14 Ciri-ciri Angiospermae (Tumbuhan Berbiji Tertutup) Lengkap

14 Ciri-ciri Angiospermae (Tumbuhan Berbiji Tertutup) Lengkap

Pengertian Angiospermae

Dalam ilmu biologi kita mengenal dua jenis tumbuhan berbiji, yaitu tumbuhan berbiji terbuka, dan tumbuhan berbiji tertutup. Dalam kesempatan kali ini, mimin akan membahas tumbuhan berbiji tertutup yang sering disebut Angiospermae. Angiospermae merupakan tumbuhan berbiji (Spermatophyta). Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) berasal dari kata angio = bunga dan spermae = tumbuhan berbiji. Tumbuhan ini memiliki bunga yang sesungguhnya yang terdiri dari mahkota bunga, kelopak bunga, putik, dan benang sari.

Tumbuhan ini sudah memiliki megasporofil sehungga dapat membentuk daun buah sehingga serbuk sari menembuh daun buah yang membentuk bakal biji yang kemudian melakukan pembuahan di ovum. Tumbuhan angiospermae memiliki bunga yang menjadi alat reproduksi gerenatif. Bunga. Daun buah yang terdapat pada tumbuhan berbiji tertutup berfungsi melindungi biji supaya tidak mengalami kekeringan. Struktur tubuh angiospermae sudah lengkap dan meliputi akar, batang, daun, dan bunga. Ukuran batang tumbuhan angiospermae berdeda-beda, ada yang berukuran sangat kecil seperti Wolfia yang merupakan genus tanaman berbunga terkecil di dunia, dan ada yang berukuran sangat besar dan tinggi seperti pohon gom yang biasanya diambil getahnya. Buah mangga, melon, semangka, jeruk merupakan beberapa contoh tumbuhan benbiji tertutup. Biasanya buah berdaging tebal. Namun ada bebarapa tumbuhan berbii tertutup yang memiliki kulit yang tipis seperti kacang-kacangan.

15 Ciri-ciri Angiospermae (Tumbuhan Berbiji Tertutup) Lengkap
Tumbuhan biji tertutup memiliki jumlah spesies lebih banyak dibandingkan dengan tumbuhan berbiji terbuka.  Tumbuhan kelompok angiospermae memiliki lebih banyak species karena tanaman gymnospermae (Tumbuhan berbiji terbuka) hanya tumbuh pada kondisi lingkungan tertentu, sedangkan tumbuhan angiospermae dapat tumbuh di berbagai kondisi alam dan kebanyakan berumah 1 sehingga memungkinkan untuk terjadi persilangan yang menghasilkan varian baru dalam 1 species.

 

14 Ciri-ciri  Angiospermae (Tumbuhan Berbiji Tertutup)

  1. Tumbuhan angiospermae memiliki bunga sejati

    Bunga atau kembang adalah struktur reproduksi tunggal pada tumbuhan berbunga. Pada bunga terdapat organ reproduksi yang merupakan(benang sari dan putik). Fungsi bunga adalah sebagai wadah menyatunya gamet jantan dan gamet betina untuk mengahasilkan biji. Gamet jantan disebut mikrospora, dan gamet betina disebut makrospora. Proses tersebut dimulai dari penyerbukan, kemudian pembuahan, dan pembentukan biji.

  2. Biji dilindungi oleh bakal buah

    Angiospermae merupakan tumbuhan berbiji yang mengalami pembuahan ganda. Setelah mengalami pembuahan ganda bakal biji akan akan berubah menjadi bakal biji yang sesungguhnya. Kemudian biji akan menjadi bakal buah, yang kemudian bakal buah akan menjadi buah. Buah tersebut yang akan melindungi biji. Buah mulai berkembang saat terjadi penyerbukan. Penyerbukan merangsang perubahan hormon yang menyebabkan buah berkembang.

  3. Daun buah berdaging tebal

    Tumbuhan angiospermar memiliki daun buah yang berdaging tebal. Daun buah, karpelum, atau karpela merupakan satuan penyusun alat kelamin betina, alias putik, pada bunga yang dimiliki tumbuhan angiospermae. Setangkai putik dapat tersusun dari satu daun buah atau beberapa daun buah yang melekat satu sama lain.

  4. Tubuh terdiri dari akar, batang, daun, dan bunga

    Tubuh tumbuhan angiospermae terdiri dari akar, batang, daun, dan bunga. Artinya angiospermae memiliki struktur tubuh yang lengkap. Akar berfungsi untuk menopang pertumbuhan batang. Akar berperan penting dalam penyerapan air dan garam mineral yang berada di dalam tanah. Batang pada tumbuhan angiospermae berfungsi tumpuan bagi organ tumbuhan yang lainnya. Batang juga berfungsi sebagai alat transportasi zat-zat makanan yang berasal dari akar.

