Contoh Frasa Endosentris Atributif dan Penjelasannya !!

Contoh Frasa Endosentris Atributif dan Penjelasannya !!

Mengakujenius.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai frasa endosentris atributif. Sebelumnya kita telah mempelajari mengenai seluk beluk frasa yang meliputi Frasa endosentris dan eksosentris. Artikel kali ini akan membahas mengenai contoh-contoh frasa endosentris atributif. Bagi teman teman yang belum mempelajarinya bisa terlebih dahulu memahami beberapa penjelasan berikut ini.

Pengertian Frasa

Frasa pada umumya didefinisikan sebagai satuan gramatikal yang berupa gabungan kata yang berupa non predikatif, atau lazim disebut sebagai gabungan kata yang mengisi salah satu fungsi sintaksis dalam kalimat. Frasa tidak memiliki makna baru, melainkan makna sintaktik atau makna gramatikal. Bedanya dengan kata majemuk yaitu sebagai komposisi yang memiliki makna baru atau memiliki satu makna.

Frasa merupakan gabungan dua kata atau lebih yang bersifat nonpredikatif atau lazim juga disebut gabungan kata yang mengisi salah satu fungsi sintaksis di dalam kalimat (Chaer, 2003:222). Sebagai tambahan, frasa juga didefinisikan sebagai satuan lingual yang merupakan gabungan sintaksis dua kata atau lebih, namun bukan konstruksi subjek-predikat atau klausa, karena frasa sangat berbeda dengan klausa. (Surono, 2014: 19). Frasa merupakan gabungan kata yang tidak memiliki predikat atau tidak memiliki kata kerja. Dalam frasa terdapat Unsur Inti dan Unsur Tambahan.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai frasa endosemtris dan frasa endosentris atributif.

20 Contoh Frasa Endosentris Atributif

Frasa Endosentris 

Frasa endosentris adalah frasa yang salah satu unsur atau komponennya memiliki perilaku sintaksis yang sama dengan keseluruhannya. Menurut Ramlan (1989) frasa endosentris adalah frasa yang mempunyai distribusi yang sama dengan unsur-unsurnya, baik sebagian maupun keseluruhan. Distribusi yang dimaksud di sini adalah kemampuan sebuah unsur dalam menggantikan kedudukan frasa. Nah, setelah mengetahui mengenai pengertian frasa dan frasa endosentris berikut ini adalah penjelasan mengenai frasa endosentris atributif dan contoh-contohnya.

Frasa Endosentris Atributif

Frasa endosentris atributif merupakan frasa yang terdiri atas unsur-unsur yang tidak setara. Oleh karena itu, frasa endosentris atributif ini tidak mempunyai potensi untuk dihubungkan dengan kata hubung dan atau atau (Oscar, 1993). Menurut Ba’dulu (2005:58), frasa endosentris atributif hanya mengandung sati inti, yang dapat didahului atau diikuti oleh medifikator. Baik inti maupun modifikator dapat terdiri dari salah satu kelas kata, seperti nomina, verba, , numeralia, ajektiv dan adverbia. Berikut ini adalah contoh dari farsa Endosentris Atributif.

1. Rumah mewah
2. Mobil baru 
3. Motor rusak
4. Bunga harum
5. Baju kotor
6. Lantai bersih
7. Kursi panas
8. Buah manis
9. Kamar gelap
10. Pantai sejuk
11. Baju merah
12. Jaket wangi
13. Kopi pahit
14. Taman indah
15. Buku bagus
16. Bola Bundar
17. Mangga busuk
18. Melati puith
19. Tas hitam
20. Gitar kusam

Berikut ini adalah contoh frasa endosentris atributif jika digunakan di dalam kalimat.

