5 Contoh Paragraf Deduktif Lengkap Beserta Penjelasanya

Contoh Paragraf Deduktif

Pengertian Paragraf Deduktif

Dalam mempelajari bahasa maupun kalimat kita mengenal dengan kalimat induktif dan deduktif, mungkin bagi sobat sudah tidak asing lagi dengan paragraf tersebut. Namun bagi yang belum memahami apa yang dinamakan paragraf induktif dan deduktif berikut akan mimin paparkan pengertian paragraf deduktif dan contohnya lengkap beserta penjelasanya. Untuk paragraf induktif sudah mimin jelaskan di postingan sebelumnya.

 Paragraf deduktif adalah paragraf yang dimulai yang  menempatkan persoalan pokok atau kalimat utama diawal paragraf kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas. Untuk mempermudah dalam memahami sebuah paragraf deduktif kita bisa melihat contohnya yang akan kami berikan berikut ini.

5 Contoh Paragraf Deduktif Lengkap Beserta Penjelasanya

1.

Bulan April  ini petani di Grobogan mengalami gagal panen. Hal ini desebabkan cuaca yang sangat tidak menentu. Selain itu hama wereng juga mengganggu pertumbuhan padi. Curah hujan yang sangat tinggi membuat sawah petani banjir akibatnya tanaman padi yang masih pendek menjadi tergenang dan membusuk. Kanal ynag di buat disekitar sawah petani juga mengalami penyumbatan, sehingga area persawahan mengalami kebanjiran dimaana-mana

Penjelasan : paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di depan paragraf, dalam contoh tersebut adalah ” Bulan April  ini petani di Grobogan mengalami gagal panen” yang kemudian dilanjutkan kalimat penjelas yang menjelaskan penyebab petani di grobogan gagal panen.

 

2.

Ada beberapa penyebab siswa tidak menyukai mata pelajaran bahasa Indonesia. Pertama, metode pengajaran yang digunakan guru tidak menarik. Kedua, anak merasa bosan dengan mata pelajaran bahasa indonesia. Ketiga, guru tidak menguasai materi bahasa indonesia. Keempat, bahasa yang digunakan oleh guru cenderung sulit dipahami para siswa.

Penjelasan : Dalam paragraf tersebut yang menjadi kalimat utama adalah “Ada beberapa penyebab siswa tidak menyukai mata pelajaran bahasa Indonesia” yang kemudian menjadi inti yang dijabarkan dengan kalimat selanjutnya.

 

3.

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan Sumber daya alam. Contohnya di pulau Sumatra terdiri dari suku batak, suku minang , suku aceh, suku melayu dan lain-lain sebagainya yang masing-masing memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Tidak hanya dipulau Sumatra saja, bahkan di pulau Jawa juga terdapat suku jawa, sunda, betawi badui, dansuku-suku lainya. Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Bali Papua, dan pulau-pulau lainnya juga terdapat bermacam-macam suku dengan kebudayaannya masing-masing.

Penjelasan : dalam paragraf tersebut yang menjadi kalimat utama adalah “Indonesia merupakan Negara yang kaya akan  suku dan Sumber daya alam” yang kemudian dilanjutkan dengan kalimat-kalimat yang menjelaskan tentang kekayaan indonesia.

 

4.

Pada masa sekarang ini banyak rumah sakit dibangun, baik itu rumah sakit negeri maupun swasta. Semarak berdirinya rumah sakit tersebut diperkirakan karena adanya izin pendirian rumah sakit yang relatif mudah. Rumah sakit negeri di daerah tertinggal mempunyai jumlah yang jauh lebih banyak dibandingkan swasta. Hal tersebut dapat dinalar karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi, misalnya faktor finansial, sosial, asal-muasal adanya dokter, dan masih banyak lagi.

Penjelasan :dalam paragraf tersebut yang menjadi kalimat utama adalah “Pada masa sekarang ini banyak rumah sakit dibangun, baik itu rumah sakit negeri maupun swasta” yang menjadi pembahasan di paragraf selanjutnya.

 

5.

Ada beberapa penyebab kemacetan di Jakarta. Pertama, jumlah kendaraan yang sangat banyak tidak seimbang dengan luasnya jalan. Kedua, kedisiplinan pengendara kendaraan sangat minim. Ketiga, banyak tempat yang memunculkan gangguan lalu lintas, misalnya pasar, perlintasan rel kereta api, pedagang kaki lima, halte yang tidak difungsikan, banjir, dan sebagainya. Keempat, kurang tegasnya petugas yang berwenang dalam mengatur lalu lintas serta menindak para pelanggar lalu lintas.

Penjelasan :  Pada paragraf tersebut yang menjadi kalimat utama adalah “Ada beberapa penyebab kemacetan di Jakarta” yang kemudian dijelaskan bebrapa hal yang menyebabkan kemacetan dijakarta.

 

Demikianlah 5 Contoh Paragraf Deduktif Lengkap Beserta Penjelasanya yang sangat mudah untuk dipahami, jika ada yang belum jelas mohon di tulis di kolom komentar, akan mimin jelaskan sejelas-jelasnya, Sekian dari semoga bermanfaat.

BACA JUGA :

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.