16 Ciri-ciri Budaya Politik Partisipan Beserta Contohnya

Pengertian Budaya Politik Partisipan

 Budaya politik di Indonesia sering kali menjadi salah suatu pembahasan yang tidak akan pernah ada habisnya, mengingat masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, ras, dan budaya yang tentunya memiliki budaya politik yang sudah pasti berbeda, dalam kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai budaya politik  partisipan, sebelum membicarakannya lebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui pengertiannya secara umum. Berikut ini adalah pengertian budaya politik.

Budaya politik merupakan pola perilaku suatu masyarakat dalam kehidupan bernegara, penyelenggaraan administrasi negara, politik pemerintahan, hukum, norma kebiasaan yang dihayati oleh seluruh anggota masyarakat setiap harinya. Budaya politik juga dapat di artikan sebagai suatu sistem nilai bersama suatu masyarakat yang memiliki kesadaran untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan kolektif dan penentuan kebijakan publik untuk masyarakat seluruhnya.(Wikipedia). Nah, sekarang Anda sudah mengetahui apa itu budaya politik.  Lantas apakah pengetian budaya politik partisipan? perhatikan pernyataan berikut.

gedung-utama-nusantara

 Budaya politik partisipan adalah budaya politik yang ditandai dengan kesadaran masyarakat yang tinggi. Masyarakat yang memliki budaya politik partisipan ini cenderung aktif dalam berbagai macam kegiatan politik di Indonesia. Mereka mempunyai pemahaman yang cukup luas mengenai perpolitikan di Indonesia.

Sedangkan menurut Miriam Budiardjo, dalam bukunya yang berjudul “Dasar-dasar ilmu Politik” menyebutkan bahwa partisipasi politik adalah kegiatan seseorang dalam partai politik. Partisipasi politik meliputi semua aktivitas seseorang untuk turut serta didalam proses pemilihan pemimpin-pemimpin dan turut serta secara langsung atau tidak langsung dalam penetapan kebijakan umum, serta penetapan kebijakan pembangunan nasional

Pembangunan nasional hakikatnya merupakan pembangunan masyarakat Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu peningkatan partisipasi rakyat dalam pembangunan nasional mutlak diperlukan. Untuk mencapai sarana ini, diperluikian wadah penyaluran aspirasi rakyat sehingga dapat menyalurkan gagasan dan prakarsanya dalam pembangunan nasional. Organisasi sosial politik dan kemasyarakatan merupakan sarana untuk menyalurkan pendapt, aspirasi dan dukungan terhadap program pembangunan yang sedang dijalankan. Selain itu organisasi ini diharapkan pula dapat menjadi media yang handal bagi proses pembinaan rakyat sebagai warga Negara yang baik.

16 Ciri-ciri Budaya Politik Partisipan

Berikut ini adalah ciri-ciri budaya politik partisipan yang ada di Indonesia

  1. Masyarakat memiliki kesadaran politik yang sangat tinggi.
  2. Masyarakat cukup peka dalam memahami isu-isu politik yang beredar di masyarakat.
  3. Masyarakat sadar bahwa kewajibannya sebagai warga negara harus dilaksanakan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.
  4. Masyarakat memiliki rasa tenggang rasa yang sangat tinggi, menerima berdasarkan kesadaran dan mampu menolak melalui penilaian yang objektif.
  5. Masyarakat berperan aktif dalam berbagai macam kegiatan politik.
  6. Masyarakat cukup disiplin dalam menjalankan kegiatan-kegiatan politik.
  7. Pengetahuan masyarakat tentang sistem politik sangat tinggi.
  8. Masyarakat aktif dalam mengontrol isu negatif yang dapat memecah belah kesatuan negara.
  9. Masyarakat berperan aktif dalam memberikan kritik yang membangun terhadap pemerintah.
  10. Pemerintah tidak dapat mengekang hak individu karena demokrasi sangat berjalan sesuai dengan semestinya. 
  11. Menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum
  12. Menciptakan disiplin dalam segala aspek kehidupan
  13. Berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pembangunan.
  14. Menggunakan hak pilih dalam pemilihan pemimpin dengan sebaik-baiknya.
  15. Bermusyaewarah untuk menyelesaikan segala permasalahan.
  16. Taat dan patuh pada aturan yang berlaku.

Pemilu

Contoh Budaya Politik Partisipan

  1. Masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya paksaan. seperti pada saat memilih presiden (pilpres)
  2. Berupaya mempengaruhi keputusan pemerintah dalam berbagi persoalan-persoalan yang meyangkut sebagian besar orang sehingga mampu mempercepat pembangunan di daerah. Seperti aspirasi masyarakat yang meminta terhadap pemerintah untuk membangun infrastruktur yang berada di desanya supaya tidak tertinggal oleh kehidupan modern di kota.
  3. Masyarakat ikut serta memberikan kritik yang dapat memperbaiki masalah ,dan tidak memberikan kritik yang menjatuhkan bahkan menghina pemerintah.
  4. Para politisi bergerak aktif dalam mempengaruhi proses pemilihan suara seperti yang dilakukan dalam kampanye sebelum pemilihan umum.
  5. Ada beberapa warga masyarakat yang beregrak aktif dalam mencari dukungan untuk calon pemimpin tertentu.

Partisipan, yaitu orang yang ikut berpartisipasi dalam suatu kegiatan . budaya politik dalam suatu masyarakat tidak lahir dengan sendirinya. Orientasi pendidikan politik yang melahirkan kesadaran dan partisipasi politik tentu iikut mewarnai budaya politik yang lahir. Oleh karena itu, rangkaian budaya poloitik lebih baik menuju ke tingkat yang mapan, yaitu budaya partisipasi yang sesuai dengan etika dan norma-norma dalam masyarakat suatu Negara.

Setiap warga negara mempunyai peran yang sangat vital dalam membangun budaya politik yang baik di negaranya. Kita semua juga memmpunyai peranan yang mampu memajukan negeri kita tercinta, semua itu dapat diwujudkan mulai dari diri sendiri, lingkungan, sekolah, hingga bermasyarakat dalam suatu negara.
Nah, demikianlah 10 Ciri-ciri Budaya Politik Partisipan Beserta Contohnya Lengakap, sekian yang dapat mimin sampaikan semoga bermanfaat.

BACA JUGA :

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.