Pengertian dan Fungsi Pers dalam Masyarakat Demokratis

Advertisement

Pengertian dan Fungsi Pers dalam Masyarakat Demokratis

Gambar : (Pengertian dan Fungsi Pers)

Mengakujenius.com – Negara demokrasi adalah negara yang mengikutsertakan partisipasi rakyat dalam pemerintahan dan menjamin terpenuhinya hak dasar rakyat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu hak dasar rakyat yang harus dijamin adalah kemerdekaan menyampaikan pikiran baik secara lisan maupun pikiran. Nah, untuk menyampaikan kemerdekaan berpendapat tersebut terdapat peran pers. Pada artikel kali ini mimin akan membahas mengenai fungsi pers dalam masyarakat demokratis. Namun sebelumkita membahasnya lebih jauh alangkah baiknya kita mengetahui beberapa penjelasan berikut ini.

Pengertian Pers

Istilah pers berasal dari bahas Belanda “persen” atau bahas inggris “press” yang berarti menekan. Kata menekan mengacu pada mesin cetakkuno yang harus ditekan dengan keras untuk menghasilkan sebuah karya cetak pada lebaran kertas. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan komunikasi, istilah pers juga mengalami perluasan makna,bahkan saat ini pers mengacu pada berbagai media masa yang bukan hanya surat kabar, majalah, televsi, radio, fil, melainkan juga internet yang perkembangannya tidak dapat dibendung.

Jadi denga demikian, Pers adalah suatu sarana bagi warga negara untuk mengeluarkan pikiran dan pendaat serta memilii peranan penting dalam negara demokrasi. Pers yang bebas da bertanggung jawab memegang peranan penting dalammasyarakat demokrasi dan merupakan salah satu unsur bagi negara da pemerintahan yang demokratis. Menurut Miriam Budiardjo, salah satu negara demokrasi adalah memiliki pers yang bebas dan bertanggung jawab. Terdapat dua tentang pengertian pers, sebagai berikut ini.

  1. Pers dalam arti sempit adalah media cetak yang mencakup surat kabar, koran, majalah, tabloid, dan buletin-buletin pada kantor berita.
  2. Pers dalam arti luas mencakup semua media komunikasi yaitu media cetak, media audio vusial, dan media elektronik. Contohnya radio, TV, film, internet, dan lain sebagainya.

5 Fungsi Pers

Fungsi pers dalam masyarakat demokratis adalah sebagai wadah atau saluran dalam komunikasi massa yang adil dan seimbang untuk mengatur hubungan antara pemerintah dengan rakyatnya dalam mewujudkan kesejahteraan bangsa dan negara. Selain kita tahu fungsi pers dalam masyarakat demokratis, alangkah baiknya kita juga mengetahui fungsi pers bagi kehidupan umat manusia. Terdapat lima hal, berikut ini adalah penjelasannya lengkap.

Advertisement
  1. Fungsi Universal (Fungsi Informasi)

    Telah kita ketahui bersama bahwa fungsi pers secara umum adalah sebagai wadah atau lembaga untuk menampung dan memperoleh informasi secara umum dari bidang kehidupan kepentinagn  manusia baik untuk pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, maupun untuk bangsa internasional. Informasi yang terdapat dalam pers harus berimbang dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu informasi yang disampaikan juga tidak boleh bersifat menghina maupun memuja degan berlebihan terhadap pihak-pihak tertentu. Pers bersifat bebas namun bertanggung jawab.

  2. Fungsi Pendidikan (Education)

    Fungsi pendidikan dalam negara demokratis adalah sebagai media dalam berlatih atau media pendidikan atau pembelajaran politik bagi masyarakat luas karena melalui media pers memberitahukan dan mengajarkan kepada masyarakat tentang ilmu pengetahuan, keterampilan kehidupan atau lifeskill dan juga memberikan kepada masyarakat tentang pentingnya suatu informasi bagi masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Informasi yang disampaikan melalui pers tidak boleh yang bersifat rasis dan konten-konten sensitif yang mengganngu ketenangan masyarakat.

