7 Asal Mula Terjadinya Negara Secara Faktual !!

7 Asal Mula Terjadinya Negara Secara Faktual !!

Terjadinya negara secara faktual

Mengakujenius.com – Suatu negara memiliki aturan tersendiri dalam mengatur dan mengurus segala urusan di negaranya. Pada kesempatan kali ini kami akan membehas mengenai asal mula terjadinya negara, dan bagaimana suatu negara dapat terbentuk. Sebelum kita membahsnya lebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui penjelasan berikut ini.

Pengertian negara 

Negara adalah sekumpulan orang (masyarakat) yang menempati wilayah tertentu di belahan bumi dan diorganisasi (diatur) oleh pemerintah negara yang sah, yang umumnya memiliki kedaulatan. Negara juga merupakan suatu wilayah yang memiliki suatu sistem atau aturan yang berlaku bagi semua individu di wilayah tersebut, dan berdiri secara independent.

Nah, dari pengertian di atas kita dapat mengetahui pengertian negara secara umum. Berikut ini adalah terbentuknya negara secara faktual

Terjadinya Negara Secara Faktual

Cara ini menggunakan fakta nyata yang dapat diketahui melalui sejarah lahirnya negara tersebut. Terjadinya negara dapat digolongkan ke dalam beberapa istilah seperti berikut ini.

  1. Occupati (Pendudukan)

    Suku atau kelompok tertentu menduduki dan menguasai suatu daerah atau wilayah yang tidak bertuan dan belum dikuasai negara manapun. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor/asal mula terjadinya negara. Contoh = Liberia diduduki oleh budak-budak negro dan di merdekakan pada tahun 1947.

  2. Cessie (Penyerahan)

    Cassie/ penyarahan terjadi ketika suatu wilayah disetrahkan kepada negara lain berdasarkan suatu perjanjian tertentu. Contoh = wilayah schelswig diserahkan oleh austria kepada prusia (Jerman) karena ada perjanjian bahwa negara yang kalah perang harus memberikan negara yang dikuasainya pada negara yang memenangkan peperangan.

  3. Acessie (Penaikan)

    Hal ini terjadi karena terbentuknya suatu wilayah akibat penaikan lumpur sungai atau timbul dari dasar laut (delta). Wilayah tersebut dihuni oleh sekelompok orang sehingga terbentukla negara. Contoh wilayah mesir yang terbentuk dari delta sungai nil.

  4. Fusi (Peleburan)

    Beberapa negara mengadakan peleburan (fusi) dan membentuk satu negara baru. Contoh = bersatunya negara Jerman Barat dan Jerman Timur pada tahun 1990.

  5. Proklamasi

    Hal ini terjadi ketika penduduk pribumi suatu wilayah yang diduduki oleh bangsa lain mengadakan perjuangan (perlawanan) dan berhasil merebut wilayahnya kembali serta ingin menyataka kemerdekaannya. Contoh = Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  6. Innovation (pembentukan baru)

    Munculnya suatu negara baru di atas wilayah suatu negara yang pecah dan lenyap karena suatu hal. Contoh =lenyapnya negara Uni Soviet. Di wilayah negara tersebut muncul wilayah-wilayah negara baru seperti uzbekistan, Rusia, Checknya.

  7. Anexatie (Penguasaan)

    Suatu negara berdiri disuatu wilayah yang dikuasai oleh bangsa lain tanpa reaksi berarti. Contoh = negara Israel terbentuk dengan menguasai daerah Palestina, Suriah, Yordania, dan Mesir.

Nah, dari penjelasan di atas kita dapat memahami tentang bagaimana terjadinya negara secara faktual. Demikianlah 7 Asal Mula Terjadinya Negara Secara Faktual !!. Sekian yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya 😀

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.