Pengertian, Ciri-ciri, dan Jenis-jenis Protista Lengkap

Advertisement

Pengertian, Ciri-ciri, dan Jenis-jenis Protista Lengkap

myxomycota

Pengertian Protista 

Tahukah anda apa itu protista? Disekolah kita mengenal berbagai macam klasifikasi makhluk hidup, dari makhluk hidup ber sel satu hingga makhluk hidup bersel banyak. Protista termasuk makhluk hidup yang telah mempunyai nukleus sendiri . Lalu apakah arti sebenanya dari protista? berikut akan mimin jelaskan mengenai protista dan ciri-cirinya.

 Protista adalah makhluk hidup bersel satu atau bersel banyak yang telah memiliki membran inti (eukariotik). Protista bukan merupakan hewan atau tumbuhan, melainkan yang bersifat mirip hewan, tumbuhan, atau pun mirip jamur. Protista dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu Protista yang menyerupai tumbuhan (ganggang atau Algae), Protista yang menyerupai hewan (Protozoa), dan Protista yang menyerupai jamur. Lalu apakah ciri-ciri protista secara umum? berikut akan mimin jelaskan beberapa ciri-ciri khusus protista.

Ciri-ciri Protista Secara Umum 

  1. Protista adalah makhluk hidup eukariotik sejati dan telah memiliki nukleus sendiri.
  2. Protista hidup bebas dialam biasanya bersiafat parasit.
  3. Pada umunya protista bersifat uniselluler (bersel satu), namun ada beberapa yang bersel lebih dari satu.
  4. Protista bereproduksi secara seksual dan aseksual.
  5. Protista dikelompokkan dalam 3 jenis yaitu protista mirip hewan (protozoa), protista mirip tumbuhan (alga atau ganggang), protista mirip jamur (jamur protista)
  6. Protista pada umumnya mempunyai alat gerak diantaranya adalah bergerak dengan flagela atau silia, namun ada juga yang tidak memiliki alat gerak. 
  7. Protista memiliki membran inti sel.

Jenis-jenis Protista

  1. Protista mirip hewan (protozoa)
    230130170
    a. Protoza merupakan protista mirip hewan yang ber sel satu.
    b. Mempunyai alat gerak berupa kaki semu, rambut getar atau flagela
    c. Besifat parasit jika hidup di tubuh hewan, tumbuhan atau manusia.
    d. Hidup bebas di alam seperti di laut, sungai, sawah, kebun, dan lain-lain.
    e. Berdasarkan alat geraknya Protozoa dapat dibedakan menjadi 4, yaitu Rhizopoda (kaki semu), Flagellata (berbulu cambuk), Ciliata (berambut getar), dan Sporozoa (pembentuk spora).
  2. Protista Mirip Ganggang (Algae)
    chlorella
    a. Memiliki klorofil sehingga mampu berfotosintesis
    b. Tidak memiliki akar, batang, dan daun sejati.
    c. ada 6 macam Algae yang di bedakan berdasarkan filumnya yaitu filum Euglenophyta, Chlorophyta,                 Chrysophyta, Phaeophyta, Pyrrophyta, dan Rhodophyta.
  3. Protista Mirip Jamur 
    Gambar-Physarium-sp
    Protista mirip jamur dapat dibedakan menjadi dua yaitu
    a. Oomycota(jamur air) dinding sel terdiri dari selulosa , berkembang biak dengan aseksual dengan             membntuk zoospora, dan seksual membentuk oospora.
    b. Mygomycota (jamur lendir) slah satu ciri-cirinya adalah berinti banyak, tidak mempunyai dinding sel, berkembang biak secara aseksual dengan spora.

Nah, demikianlah pengertian dan ciri khusus dan jenis-jenis yang dimiliki oleh protista, semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi yang akurat. Sekian yang dapat mimin sampaikan semoga bermanfaat.

BACA JUGA :

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.