikian sehingga di antara dua penghantar lurus dengan panjang tak terhingga, dengan penampang yang dapat diabaikan, dan ditempatkan terpisah dengan jarak satu meter dalam vakum, menghasilkan gaya sebesar 2 × 10-7 newton per meter.Satuan ini diambil dari nama AndreMarie Ampere, salah satu penemu elektromagnetisme.

  5. Suhu

    Suhu dilambangkan dengan satuan Kelvin. Skala Kelvin (simbol: A) adalah skala suhu di mana nol absolut didefinisikan sebagai 0 K. Satuan untuk skala Kelvin adalah kelvin (lambang K), dan merupakan salah satu dari tujuh unit dasar SI. Satuan kelvin didefinisikan oleh dua fakta: nol kelvin adalah nol absolut (ketika gerakan molekuler berhenti, dalam termodinamika), dan satu kelvin adalah pecahan 1/273,16 dari suhu termodinamik triple point air(0,01°C). Skala suhu Celsius kini didefinisikan berdasarkan kelvin.

    Advertisement

    Gambar : Lord Kelvin

    Kelvin dinamakan berdasarkan seorang Fisikawan dan insinyur Inggris, WilliamThomson,  1 St Baron Kelvin(1824–1907). Tidak seperti derajat Fahrenheit dan derajat Celcius, kelvin tidak berarti atau ditulis sebagai derajat.

  6. Intensitas Cahaya

    Intensitas cahaya adalah besaran pokok Fisika untuk mengukur daya yang dipancarkan oleh suatu sumber cahay pada arah tertentu per satuan sudut. Satuan SI dari intensitas cahaya adalah Candela (Cd). Dalam bidang optika dan fotometri (fotografi, kemampuan mata manusia hanya sensitif dan dapat melihat cahaya dengan panjang gelombang tertentu (spektrum cahaya nampak) yang diukur dalam besaran pokok ini.Intensitas cahaya monokrometik pada panjang gelombang {\displaystyle \lambda }{\displaystyle \lambda } adalah:{\displaystyle I_{v}=683I\,{\overline {y}}(\lambda ),}

    di mana

    {\displaystyle I_{v}} intensitas cahaya dalam satuan Candela,
    {\displaystyle I} intensitas radian dalam unit W/sr,
    {\displaystyle {\overline {y}}(\lambda )} fungsi intesitas standar.

    Intensitas cahaya total untuk semua panjang gelombang menjadi:

    {\displaystyle I_{v}=683\int _{0}^{\infty }I(\lambda )\,{\overline {y}}(\lambda )d\lambda .}
  7. Jumlah Zat

    Jumlah zat adalah besaran pokok fisika yang mengukur jumlah cuplikan zat elementer yang dapat berupa elektron, atom, ion, molekul, atau partikel tertentu. Satuan SI untuk jumlah zat ini adalah mol yang didefinisikan sebagai jumlah atom dalam elemen carbon-12 seberat 12 g. 1 mol mempunyai 6,0221415×1023 atom dari bahan murni yang diukur, yang sering dikenal sebagai bilangan Avogrado

    Nama satuan mol ini dipakai pertama kali oleh ahli kimia Jerman, WilhelmOstwald, pada tahun 1893 untuk menyatakan Molekül (Mol).

Nah, dari beberapa penjelasan diatas kita dapat memahami menganai besaran pokok dalam satuan sistem interasional. Demikanlah 7 Macam-macam Besaran Pokok Lengkap !!. Sekian yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi yang akurat dan bermanfaat. Jangan lupa share ya 😀

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.