Macam-macam Besaran Turunan dan Penjelasannya !!

Macam-macam Besaran Turunan dan Penjelasannya !!

Gambar : Isaac Newton

Mengakujenius.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai besaran turunan dan amacam-amcamnya. Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mempelajarinya ketika duduk di bangku sekolah. Mengingat bahwa materi ini memang materi dasar yang dipelajari ketika duduk di bangku SMP. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara ringan dan mudah dipahami. Sebelum kita membahasnya lebih jauh alangkah baiknya kita mengetahui beberapa penjelasan berikut ini.

Pengertian Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan oleh besaran pokok. Diantara macam-macam besaran pokok adalah volume, massa jenis, kecepatan, percepatan, gaya, enegi, dan usaha. Berikut ini adalah penjabaran mengenai besaran turunan lengkap beserta rumus-rumusnya.

  1. Volume 

    Volume atau bisa juga disebut kapasitas adalah penghitungan seberapa banyak ruang yang bisa ditempati dalam suatu objek. Objek itu bisa berupa benda yang beraturan ataupun benda yang tidak beraturan. Benda yang beraturan misalnya kubus, balok, silinder, limas, kerucut, dan bola. Benda yang tidak beraturan misalnya batu yang ditemukan di jalan. Volume digunakan untuk menentukan massa jenis suatu benda.
    Satuan SI volume adalah m3. Satuan lain yang banyak dipakai adalah liter (=dm3) dan ml.

    • 1 m3 = 103 dm3 = 106 cm3
    • 1 dm3 = 1 l
    • 1 cm3 = 1 ml = 1 cc
  2. Massa Jenis

    Massa jenis adalah pengukuran massa setiap satuan volume benda. Dengan kata lain massa adalah berat suatu benda. Semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka semakin besar pula massa setiap volumenya. Massa jenis rata-rata setiap benda merupakan total massa dibagi dengan total volumenya. Sebuah benda yang memiliki massa jenis lebih tinggi (misalnya besi) akan memiliki volume yang lebih rendah daripada benda bermassa sama yang memiliki massa jenis lebih rendah (misalnya air).

    Satuan SI massa jenis adalah kilogram per meter kubik (kg·m−3)

    Massa jenis berfungsi untuk menentukan zat. Setiap zat memiliki massa jenis yang berbeda. Dan satu zat berapapun massanya berapapun volumenya akan memiliki massa jenis yang sama.

    Rumus untuk menentukan massa jenis adalah

    Keterangan :

    ρ adalah massa jenis,
    m adalah massa
    V adalah volume

    Satuan massa jenis dalam ‘CGS [centi-gram-sekon]’ adalah: gram per sentimeter kubik (g/cm3).

    1 g/cm3=1000 kg/m3

    Massa jenis air murni adalah 1 g/cm3 atau sama dengan 1000 kg/m3

    Selain karena angkanya yang mudah diingat dan mudah dipakai untuk menghitung, maka massa jenis air dipakai perbandingan untuk rumus ke-2 menghitung massa jenis, atau yang dinamakan ‘Massa Jenis Relatif’

    Rumus massa jenis relatif = Massa bahan / Massa air yang volumenya sama.

  3. Kecepatan

    Kecepatan adalah besaran vektor yang menunjukkan seberapa cepat benda berpindah. Besar dari vektor ini disebut dengan kelauan dan dinyatakan dalam satuan meter per sekon (m/s atau ms−1).

    Kecepatan biasa digunakan untuk merujuk pada kecepatan sesaat yang didefinisikan secara matematis sebagai:

    di mana  adalah kecepatan sesaat dan adalah perpindahan fungsi waktu.

    Selain kecepatan sesaat, dikenal juga besaran kecepatan rata-rata yang didefinisikan dalam rentang waktu yang tidak mendekati nol.


    Beberapa satuan kecepatan lainnya adalah:

    • Meter per detik dengan simbol m/s
    • Kilometer per jamdengan simbol km/jam atau kph
    • Mil per jam dengan simbol mil/jam atau mph

     

  4. Percepatan

    Dalam fisika, percepatan atau akselerasi adalah perubahan kecepatan dalam satuan waktu tertentu. Akselerasi sebuah objek disebabkan karena gaya yang bekerja pada objek tersebut, seperti yang dijelaskan dalam Hukum Kedua Newton. Satuan SI untuk akselerasi adalah meter per sekon kuadrat (m s2).

    Cara menghitung percepatan rata-rata

    Akselerasi adalah perubahan kecepatan. Pada titik manapun pada lintasan, besaran percepatan sama dengan perubahan kecepatan pada besaran dan arah pada titik tersebut. Akselerasi sebenarnya pada waktu tadalah limit sebagai interval waktu  Δt→ 0 dari Δv/Δt

    Percepatan rata-rata suatu objek untuk tiap waktu adalah perubahan kecepatan dibagi waktu . Secara matematis adalah

  5. Gaya 

    Gaya, di dalam ilmu fisika adalah interaksi apapun yang dapat menyebabkan sebuah benda bermassa ( memiliki berat) mengalami perubahan gerak, baik dalam bentuk arah, maupun konstruksi geometris. Dengan kata lain, sebuah gaya dapat menyebabkan sebuah objek dengan massa tertentu untuk mengubah kecepatannya (termasuk untuk bergerak dari keadaan diam), atau berakselerasi, atau untuk terdeformasi. Gaya memiliki besaran dan arah, sehingga merupakan kuantitas vektor. Satuan Si yang digunakan untuk mengukur gaya adalah Newton (dilambangkan dengan N). Gaya sendiri dilambangkan dengan simbol F.

    Simbol umum FF
    Satuan SI newton
    Dalam Satuan Dasar SI 1 kg.m/s2
    Turunan dari
    besaran lainnya
    F = m a
  6. Energi

    Energi merupakan kemampuan suatu benda untuk melakukan usaha(kerja) atau gerak. Dalam sistem internasional (SI), energi dinyatakan dalam satuan joule (J), sedangkan dalam cgs dinyatakan dengan erg. Berapa erg-kah 1 Joule itu? Satuan energi yang lain adalah kalori atau kilo kalori. Satuan kalori biasanya digunakan untuk menyatakan besar energi panas (kalor) dan energi kimia yang terkandung dalam makanan. 1 Joule = 0001 kJ 1 joule = 0,24 kalori 1 joule = 10-6MJ 1 joule = 6,5 x 1018eV 1 joule = 1 kgm2 /s

  7. Usaha 

    Usaha adalah suatu kegiatan yang menggunakan energi untuk memindahkan suatu benda, dari suatu tempat ke tempat lain.

    Rumus:

    Keterangan:

    • W = usaha (newton meter = joule)
    • F = gaya (newton)
    • s = perpindahan (jarak) —> (meter)

    Keterangan tambahan:

    • 1 N = 105 dyne
    • 1 m = 102 cm
    • 1 Nm = 107 dyne cm
    • 1 J = 107 erg
    • Nm = J
    • dyne cm = erg

Nah, dari beberapa penjelasan di atas kita dapat memahami mengani macam-macam besaran turunan. Demikianlah Macam-macam Besaran Turunan dan Penjelasannya !!. Sekian yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasiyang anda butuhkan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.