10 Contoh Simbiosis Komensalisme dan Penjelasannya

10 Contoh Simbiosis Komensalisme dan Penjelasannya

Pengertian Simbiosis Komensalisme

Dalam usahanya mempertahankan hidupnya, makhluk hidup pasti butuh berinteraksi dengan lingkungannya maupun dengan makhluk hidup yang lainnya. Pada kesempatan kali ini, mimin akan membahas simbiosis komensalisme. Sebelum kita membahasnya lebih jauh alangakah baiknya kita mengetahui pengertian simbiosis terlebih dahulu. Perhatikan pernyatan berikut.

Simbiosis berasal dari bahasa Yunani sym yang berarti dengan dan biosis yang berarti kehidupan.Simbiosis merupakan interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan. Simbiosis merupakan pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis.(wikipedia).

Makhluk hidup heterotrof maupun autrotof selalu membutuhkan makhluk hidup yang lain untuk terus mempertahankn hidupnya. Dari pengertian diatas dapat kita pahami bahwa sismbiosis adalah hubungan atau pola interaksi makhluk hidup. Lantas apakah pengertian simbiosis komensalisme? Perhatikan pengertian berikut ini.

Simbiosis komensalisme adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang menguntungkan satu pihak dan pihak yang lain tidak dirugikan maupun di untungkan. Jadi Pada simbiosis ini tidak ada di rugikan, tapi hanya ada satu makhluk hidup yang mendapat keuntungan dan makhluk hidup yang lainnya tidak diuntungkan dan tidak juga di rugikan.

Contoh Simbiosis Komensalisme dan Penjelasannya

Berikut ini adalah contoh nyata simbiosis komensalisme dalam kehidupan.

  1. Anggrek Bulan dengan Pohon Mangga
    Anggrek bulan dengan inangnya

    Anggrek biasanya hidup menumpang pohon mangga. Anggrek menempel pada phon mangga untuk memudahkan proses fotosintesis karena memperoleh sinar matahari secara langsung. Anggrek termasuk tumbuhan autotrof yaitu tumbuhan yang dapat menghasilkan makanan sendiri karena mempunyai klorofil. Makanannya diperoleh dari proses fotosintesis. Anggrek pada umumnya tumbuh pada inangnya yangmerupakan pohon-pohon yang tinggi, karena anggrek butuh cahaya matahari yang cukup untuk berfotosintesis dan mempertahankan dirinya seperti pohon mangga. Sementara pohon mangga yang ditumpangi tidak mendapatkan efek yang merugikan maupun tidak juga berdampak menguntungkan.

  2. Tumbuhan Paku Tanduk Rusa dengan Inangnya
    tumbuhan paku tanduk rusa dengan inangnya

    Tumbuhan paku tanduk rusa adalah tumbuhan yang mempunyai sifat seperti anggrek. Tumbuhan ini pada umumnya hidup menempel pada tumbuhan lain sepeti pohon jambu, pohon nagka, dan pohon mangga, akan tetapi tumbuhan paku tanduk rusa tidak menyerap nutrisi maupun sari-sari makanan pada pohon inagnya. Tumbuhan paku tanduk rusa diuntungkan dengan keberadaan inangnya, akan tetapi pohon inangnya tidak dirugikan juga tidak menguntungkan. Tumbuhan paku rusa yang menempel pada inangnya tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan pohon inangnya. Tumbuhan paku tanduk rusa tidak jarang digunakan untuk tanaman hias dan sengaja di tempel pada pohon inangnya. Karena bentuk daunnya yang unik tumbuhan oaku tanduk rusa sering di tanam di taman maupun pekarangan rumah.

  3. Udang dan Mentimun Laut

    OLYMPUS DIGITAL CAMERA

    OLYMPUS DIGITAL CAMERA

    Hubungan timbal balik makhluk hidup tidak terjadi di daratan saja, bahkan di lautan juga terjadi hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup seperti udan dan mentimun laut. Udang laut bertahan hidup dengan menempel di tubuh mentimun laut dengan memakan sisa makanan mentimun laut. Sementara itu timun laut tidak dirugikan dan juga tidak mendapat keuntungan dari keberadaan udang di tubuhnya.

  4. Tumbuhan Paku dengan Pohon Jati
    tumbuhan paku dengan pohon jati

    Tumbuhan paku diuntungkan dengan keberadaan inagnya yaitu pohon jati. Tumbuhan paku yang menepel pada inangnya, umunya telah memiliki klorofil dan dapat membuat makanannya sendiri. Sehingga tumbuhan paku yang menempel pada inangnya tidak menyerap sari-sari makanan maupun nutrisi yang terdapat pada tubuh inangnya. Sementara itu pohon jati sebagai inangnya tidak dirugikan maupun mendapat keuntungan dengan keberadaan tumbuhan paku di tubuhnya.

