Dec 05 2017

Pengertian Keterbukaan Pemerintah Lengkap !!

Pengertian Keterbukaan Pemerintah Lengkap !!


Gambar : (Rapat Paripurna DPR diliput oleh media)

Mengakujenius.com – Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai Pengertian Keterbukaan Pemerintah dalam Berbangsa dan Bergnegara. Mungkin sebagian dari anda sudah pernah membahasnya ketika duduk di bangku sekolah, namu tidak ada salahnya jika kita membahasnya lagi mengingat keterbukaan adalah salah satu pintu untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan lebih cerah di masa depan. Namun sebelum kita membahasnya lebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui beebrpa penjelasan berikkut ini.

Pengertian Keterbukaan

Keterbukaan berasal dari kata terbuka yang berarti tidak ditutup-tutupi atau disembunyikan. Keterbukaan kerap kali disebut sebagai tarnsparansi yang berarti transparan yang berarti suatu keadaan yang tidak tertutupi, tidak ditutupi, keadaan yang tidak ada rahasia sehingga semua orang memiliki hak untuk mengetahui. Istilah transparansi (keterbukaan) berasal dari kata bahasa Inggris yaitu “transparent” yang berarti jernih, nyata, jelas, mudah dipahami, tidak ada kekeliruan, tidak ada kesangsian atau keragu-raguanl, tidak ditutup-tutupi.

Keterbukaan atau transparansi dalam pemerintahan menunjuk pada tindakan yang memungkinkan suatu persoalan menjadi jelas, mudah dipahami dan tidak  diragukan lagi
kebenarannya. Keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara berhubungan dengan informasi berita, pernyataan, dan kebijakan publik yang mempengaruhi pemahaman masyarakat atas informasi yang diterima. Keterbukaan diartikan sebagai keadaan yang memungkinkan ketersediaan informasi yang dapat diberikan dan didapatkan oleh masyarakat luas tanpa ada keragu-raguan sehingga informasi yang disampaikan menjadi jelas dan tidak menimbulkan fittnah dalam masyarakat. Sikap terbuka yang harus ditunjukan adalah sikap untuk bersedia memberitahukan dan sikap untuk bersedia
menerima pengetahuan atau informasi dari pihak lain.

Keterbukaan dan keadilan merupakan salah satu cara yang harus diterapkan bagi terciptanya persatuan bangsa. Negara yang menerapkan pemerintahan yang demokratis dicirikan dengan adanya keterbukaan, yakni kemauan untuk memberitahukan hal-hal yang bersifat publik kepada masyarakat luas. Melalui keterbukaan dalam pemerintahan berbangsa dan bernegara, rakyat diajak berpartisipasi aktif dalam segala kegiatan yang berada dilingkup negara tersebut. Keterbukaan diperlukan untuk memberi jaminan keadilan yaitu bahwa seluruh kebijakan ditujukan untuk terciptanya rasa keadilan dan pemenuhan kebutuhan secara adil. Pemenuhan rasa keadilan dan kebutuhan secara adil dapat memperkuat rasa kebersamaan di masyarakat sehingga mendukung persatuan bangsa yang suloit untuk dipecahkan.

Keterbukaan dalam  penyelenggaraan kehiduap deokratis berbangsa dan negara sangat diperlukan  dalam rangka meningkatkan kepercayaan, dukungan, dan partisipasi masyarakat untuk bermasa-sama mewujudkan cita-cita bangsa. Rakyat merupakan pemegang kedaulatan tertinggi, dan sudah sewajarnya mengetahui hal-hal yang akan diperuntukkan baginya.

Masyarakat yang terbuka akan mudah menerima perubahan dari berbagai dunia dan hal ini dapat menunjang dalam proses kemajuan negaranya. Mereka dapat belajar dari masyarakat lain, dan menerima hal-hal baru yang berguna bagi masyarakat. Sebaliknya suatu masyarakat yang tertutup akan sulit berkembang dan menyesuaikan diri dengan kemajuan dan perkembangan dunia.

