Negara dalam Arti Luas dan Arti Sempit Beserta Penjelasan

Advertisement

Negara dalam Arti Luas dan Arti Sempit Beserta Penjelasan

Negara dalam arti luas dan arti sempit

Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai pengertian negara dalam arti luas dan arti sempit. Suatu negara yang berdaulat memiliki kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Nah, pada artikel kali ini mimin akan mencoba membahasnya secara ringan dan mudah dipahami. Sebelum kita membahasnya lebih jauh, alangkah baiknya kita memahami beberapa penjelasan berikut ini.

Hakikat Negara

Menurut etimologi (asal kata) negara dalam bahasa inggris disebut dengan “state”, bahasa Belanda disebut dengan “staat”. Dan di negara Prancis negara disebut dengan “stat”. Kata state, staat, dan stat berasal dari bahasa latin yakni “status atau stacum” yang berarti keadaan yang tegak dan tetap, atau sesuatu yang memiliki sifat-sifat yang tegak dan tetap. Sedangkan kata negara berasal dari bahasa sansekerta, yaitu negari atau negara yang berarti kota. Berikut ini adalah hakikat negara dalam arti luas dan arti sempit.

Negara dalam arti Luas

Pengertian mengenai hakikat negara dalam arti luas dapat dijelaskan sebagai berikut

  1. Negara adalah kesatuan sosial yang diatur secara konstitusional untuk mewujudkan kepentingan bersama.
  2. Negara merupakan integrasi dan kesatuan politik.
  3. Negara adalah organisasi pokok dari kekuasaan politik.
  4. Negara adalan agency (alat) dari masyarakat yang mempunyai kekuasaan untuk mengatur hubungan-hubungan manusia dalam masyarakat dan menertibkan gejala-gejala kekuasaan dalam masyarakat (Nur Wahyu Rochmadi)
  5. Negara adalah suatu bentuk pergaulan hidup tertentu yang harus memenuhi tiga syarat pokok, yaitu rakyat tertentu, wilayah tertentu, dan pemerintahan yang berdaulat (Mr. M. Nasrun).

Negara dalam Arti Sempit

Advertisement

Pengertian mengenai hakikat negara dalam arti luas dapat dijelaskan sebagai berikut

  1. Negara adalah organisas kemasyarakatan yang mempunyai daerah tertentu dimana daerah kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai souverein/kedaulatan (Soenarko).
  2. Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia-manusia yang berada di bawah suatau pemerintahan yang sama (R. Djokosoetono).
  3. Negara adalah persekutuan antara keluarga dan desa untuk mencapai kehidupan yang sebaik-baiknya (Aristoteles)
  4. Negara sebagai alat (agency) atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat atau negara (Roger F. Soltau).

Negara dalam Arti Khusus/Sudut Pandang Tertentu

  1. Negara adalah organisasi kekuasaan yang bertujuan untuk mengatur dan menyelenggarakan masyarakat dengan kekuasaannya itu. (J.H.A. Logemann- Staatsrecht van Nederlands Indie).
  2. Negara adalah organisasi kekuasaan yang diciptakan oleh sekelompok manusia atau bangsa (Kranenburg).
  3. Negara adalah organisasi kekuasaan yang memaksa untuk melindungi kelangsungan produksi dan dalam pergaulan hidup diakui adanya perbudakan (Harold J Laski – The State in Theory and Practice).
  4. Negara adalah kekuasaan dari sekelompok manusia yang mendiami wilayah tertentu (George Jellineck).
  5. Negara adalah alat kelas yang berkuasa untuk menindas/mengeksploitasi kelas lainnya (Karl Max).
  6. Negara adalah suatu masyarakat hukum, suatu persekutuan hukum yang menempati daerah tertentu yang dilengkapi dengan kekuasaan tertinggi untuk mengurus kepentingan bersama (Gellefroid).

Nah, dari beberapa penjelasan mengenai pengertian negara dalam arti luas dan arti sempit disebut kita dapat memahami bagaimana hakikat negara, dan dilengkapi dengan berbagai pandangan dari tokoh-tokoh diatas. Demikianlah Negara dalam Arti Luas dan Arti Sempit Beserta Penjelasan. Sekian yang dapat mimin sampaikan pada artikrl kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.