5 Macam-macam Prosa Lama dan Penjelasannya Lengkap !!

Advertisement

5 Macam-macam Prosa Lama dan Pejelasannya Lengkap !!

macam-macam prosa lama

Mengakujenius.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Prosa. Pembahasan mengenai karya sastra memang selalu menarik dan menesankan. Bagaimana tidak, salah satu faktor pembangu suatu peradaban adalah karya sastra. Dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai prosa. Prosa sendiri digolongkan di dalam prosa lama dan prosa baru. Sebelum kita membahasnya lebih jauh alangkah baiknya kita mengetahui penjelasan berikut ini.

Pengertian Prosa Lama

Prosa adalah suatu jenis tulisan yang memiliki  variasi ritme lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya (makna bersifat tetap). Kata prosa berasal dari bahasa latin “prosa” yang artinya “terus terang”. Jenis tulisan prosa biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu fakta atau ide. Prosa dapat digunakan untuk surat kabar, majalah, novel, ensiklopedia, surat, serta berbagai jenis media lainnya. Prosa sendiri dibedakan menjadi dua bagian, yaitu prosa lama dan prosa baru.

Prosa lama adalah prosa bahasa Indonesia yang belum terpengaruh oleh budaya-budaya asing. Sedangkan prosa baru adalah prosa yang dikarang bebas tanpa aturan apa pun sehingga penulis dapat dengan bebas dalam berekspresi.

Prosa pada mulanya adalah sebuah karya sastra yang tidak tertulis, Pada zaman dahulu, prosa hanyalah kisah-kisah yang diceritakan oleh orang tua kepada anak-anaknya. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, prosa kini sudah banyak ditulis dan banyak mengalami perubahan.

Prosa lama merupakan karya sastra yang belum terpengaruh oleh sastra atau kebudayaan barat. Karya sastra prosa lama yang mula-mula timbul disampaikanhanya  secara lisan, hal itu disebabkan karena belum dikenalnya bentuk tulisan. Setelah agama dan kebudayaan Islam masuk ke indonesia, masyarakat menjadi akrab dengan tulisan, bentuk tulisan pun mulai banyak dikenal. Sejak itulah sastra tulisan mulai dikenal dan sejak itu pulalah babak-babak sastra pertama dalam rentetan sastra indonesia mulai bermunculan.

Macam-macam Prosa Lama

  1. Hikayat

    Sudah menjadi rahasia umum bahwa hikayat adalah prosa lama yang merupakan karya sastra melayu klasik yang sangat populer pada zaman sebelum hadirnya prosa baru. Hikayat, berasal dari India dan Arab, ceritanya berisi tentang kehidupan para dewi, peri, pangeran, putri kerajaan, serta raja-raja yang memiliki kekuatan gaib. Kesaktian dan kekuatan luar biasa yang dimiliki seseorang, yang diceritakan dalam hikayat kadang tidak masuk akal. Namun dalam hikayat banyak mengambil tokoh-tokoh dalam sejarah. Contoh: Hikayat Hang Tuah, Kabayan, si Pitung, Hikayat si Miskin, Hikayat Indra Bangsawan, Hikayat Panji Semirang, Hikayat Raja Budiman.

  2. Sejarah Tambo

    Sejarah (tambo), adalah salah satu bentuk prosa lama yang isi ceritanya diambil dari suatu peristiwa sejarah. Cerita yang diungkapkan dalam sejarah bisa dibuktikan dengan fakta. Selain berisikan peristiwa sejarah, juga berisikan silsilah raja-raja. Sejarah yang berisikan silsilah raja ini ditulis oleh para sastrawan masyarakat lama. Contoh: Sejarah Melayu karya datuk Bendahara Paduka Raja alias Tun Sri Lanang yang ditulis tahun 1612.

  3. Kisah

    Kisah, adalah cerita tentang cerita perjalanan atau pelayaran seseorang dari suatu tempat ke tempat lain. KIsah merupakan salah satu karya sastra yang sangat populer pada zamannya, karena memang pada zaman dahulu, kisah-kisah yang disampaikan secara lisan memiliki pesan moral yang sangat baik.. Contoh: Kisah Perjalanan Abdullah ke Negeri Kelantan, Kisah Abdullah ke Jedah.

  4. Dongeng

    Dongeng adalah karya sastra melayu klasik yang bersifat khayalan atau imajinatif.

    Advertisement
    • Fabel 

      adalah cerita lama yang menokohkan binatang sebagai lambang pengajaran moral (biasa pula disebut sebagai cerita binatang). Contoh: Kancil dengan Buaya, Kancil dengan Harimau, Hikayat Pelanduk Jenaka, Kancil dengan Lembu, Burung Gagak dan Serigala, Burung bangau dengan Ketam, Siput dan Burung Centawi, dan lain-lain.

    • Mite

      Mite (mitos), adalah cerita-cerita yang berhubungan dengan kepercayaan terhadap sesuatu benda atau hal yang dipercayai mempunyai kekuatan gaib. Contoh: Nyai Roro Kidul, Ki Ageng Selo, Dongeng tentang Gerhana, Dongeng tentang Terjadinya Padi, Harimau Jadi-Jadian, Puntianak, Kelambai, dan lain-lain.

    • Legenda

      Legenda adalah cerita lama yang mengisahkan tentang riwayat terjadinya suatu tempat atau wilayah. Contoh: Legenda Banyuwangi, Tangkuban Perahu, dan lain-lain.

    • Sage 

      Sage adalah cerita lama yang berhubungan dengan sejarah, yang menceritakan keberanian, kepahlawanan, kesaktian dan keajaiban seseorang. Contoh: Calon Arang, Ciung Wanara, Airlangga, Panji, Smaradahana, dan lain-lain.

    • Parabel 

      Parabel adalah cerita rekaan yang menggambarkan sikap moral atau keagamaan dengan menggunakan ibarat atau perbandingan atau analogi. Contoh: Kisah Para Nabi, Hikayat Bayan Budiman, Bhagawagita, dan lain-lain.

    • Dongeng jenaka

      Dongeng jenaka adalah cerita tentang tingkah laku orang bodoh, malas atau cerdik dan masing-masing dilukiskan secara humor. Cerita humor biasanya juga memiliki pesan moral yang baik. Contoh: Pak Pandir, Lebai Malang, Pak Belalang, Abu Nawas, dan lain-lain.

  5. Cerita Bingkai

    Cerita berbingkai, adalah cerita yang didalamnya terdapat cerita lagi yang dituturkan oleh pelaku-pelakunya.  Pelaku dalam cerita berbingkai meneritakan suatu hal yang berkenaan dengan kisah-kisah tertentu. Contoh: Seribu Satu Malam.

Nah, dari beberapa penjelasan di atas, kita dapat mengetahui macam-macam prosa lama. Beberapa diantaranya sering kita dengar bahakan kita temukan dalam kehidupan sehari-hari sperti dongeng, kisah, hikayat, mitos, dan lain-lain. Demikianlah 5 Macam-macam Prosa Lama dan Penjelasannya Lengkap !!. Sekian yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi yang akurat. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya 😀

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.