50 Contoh Kata Diftong dan Kata Bukan Diftong !!

50 Contoh Kata Diftong dan Kata Bukan Diftong !!

Gambar : Contoh kata diftong “Pantai”

Mengakujenius.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai kata diftong yang sering kali kita jumpai dalam percakapan sehari-hari. Pada dasarnya, tidak semua kata yang memiliki dua huruf vokal dalam suatu kata tidak dapat disebut sebagai kata diftong. Lantas yang bagaimanakah yang disebut sebagai kata dftong? Pada artikel ini mimin akan membahasnya sevcara ringan dan mudah dipahami. Namun sebelum kita membahasnya lebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa penjelasan berikut ini.

Pengertian Diftong

Diftong adalah dua vokal dalam satu kata yang di ucapkan sekaligus. Yang dimaksud sebagi dua vokal dalam satu kata disini merupakan vokal yang tidak di gabung buyinya. Diftong yang dieja dengan au, ai, dan oi dilafalkan sebagai bunyi vokal yang diikuti oleh bunyi konsonanluncuran atau  karena diftong bukanlah gabungan dua bunyi vokal. Istilah semi vokal yang kadang kadang dipakai untuk dan sudah menunjukan bahwa keduanya bukan vokal.

Contoh :

Coba bandingkanlah beda lafal au dan ai dalam kata “kemarau dan damai”.
Keterangan : (au dan ai disini menunjukan diftong)
Bandingkan dengan bunyi lafal dalam kata “mau dan menggulai”
Keterangan : (au dan ai disini melambangkan deret dua bunyi yang vokal/bukan diftong)

Nah, dari beberapa penjelasan di atas kita dapat mengetahui mengenai pengertian diftong dan bukan diftong. Untuk lebih mempertajam pemahaman anda mengenai diftong dan bukan diftong berikut ini adalah contohnya lengkap.

Contoh Kata Diftong dan Bukan Diftong

No. Kata Diftong Kata Bukan Diftong
1. Aula (au) Mau
2. Saudara (au) Tua
3. Pantai (ai) Lauk
4. Damai (ai) Buah
5. Beliau (au) Daur
6. Kemarau (au) Daun
7. Amboi (oi) Gaun
8. Parau (au) Semua
9. Galau (au) Mencintai
10. Pandai (ai) Tuan
11. Survei (ei) Kain
12. Santai (ai) Buang
13. lambai (ai) Ruang
14. Kerbau (au) Tuang
15. Koboi (oi) Koin
16. Lambai (ai) Sekian
17. Juntai (ai) Kemauan
18. Saudagar (au) Peluang
19. Pulau (au) Pejuang
20. Gontai (ai) Periang
21. Taufik (au) Laut
22. Boikot (oi) Paud
23. Ramai (ai) Daud
24. Terbuai (ai) Baut
25. Lauren (au) Fuad

Tidak semua kata yang memiliki gabungan dua vokal dapat disebut sebagai diftong. Dalam tabel tersebut misalnya, kita dapat menyimpulkan bahwa diftong dilafalkan sebagai bunyi vokal yang diikuti oleh buyni konsonan w dan y karena diftong bukanlah gabungan dua bunyi konsonan.

Nah, dari beberapa contoh di atas, kita dapat memahami tentang kata diftong dan kata bukan diftong. Demikianlah 50 Contoh Kata Diftong dan Kata Bukan Diftong !!. Sekian yang dapat mimin sampaikan pada artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi yang akurat dan bermanfaat. Jangan lupa share ya guys, jika ada yang belum jelas mengenai apa yang mimin sampaikan dapat meninggalkan pesan di kolom komentar, terimakasih 😀

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.