7 Pengertian Demokrasi Menurut Ahli dan Penjelasannya

7 Pengertian Demokrasi Menurut Ahli dan Penjelasannya

Kata demokrasi dalam sistem politik memiliki makna umum. Makna umum tersebut antara lain adanya perlindungan hak asasi manusia, menjunjung tinggi hukum negara, tunduk terhadap kemauan rakyat, adanya pengakuan terhadap persamaan dan perbedan antara masyarakat warga negara, adanya perlindungan terhadap kelompok-kelompok minoritas, dan supremasi sipil atas militer. sebuah sistem politik demokrasi dikatakan kuat apabila bersumber pada kehendak rakyat dan bertujuan untuk mencapai kebaikan atau kemaslahatan bersama. Dengan demikian demokrasi selalu berkaitan dengan persoalan perwakilan kehendak rakyat.

Sedangkan paham demokrasi yang memberikan penekanan pada pemerintahan rakyat mengandung arti bahwa kekuasaan tertinggi dipegang oleh rakyat. Dengan demikian dapat dipahami bahwa istilah demokrasi bertolak pada suatu pola pikir bahwa manusia diperlakukan dan ditempatkan sesuai dengan pendapat individu dihargai dan mereka diberikan hak untuk menyampaikan keinginan, aspirasi, pendapatnya. Salah satu Hak Asasi Manusia adalah kebebasan untuk mengejar kebebasan dan keadilan yang dilandasi keinginan ide atau gagasan dalam budaya demokrasi suatu bangsa.

7 Pengertian Demokrasi Menurut Ahli

Pengertian Demokrasi

Secara etimologis demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu “demokratia” yang terdiri dari dua kata yaitu “demos” yang artinya rakyat dan “kratos/kratein” yang artinya kekuatan atau pemerintahan. Secara harfiah demokrasi berarti kekuatan rakyat atau suatu bentuk pemerintahan negara dengan rakyat sebagai pemegang kedaulatannya. Melaui konteks budaya demokrasi, nilai-nilai, dan norma-norma yang menjadi panutan dapat diterapkan dalam praktik kehidupan demokratis yang tidak hanya dalam pengertian politik saja tetapi juda dalam berbagai bidang kehidupan. Mohammad Hatta sebagi wakil presiden pertama di Indonesia, menyebut demokrasi sebagi sebuah pergantian atau pergeseran kedaulatan raja menjadi kedaulatan rakyat.

Istilah-istilah demokrasi tersebut banyak dikaji oleh para ahli. Meskipun terdapat perbedaan, namun pada dasarnya pandangan-pandangan para ahli itu mempunyai kesamaan prinsip. Berikut ini  adalah pandangan demokrasi menurut para ahli.

  1. Abraham Lincoln (Presiden america ke-16)
    Menurut Abraham Lincoln, demokrasi adalah pemerintahan suatu negara yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.
    Abraham Lincoln adalah seorang presiden Amerika Serikat yang keenambelas. Dalam definisinya mengenai demokrasi ini, kita bisa melihat konsep bagaimana arti demokrasi di mata Abraham Lincoln. Berikut ini adalah penjelasannya.
    Dari rakyat, artinya bahwa suatu negara terbentuk karena adanya kekuasaan pemerintahan yang diberikan dari rakyat. Unsur dalam negara yang paling pokok adalah rakyat, karena semua hasil pemikirannya adalah dari rakyat. Dan perlu diingat pula, dalam suatu sistem demokrasi, pemerintah mendapatkan kekuasaan yang berasal dari rakyat.
    Oleh rakyat, artinya bahwa dalam penyelenggaraan negara, rakyat harus diikutsertakan. Karena rakyat telah mendapatkan kekuasaan terbesar dalam posisi di negaranya, maka rakyat harus bertanggungjawab atas segala fasilitas yang disediakan pemerintah; masyarakat harus ikut menjaga ketertiban dan ketenteraman masyarakat lainnya di negara tersebut.
    Untuk rakyat, artinya bahwa segala ketertiban dan ketenteraman yang dipelopori oleh masyarakat itu pada akhirnya akan menjadi hadiah bagi rakyat itu sendiri. Karena itulah, dalam membantu menjaga ketertiban rakyat harus mengingat bahwa semua itu adalah untuk diri rakyat sendiri.
  2. Giovani Sartori
    Demokrasi dipandang sebagi suatu sistem dimana tidak seorang pun dapat memilih dirinya sendiri, tidak seorang pun dapat mengidentifikasikan dirinya dengan kekuasaanya, kemudian tidak dapat juga untuk merebut dari kekuasaan lain dengan cara-cara tak terbatas dan tanpa syarat.
  3. Sedney Hook
    Demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana keputusan-keputusan  pemerintah yang penting secara langsung atau tidak langsung didasarkan pada kesempatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat biasa.
  4. Crol C Gould
    Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yang didalamnya rakyat memerintah sendiri, baik melalui partisipasi langsung dalam merumuskan keputusan-keputusan yang mempengruhi mereka maupun dengan cara memilih wakil-wakil mereka.
  5. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
    Demokrasi berarti bentuk pemerintahan dimana segenap rakyat turut serta memerintah dengan peraturan wakilnya. Adapun arti lainnya demokrasi merupakan suatu gagasan atau pandangan hidup yang megutamakan persamaan-persamaan dan kewajiban, kebebasan serta perlakuan yang sama bagi semua warga negara.
  6. Ensiklopedi Populer Politik Pembangunan Pancasila
    Demokrasi adalah suatu pola pemerintahan yang pelaksanaan pemerintahannya bersumber pada mereka yang diperintah. Atau demokrasi adalah pola pemerintahan yang mengikut sertakan secara aktif semua anggota masyarakat dalam keputusan yang diambil oleh mereka yang berwenang.

Berdasarkan beberapa pengertian demokrasi di atas dapat ditarik keseimpulan bahwa demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan dimana kekuasaan atau kedaulatan ada di tangan rakyat. Dengan kata lain, rakyat dapat dilibatkan dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Selain itu dapat dipahami bahwa negara yang menganut sistem politik demokrasi senantiasa mengingat kehendak rakyat. Jadi semua tindakan dalam melakukan kekuasaan negara tidak bertentangan dengan kehendak dan kepentingan rakyat. Nah demikianlah 7 Pengertian Demokrasi Menurut Ahli dan Penjelasannya, sekian yang dapat mimin sampaikan semoga bermanfaat.

BACA JUGA :

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.