Contoh keterbukaan sebagai warga negara adalah sebagai berikut.

  • Mampu menyatakan pendapat secara terbuka dan jujur.
  • Mengemukakan tuntutan dan keinginannya tanpa tertekan dan rasa takut.
  • Kesediaan memberi informasi publik kepada sesama warga negara tanpa ada yang ditutupi.

Selain pada warga negara, keterbukaan juga perlu ada pada penyelenggaraan negara. Contoh keterbukaaan sebagai penyelenggara pemerintahan negara adalah sebagai
berikut.

  • Pejabat negara bersedia bertatap muka dan berbicara dengan rakyat.
  • Pejabat negara bersedia memberitahukan harta kekayaannya ke publik (transparan).
  • Pejabat negara bersedia memberitahukan kebijakan publik yang dikeluarkan (transparan).

Ada tiga alasan mengenai pentingnya keterbukaan dengan penjelasannya sebagai berikut.

  1. Keterbukaan yang diterapkan dalam suatu pemerintahan memungkinkan adanya akses bebas setiap warga negara terhadap berbagai sumber informasi. Hal ini mampu menjadikan warga negara memiliki pemahaman yang lebih jelas dan leih jernih mengenai berbagai hal yang berkenaan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan pada gilirannya warga negara mampu berpartisipasi aktif dalam memengaruhi agenda publik. Keterbukaan adalah prasyarat mutlak bagi adanya partisipasi yang konstruktif dan rasional.
  2. Dasar penyelenggaraan pemerintahan di negara demokratis adalah teori Trias Politica yang berbunyi “pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”. Keberadaan pemerintah di negara demokratis dipahami sebagai pihak yang dipilih oleh rakyat untuk menciptakan kesejahteraan rakyat. Semua peraturan hukum di negara demokratis
    semaksimal mungkin diupayakan untuk keterbukaan dalam penyelenggaraan pemerintahan untuk menjamin bahwa jalannya pemerintahan senantiasa berada di jalur yang benar, yakni untuk menciptakan kesejahteraan rakyat yang sebenar-benarnya.
  3. Kekuasaan pada dasarnya cenderung diselewengkan. Pada umumnya penyelewengan kekuasaan terjadi dan semakin merajalela apabila tidak ada keterbukaan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Oleh sebab itu, negaranegara demokratis sangat menekankan pentingnya keterbukaan atau transparansi agar tidak terjadi penyelewengan kekuasaan dan tata pemerintahan yang tidak baik.

Menurut Robert A. Dahl demokrasi sangat memerlukan adanya keterbukaan, terutama akses bebas setiap warga negara terhadap berbagai sumber informasi. Ada empat unsur utama pemerintahan demokrasi, yaitu

1. pemilihan umum yang bebas dan adil,
2. pemerintahan yang terbuka dan bertanggung jawab,
3. jaminan hak-hak politik dan sipil, dan
4. adanya suatu masyarakat demokrasi atau berkeadaban.

Keempat unsur utama demokrasi biasa disebut sebagai Piramida Demokrasi Negara yang serius menjadikan diri sebagai negara demokrasi tidak cukup apabila hanya terdapat pemilu yang bebas dan adil, jaminan atas hak-hak sipil dan politik, adanya masyarakat yang demokratis, tetapi harus ada pula penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka dan bertanggung jawab. Oleh sebab itu, keterbukaan merupakan keharusan agar terwujud pemerintahan yang baik tanpa ada penyelewengan kekuasaan.

Ciri-ciri Keterbukaan

Menurut David Beetham dan Kevin Bayle, ciri-ciri pemerintahan yang terbuka adalah sebagai berikut.

  1. Pemerintahan menyediakan berbagai informasi faktual mengenai kebijakan-kebijakan yang akan dan sudah dibuatnya.
  2. Terdapat peluang bagi publik dan pers untuk mendapatkan atau mengakses berbagai dokumen pemerintah.
  3. Rapat-rapat pemerintah terbuka bagi publik dan pers.
  4. Terdapat konsultasi publik yang dilakukan secara sistematik oleh pemerintah.

