12 Ciri-ciri Organisme Prokariotik dan Penjelasannya !!

12 Ciri-ciri Organisme Prokariotik dan Penjelasannya !!

ciri-ciri organisme prokariota

Mengakujenius.com – Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai organisme prokariotik. Jika kita amati lebih jauh, sangat banya makhluk hidup di sekitar kita yang termasuk organisme prokariotik. Pada artikel kali ini mimin akan membahasnya secara ringan dan mudah dipahami. Sebelum kita membahasnya lebih jauh, alangkah baik nya kita mengetahui pengertian Organisme Prokariotik berikut ini.

Pengertian Oraganisme Prokariotik

Organisme prokariotik adalah organisme bersel tunggal yang mempunyai jenis sel yang tidak punya inti sel dan materi genetiknya tidak berada dalam membran. Ada dua jenis sel yang dimiliki makhluk hidup di alam ini. Yang pertama adalah organisme eukariota, dan yang kedua adalah prokariota. Organisme prokariotik adalah organisme yang penyebarannya sangat banyak di muka bumi.

Organisme hidup dengan memanfaatkan lebih banyak sumber energi yang ada di permukaan bumi. Berbeda dengan organisme lainnya yang hanya membutuhkan beberapa sumber enrgi saja. Organisme prokariota akan dapat bertahan hidup lebih lama daripada organisme lainnya. Meskipun berukuran sangat kecil (mikroskopik), organisme ini memiliki berbagai spesies, sehingga metabolisme setiap spesies pun sangat berbeda.

Ciri-ciri Organisme Prokariotik

Berikut ini adalah ciri-ciri organisme prokariotik lengkap;

  1. Merupakan organisme uniseluler (bersel tunggal).
  2. Tidak memiliki membran inti
  3. Hidup bebas di alam sebagai parasit dan saprofit.
  4. Tidak memiliki klorofil.
  5. Merupakan makhluk hidup mikroskopis.
  6. Memiliki metabolisme aerob dan anaerob
  7. Makhluk hidup paling primitif.
  8. Memperbanyak diridengan pembelahan biner.
  9. Memiliki kromosom tunggal.
  10. Memiliki sitoplasma dengan eukariota.
  11. Peptidoglikan menyusun dinding sel.
  12. Mampu bertahan di cuaca eksteem

Prokariota mampu berdiversifikasi besar-besaran meski dengan waktu yang sangat lama. Prokariotik mampu bertahan di lingkungan apapun di permukaan bumi. Beberapa diantaranya adalah menggunakan hasil dari fofosintesis atau senyawa organik sebagai sumber energi. Selian itu, prokariotik juga mendapat energi dari senyawa anorganik. Hal inilah yang membuat organisme ini mampu bertahan di cuaca ekstreem seperti di kutub, antartika, dan sumber air panas sekalipun.

Prokariotik merupakan organisme bersel tunggal yang merupakan bentuk paling awal dari makhluk hidup. Dengan kata lain, organisme prokariotik merupakan makhluk hidup paling primitif yang hidup di permukaan bumi. Keberadaannya jauh sebelum manusia diturunkan dibumi. Ratusan juta tahun yang lalu sebelum manusia hidup di bumi, diperkirakan sudah hidup organisme prokarotik seperti protozoa.

Perbedaan yang sangat mencolok dari makhluk hidup prokariotik dengan makhluk hidup eukariotik adalah tidak adanya membran inti dalam organisme prokariotik. Akan tetapi prokariotik memiliki informasi genetik di dalam lingkaran sirkuler yang disebut plasmid. Selain itu, organisme prokariotik tidak memiliki klorofil, dan sebagian besar hidup bebas dan hidup sebagai parasit pada makhluk hidup lain. Terdapat kelompok tertentu dari organisme prokariotik yang bersifat komoplosit, yang mampu hidup diberbagai tempat dengan kondisi lingkungan yang sangat ekstreem.

Nah, dari beberapa penjelasan di atas dapat kita pahami mengenai organisme prokariotik. Demikianlah 12 Ciri-ciri Organisme Prokariotik dan Penjelasannya !!. Sekian yang dapat mimin sampaikan pada artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi. Terimakasih telah membaca, jangan lupa share ya 😀

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.