10 Contoh Kalimat Kritik dan Saran Lengkap !!

10 Contoh Kalimat Kritik dan Saran Lengkap !!

contoh kalimat kritik dan saran

Mengakujenius.com– Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai kritik dan saran. Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mempelajarinya ketika duduk di  bangku sekolah. Sebuah kritik maupun saran harus disampaikan dengan baik dan sopan tanpa menyinggung bahkan menyakiti pihak lain. Sebelum kita  membahasnya lebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa penjelasan berikut ini.

Pengertian Kritik dan Saran

Kritik adalah sebuah ungkapan/tanggapan terhadap suatu hal yang disertai dengan uraian alasan dan pertimbangan mengenai baik buruknya suatu hal. Kritik muncul karena seseorang setuju ataupun tidak setuju terhadap suatu hal. Selain memberikan kritik, jika seseorang suka atau tidak suka dapat memberikan pendapat/ dukungan yang disertai dengan uraian alasan yang jelas dan dapat di terima.

Saran adalah sebuah ungkapan yang berisi anjuran terhadap suatu hal. Saran bersifat membangun dan memberikan petuah/nasehat baik. Hendaknya dalam memberikan saran dengan cara-cara yang beradab dan tidak menyinggung pihak lain. Kadang kala kita jikalau memberikan saran kurang bisa diterima dengan baik karena cara kita yang salah dalam memberikan saran.

Nah, dari beberapa penjelasan di atas kita dapat mengetahui pengertian kritik dan saran. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam memberikan sebuah tanggapan yang berupa kritik atau saran.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengungkapkan kritik dan saran;

  1. Menyimak dengan saksama laporan yang disampaikan dari awal hingga akhir.
  2. Mencatat hal-hal penting yang hendak diberi kritik atau saran.
  3. Mengemukakan/menyampaikan kritik atau saran dengan bahasa yang baik.
  4. Berikan argumen serta alasan yang jelas untuk memperkuat kritik atau saran yang Anda ungkapkan.
  5. Menyampaikan kritik atau saran dengan sopan, tidak terkesan menentang, atau mengejek, dan tidak perlu tergesa-gesa.
  6. Memberikan penekanan-penekanan dalam kalimat tertentu untuk memperjelas maksud.

10 Contoh Kritik dan Saran

  1. Melihat beberapa hal yang telah adna sampaikan, saya rasa Sistem Ekonomi Liberal kurang cocok diterapkan di Indonesia.
  2. Menurut saya, jika kita cermati lebih dalam, orang Indonesia lebih cocok dengan sistem kooperasi yang lebih menekankan kerjasama. Jadi lebih baik kita menerapkan sistem tersebut.
  3. Saya setuju dengan pernyataan anda, warga harus bergerak bersama dalam mewujudkan kebersihan lingkungannya masing-masing.
  4. Saya kurang sependapat dengan anda, jika kita menerapkan Full Day School, bagaimana anak-anak yang ketika sore sekolah di pesantrean dan madrasah-madrasah.
  5. Lebih baik, jika kita menyelesaikan dengan cara musyawarah sehingga mengutamakan kedamaian.
  6. Alangkah lebih baik kegiatan ini disosialisasikan terlebih dahulu supaya tidak ada kesalahpahaman.
  7. Sebaiknya kita turut menjaga keamanan lingkungan dengan mengadakan program meronda setiap malam.
  8. Saya tidak sependapat dengan anda, karena jika kita memaksakan kehendak maka akan menimbulkan oknum-oknum pemberontak.
  9. Saya rasa, standarisasi alat-alat berkendara itu penting karena menjadi salah satu cara mencegah dan mengurangi tingkat kecelakaan.
  10. Menurut saya pendapan anda kurang relevan dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini. Rakyat butuh pemimpin yang dapat membela kaum-kaum tertindas dan rakyat kecil, bukan pemimpin yang hanya membela kaum kapitalis.

Nah, dari beberapa contoh dan penjelasan di atas kita dapat mengetahui cara-cara menyampaikan kritik dan saran dengan baik. Demikianlah 10 Contoh Kalimat Kritik dan Saran Lengkap !!. Sekian yang dapat mimin sampaikan pada artikel kali ini, semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi yang anda butuhkan. Semoga beranfaat dan terimaksih telah membaca, jangan lupa share ya, dan terimakasih telah berkunjung :-D.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.