Ada tiga hal penting yang dapat disimpulkan dari ciri-ciri pemerintahan yang
terbuka, yaitu sebagai berikut.

  • Apabila pemerintahan diselenggarakan secara terbuka, publik akan memiliki informasi yang cukup untuk bisa menilai dan menentukan sikap secara rasional dan objektif terhadap kinerja pemerintah.
  • Apabila pemerintahan diselenggarakan secara terbuka berbagai kebijakan pemerintah akan menjadi jelas, mudah dipahami dan tidak menimbulkan kesangsian atau kecurigaan publik.
  • Pemerintahan yang terbuka merupakan pemerintahan yang menjamin adanya kebebasan informasi, dalam arti menjamin kebebasan warga negara untuk mendapatkan berbagai informasi faktual mengenai seluk-beluk agenda kerja dan kebijakan-kebijakan pemerintah.

Prinsip mengenai pemerintahan yang terbuka bukan berarti semua informasi mengenai penyelenggaraan pemerintahan dapat diakses oleh publik tanpa batas, tetapi ada kekecualian kebebasan informasi atau batas-batas keterbukaan. Artinya, bahwa ada informasi-informasi tertentu tentang penyelenggaraan pemerintahan yang boleh dirahasiakan oleh pemerintah dan tidak perlu dibagikan kepada publik. Jadi, publik
tidak berhak untuk memiliki akses atas informasi tersebut. Kekecualian tersebut
tidak boleh ditetapkan oleh pemerintah secara sepihak, tetapi harus melalui jalan demokratis, yaitu ditentukan oleh lembaga legislatif dalam bentuk perundang-undangan.

5 Macam Informasi Kekecualian Kebebasan Informasi

Ada lima macam informasi yang dapat dikatakan sebagai kekecualian kebebasan informasi, yaitu yang menyangkut soal-soal berikut.

  1. Nasihat politis yang diberikan kepada para menteri.
  2. Pertimbangan-pertimbangan kabinet.
  3. Rahasia-rahasia perdagangan dari perusahaan-perusahaan swasta.
  4. Arsip-arsip pribadi, kecuali arsip-arsip pribadi dari individu yang sangat
    dibutuhkan.
  5. Informasi tertentu yang jika dipublikasikan akan merugikan pertahanan
    nasional, kelangsungan hidup sistem demokrasi itu sendiri, atau keselamatan
    individu warga masyarakat.

Penetapan dan pengaturan mengenai kekecualian terhadap kebebasan informasi dapat berbeda-beda antara negara demokratis yang satu dengan yang lainnya. Hal ini sangat bergantung pada kematangan demokrasi di negara tersebut. Semakin matang demokrasi di suatu negara, akan semakin sedikit kekecualian-kekecualian yang diberlakukan terhadap kebebasan informasi.

Dalam Freedom of Information Act di Amerika Serikat, diatur sembilan kekecualian terhadap kebebasan informasi, yaitu

  1. Informasi dan data geologis dan geofisik mengenai sumbernya;
  2. Informasi lembaga keuangan;
  3. Data yang berkenaan dengan penyidikan;
  4. Informasi pribadi;
  5. Memo internal pemerintah;
  6. Informasi bisnis yang bersifat rahasia;
  7. Informasi yang secara tegas dikecualikan oleh UU untuk dapat diakses publik;
  8. Ketentuan internal lembaga;
  9. Keamanan nasional dan politik luar negeri, yang meliputi rencana militer, persenjataan, dan data iptek yang menyangkut keamanan nasional, dan data CIA.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai penerapan keterbukaan dalam pemerintahan berbangsa dan bernegara. Demikianlah Pengertian Keterbukaan Pemerintah Lengkap !!. Sekian yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini semoga dapatmemberikan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa share ya guys.

Leave a Reply

Your email address will not be published.