  3. Fungsi Hiburan 

    Prs dapat memuat berita-berita yang dapat memberikan hiburan yang beraneka ragam bentuknya mulai dari gambar yang bersifat menghibur dan menyenangkan, selain sengaja menayangkan yang bertema humor atau komedi, penyajiannya juga dikemas dengan sangat menarik dan disesuaikan degan selera dan jenjang umur masyarakat supaya hiburan yang ditayangkan tidak salah sasaran dan menimbulkan kesalahpahaman. Contohnya adalah untuk anak-anak disesuaikan dengan konten yang tidak terdapat unsur pornogafi yang dapat merusak moral anak.Selain itu, contoh lainnya adalah informasi yang memberikan hiburan tentang tips perawatan kesehatan, pariwisata, mode, dan lain sebagainya.

  4. Fungsi Ekonomi

    Pers mempunyai arti yang sangat penting dalam kehidupan perekonomian suatu bangsa, yaitu dengan penyajian berita-berita tentang kebijakan ekonomi negara, promosi suatu komoditi atau barang ekonomi, bursa efek, perbankan, dan pengelolaan pers sebagai perusahaan melahirkan kegiatan ekonomi yang cukup potensial melibatkanbanyak tenaga kerja.

  5. Fungsi hak Kontrol, Kritk, dan Koreksi

    Adanya media pers masyarakat, maka masyarakat dapat melakukan pengawasan sebagai bentuk kontrolterhadap kebijakan yang telah diambil oleh aparatur negara, media penyaluran informasi bagi masyarakat melalui penyampaian usul, saran, kritik dan koreksi berbagai bidang kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum, agama, dan berbagai bidang kehidupan lainnya.

Dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Pasal 3 disebutkan mengenai fungsi Pers Nasional. Adapun fungsi pers nasional adalah sebagai berikut

  1. Sebagai Wahana Komunikasi Massa
    Pers nasional sebagai wahana berkomunikasi antarwarga negara, warga negara dengan pemerintah, dan antar berbagai pihak
  2. Sebagai Penyebar Informasi
    Pers nasional dapat menyebarkan informasi baik dari pemerintah atau negara kepada warga negara (dari atas ke bawah) maupun dari warga negara ke negara (dari bawah ke atas).
  3. Sebagai Pembentuk Opini
    Sebagai pembentuk opini, berita, tulisan, dan pendapat yang dituangkan melalui pers dapat menciptakan opini kepada masyarakat luas. Opini terbentuk melalui berita yang disebarkan lewat pers.
  4. Sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol, serta sebagai lembaga ekonomi

UU No. 40 Tahun 1999 Pasal 2 menyebutkan ; “Kemerdekaan pers adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip-prinsip deokrasi, keadilan, dan supremasi hukum.

Dapat disimpulkan bahwa fungsi dan peranan pers di Indonesia antara lain sebagai berikut ;

  1. Media untuk menyatakan pendapat dan gagasan-gagasannya.
  2. Media perantara bagi pemerintah dan masyarakat.
  3. Penyampai informasi bagi masyarakat luas.
  4. Penyaluran opini publik.

Peraturan perundang-undangan tentang kebebasan pers di Indonesia, hak masyarakat atau warga negara Indonesia untuk mengeluarkan pikiran secara lisan, atau tulisan mendapat jaminan UUD 1945 Pasal 28 yang berbunyi “Kemerdekaan berserikat dan bekumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan sebagainya ditetapkan dengan Undang-Undang”

Nah, dari beberapapenjelasan di atas kita dapat mengetahui mengenai fungsi Pers dalam kehidupan berbangsa bernegara. Pengertian dan Fungsi Pers dalam Masyarakat Demokratis. Sekian yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi secara akurat. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.