  5. Tumbuhan Sirih dengan Inangnya
    sirih dengan inangnya

    Tumbuhan sirih dapat ditemukan menempel pada tumbuhan lain. Tidak jauh berbeda dengan anggrek, tumbuhan sirih menempel pada inangnya untuk mempertahankan hidupnya karena inangnya tersebut sebagai habitat tumbuhan sirih. Sementara inang yang di tempeli tumbuhan sirih tidak berdampak terhadap pertumbuhan dan perkembangannya. Inangnya tidak mendapat keuntungan dan juga tidak di rugikan.

  6. Bakteri Pembususk dengan Usus Manusia

    bakteri pembusuk dalam usus manusia
    Pada prose pencernaan manusia, setelah makanan melewati lambung dan melewati usus halus, makanan telah mengalami beberapa kali proses penyerapan sari-sari makanan. Nah, pada usu besar inilah bakteri-bakteri pembusuk memakan dan mengurai sisa-sisa atau ampas makanan manusia. Terdapat jutaan bakteri pembusuk di dalam usus manusia. Pada manusia proses yang terjadi di dalam usus ini tidak menguntungkan juga tidak merugikan manusia.

  7. Bulu Babi dan The Goby

    ikan goby dengan bulu babi
    The goby merupakan ikan yang ukurannya sangat kecil. Ikan goby hidup dicelah-celah bulu babi yang beracun untuk melindungi dirinya dari seranag predator maupun iakn-ikan besar yang akan memangsanya. Selain tiu ikan goby juga mendapat sisa-sisa makanan dari bulu babi. Sementara bulu babi tidak mendapat keutnungan dan juga tidak dirugikan dengan keberadaan ikan goby.

  8. Ikan Remora dan Ikan Hiu

    Ikan remora dengan ikan hiu
    Ikan remora adalah ikan kecil yang mengikuti bahkan menempel tubuh ikan hiu. Ikan hiu merupakan ikan pemangsa yang jika ia mendapat mangsa, maka sisa-sisa makanannya di makan oleh ikan remora. Ikan remora yang mengikuti pergerakan tidak hanya satu ekor, biasannya ada beberapa ekor ikan remora yanag mengikuti pergerakan hiu untuk mendapatkan makanan. Sementara itu ikan hiu tidak mendapat keuntungan maupun kerugian atas keberadaan ikan remora.

  9. Ikan Remora dengan Ikan Pari
    Ikan Remora dengan ikan pari

    Tidak jauh berbeda dengan hubungan timbal balik ikan remora dengan ikan hiu, Hubungan timbal balik antara ikan remora dan ikan pari juga dedmikian. Ikan remora mengikuti pergerakan bahkan menempel pada ikan pari untuk mendapat sisa-sisa makanan dari ikan pari. Sementara ikan pari tidak mendapat keuntungan dan juga tidak dirugikan dengan keberadaan iakn remora.

  10. Tumbuhan Aggrek dengan Pohon Randu

    Contoh Simbiosis Komensalisme
    Anggrek merupakan tumbuhan autotrof yaitu tumbuhan yang dapat menghasilkan makanan sendiri sehingga tidak mungkin parasit dan merugikan tumbuhan lain. Anggrek mempunyai klorofil dan dapat berfotosintesis untuk mendapatkan makanan. Anggrek yang menempel pada pohon randu biasanya bisa bertahan hidup lebih lama mengingat pada umumnya pohon randu menjulang tinggi, sehingga memudahkan anggrek untuk memperoleh sinar matahari untuk proses fotosintesis. Sementara pohon randu yang ditumpanginya tidak berpengaruh terhadap keberlangsungan hidupnya. Pohon ramdu tidak dirugikan dan juga tidak diuntungkan.

Nah, dari beberapa contoh di atas dapat kita simpulkan bahwa simbiosis komensalisme adalah hubungan atau interaksi timbal balik antara dua makhluk hidup yang menguntungkan satu pihak, akan tetapi tidak merugikan maupun menguntungkan pihak lain. Demikianlah 10 Contoh Simbiosis Komensalisme dan Penjelasannya. Sekian yang dapat mimin sampaikan melaui artikel ini semoga bermanfaat. Sampai bertemu di artikel selanjutnya dan terimakasih telah membaca.

BACA JUGA :

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.