  1. “Ayah membeli rumah mewah di kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan”
    Keterangan = Frasa “rumah mewah” dalam kaimat di atas merupakan unsur-unsur yang tidak setara. Rumah adalah kata benda sedangkan mewah adalah kata sifat.
  2. “Kakak mengendarai mobil baru
    Keterangan = Frasa “mobil baru” dalam kalimat tersebut merupakan unsur-unsur yang tidak setara. mobil adalah kata benda dan baru adalah kata sifat
  3. “Pak Tono sedang memperbaiki mortor rusak
    Keterangan = Frasa “mobil rusak” dalam kalimat tersebut merupakan unsur-unsur tidak setara. Motor merupakan kata benda dan ruak merupakan kata sifat.
  4. “Arini sedang memetik bunga harum di taman”
    keterangan = Frasa “bunga harum” pada kalimat tersebut merupakan unsur-unsur tidak setara. Bunga adalah kata benda dan harum adalah kata sifat.
  5. “Ibu sedang mencuci baju kotor
    Keterangan = frasa “baju kotor” pada kalimat tersebut merupakan unsur-unsur tidak setara. Baju adalah kata benda dan kotor adalah kata sifat.
  6. “Kucing berlari-lari di atas lantai bersih
    Keterangan = frasa “lantai bersih” pada kalimat tersebut merupakan unsur-unsur tidak setara. Lantai adalah kata benda dan bersih adalah kata sifat.
  7. “Mereka duduk di atas kursi panas ini”
    Keterangan = frasa “kursi panas” pada kalimat di atas merupakan unsur-unsur tidak setara. Kursi adalah kata benda dan panas adalah kata sifat.
  8. “Kami melewati penjual buah-buahan manis ketika melintas di pasar”
    Keterangan = frasa “buah manis” pada kalimat di atas merupakan unsur-unsur tidak setara. Buah adalah kata benda dan manis adalah kata sifat.
  9. “Dia masih bersembunyi di dalam kamar gelapnya”
    Keterangan = frasa “kamar gelap” merupakan unsur tidak setara pda kalimat tersebut. Kamar adalag keterangan ruang sedangkan gelap adalah kata sifat.
  10. “Keluara Pak Somat berlibur ke pantai sejuk
    Keterangan = frasa “pantai sejuk” pada kalimat tersebut merupakan unsur-unsur tidak setara. Pantai adalah kata benda/tempat dan sejuk adalah kata sifat.
  11. “Saya suka kepada wanita yang nemakai baju merah itu”
    keterangan = frasa “baju merah” pada kalimat di atas merupakan unsur-unsur yang tidak setaraa. Baju adalah kata benda dan merah adalah kata sifat.
  12. “Paman memakai jaket wangi
    keterangan = frasa “jaket wangi” pada kalimat tersebut merupakan unsur-unsur yang tidak setara. Jaket adalah kata benda dan wangi adalah kata sifat.
  13. Kopi pahit di caffe harganya mahal”
    Keterangan = frasa “kopi pahit” pada kalimat tersebut merupakan unsur-unsur yang tidak setara. Kopi merupakan kata benda dan pahit merupakan kata sifat.
  14. “Aku dan kamu bertemu di taman indah
    Keterangan = frasa taman indah pada kalimat tersebut meruakan unsur yang tidak setara. taman merupakan keterangan tempat dan indah adalah kata sifat.
  15. “Joni membeli buku bagus di Gramedia”
    Keterangan = frasa “buku bagus” pada kalimat tersebut merupakan unsur yang tidak setara. Buku merupakan kata benda dan bagus adalah kata sifat.
  16. “Adik sedang bermain bola bundar di halaman rumah”
    Keterangan = frasa “bola bundar” pada kalimat tersebut merupakan unsur yang tidak setara. Bola adalah kata benda dan bundar adalah kata sifat.
  17. “Kakek sedang menyortir mangga busuk
    Keterangan =frasa “mangga busuk” padakalimat tersebut merupakan unsur yang tidak setara. Mangga adalah kata benda dan busuk adalah kata sifat.
  18. Melati putih di taman menyebarkan harum semerbak”
    Keterangan = frasa “melati putih” pada kalimat tersebut merupakan unsur yanng tidak setara. Melati adalah kata benda dan putih adalah kata sifat.
  19. “Nikita membeli tas hitam di Mall”
    Keterangan = frasa “tas hitam” pada kalimat tersebut merupakan unsur yang tidak setara. Tas adalah kata benda dan hitam adalah kata sifat.
  20. “Bang Iwan Fals sedang memainkan gitar kusamnya”
    Keterangan = frasa “gitar kusam” pada kalimat tersebut merupakan unsur yang tidak setara. Gitar merupakan kata benda dan kusam adalah kata sifat.

Nah, dari beberapa penjelasan di atas kita dpat mengetahui mengenai contoh frasa endosentris atributif. DAri berbagai contoh di atas kita dapat menyimpulkan bahwa frasa endosentris atributif terdiri dari unsur-unsur tidak setara. Demikianlah Contoh Frasa Endosentris Atributif dan Penjelasannya !!. Sekian yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini semoga dapat mebantu anda dalam memberiakn informasi secara akurat dan bermanfaat. Jangan lupa share ya 😀

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.