  5. Bunga terdiri kelopak, mahkota, benang sari dan putik

    Bunga pada tumbuhan angiospermae terdiri dari Kelopak bunga yang merupakan bagian bunga paling luar yang menyelimuti mahkota ketika masih kuncup.Fungsi dari kelopak bunga adalah melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup dan akan terbuka jika mahkota mekar. Kelopak bunga biasanya warna dan bentuknya menyerupai daun. Mahkota bunga berfungsi membantu proses reproduksi pada tumbuhan. Fungsi utama dari benang sari adalah untuk menghasilkan serbuk sari sebagai rumah gamet jantan, atau sel kelamin, yang diperlukan untuk reproduksi.  Dan putik berfungsi sebagi alat kelamin betina pada bunga, putik sendiri tersusun atas daun-daun yang telah melalui metamorfosis. Putik juga merupakan bagian dari sel telur, bagian itu dinamakan bakal biji (ovulum), bagian lain dari putik yang didalamnya terdapat bakal biji disebut dengan bakal buah (ovarium) yang akan berubah menjadi buah (fructus).

  6. Bentuk dan ukuran tubuh berbeda-beda

    Ukuran batang tumbuhan angiospermae berdeda-beda, ada yang berukuran sangat kecil seperti Wolfia yang merupakan genus tanaman berbunga terkecil di dunia, dan ada yang berukuran sangat besar dan tinggi seperti pohon gom yang biasanya diambil getahnya. 

  7. Memiliki akar tunggang dan serabut

    Salah satu contoh tumbuhan angiospermae yang berakar tunggang adalah pohon mangga. Pohon mangga memiliki akar tunggang yang bercabang-cabang sehingga bisa mencapai lebih dari satu meter panjangnya. Contoh tumbuhan angiospermae yang memiliki akar serabut adalah adalah anggreak.

  8. Bentuk tulang daun bervariasi

    Tumbuhan angiospermae memiliki bentuk tulang daun yang bervariasi, ada yang menyirip, lurus, dan menjari. Contoh tumbuhan yang bertulang daun menyirip adalah daun mangga, daun jambu biji, daun jambu air, daun ketapang, dan lain-lain. Yang bertulang daun lurus seperti tebu, daun kelapa, daun nanas, dan lain-lain. Dan yang bertulang daun menjari adalah daun singkong, daun pepaya, dan daun melon.

  9. Reproduksi secara generatif dan vegetatif

    Organ reproduksi generatif pada tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae) adalah buanga sejati yang terdiri dari kelopak bunga, mahkota (penghias bunga), benang sari (alat kelamin jantan), dan putik (alat kelamin betina).Contoh tumbuhan berbiji tertutup yaitu bunga sepatu.
    Reproduksi secara vegetatifnya membutuhkan akar, batang, dan daun.

  10. Batang berkambium dan tidak berkambium

    Contoh tumbuhan angiospermae yang berkambium adalah pohon mangga, jambu, mahoni, dan lain-lain. Dan contoh tumbuhan angiospermae yang tidak berkambium adalah pohon pepaya, pohon jagung, pohon tebu, dan lain-lain.

  11. Makroskopik membentuk putik

    Makroskopik merupakan gamet betina yang kemudian membentuk puti yang menjadi alat kelamin betina yang terdapat pada bunga. Putik kemdian membentuk bakal biji di dalamnya.

  12. Terjadinya pembuahan ganda

    Pembuahan ganda adalah proses yang terjadi pada pembentukan biji tumbuhan angiospermae (berbiji tertutup). Contohnya pohon mangga, jeruk, semangka, dll. Disebut pembuahan ganda karena terjadi dua pembuahan pada proses pembentukan biji. Pembuahan pertama menghasilkan zigot dan pembuahan kedua menghasilkan endosperma (cadangan makanan).

  13. Pembuluh Xylem terdiri dari trakea dan trakeida

    Jaringan xylem merupakan jaringan dewasa yang sangat kompleks dan terdiri dari berbagai maca sel.
    Trakea merupakan pembuluh yang tidak dimiliki tumbuhan paku dan tumbuhan bijiterbuka. sedangkan trakeida adalah pembuluh yang lebih kecil dari trakea.

  14. Makroskofil dan mikrosporofil terpisah dan bersatu

    Pada tumbuhan biji terbuka (angiospermae) ada yang mempunyai makrosporofil (gamet betina) dan mikrosporofil (gamet jantan) terpisah. Namun adapula makrosporofil dan mikrosporofil bersatu.

Dari beberapa ciri-ciri diatas, kita dapat dengan mudah menidentifikasi yang mana yang termasuk tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae) dan yang mana yangtermasuk tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae). Jumlah angiospermae yang tumbuh di belahan bumi sangat banyak, karena tumbuhan tersebut mampu hidup dalam kondisi apapu. Tumbuhan angiospermae dapat di temukan di belahan manapun.

Nah, demikianlah 14 Ciri-ciri Angiospermae (Tumbuhan Berbiji Tertutup) Lengkap. Sekian yang dapat mimin sampaikan melaui artikel ini, semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi yang anda butuhkan. Dan terimakasih telah membaca.

BACA JUGA :

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.