Macam-macam Tenaga Eksogen (Pelapukan, Erosi, Sedimentasi) !!

Macam-macam Tenaga Eksogen (Pelapukan, Erosi, Sedimentasi) !!

Mengakujenius.com – Pada kesempatan kali ini mimin akan membahs mengenai tenaga eksogen. Tenaga eksogen meliputi pelapukan, erosi, dan sedimentasi. Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mempelajarinya ketika duduk di bangku sekolah. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahasnya secara lebih dalam dan mudah dipahami. Namun sebelum kita membahasnya lebih jauh, alangakah baiknya kita mengetahui beberapa penjelasan berikut ini.

Pengertian Tenaga Eksogen

Tenaga eksogen merupakan tenaga yang berasal dari luar bumi. Tenaga eksogen dapat merubah bentuk permukaan bumi. Beberapa peristiwa yang terjadi merupakan hasil dari tenaga eksogen, seperti sedimentasi pada goa-goa, pengkikisan tanah, pelapukan, dan tebing yang terkikis angin sehingga mampu mengubah bentuk permukaan bumi.

Tenaga eksogen berasal dari tiga sumber utama, yaitu atmosfer, air , dan makhluk hidup. Sumber tenaga eksogen yang pertama adalah dari atmosfer yang meliputi perubahan cuaca, suhu, dan angin. Sumber tenaga eksogen yang kedua adalah air, yaitu berupa air hujan yang jatuh dari langit, ailran air, hempasan gelombang air laut, gletser, air sungai yang mengalir deras, air terjun, dan lain sebagainya. Sementara yang bersumber dari makhluk hidup dapat berupa jasad renik, makhluk hidup seperti tumbuhan, dan yang paling berpengaruh besar adalah manusia.

tenaga eksogen yang bersumber dari air dapat berupa air di permukaan laut, bagian litosfer yang muncul akan mengalami penggerusan oleh tenaga eksogen yaitu dengan jalan pelapukan, pengikisan dan pengangkutan, serta sedimentasi. Misalnya di permukaan laut muncul bukit hasil aktivitas tektonisme atau vulkanisme.Pada mulanya bukit dihancurkan melalui tenaga eksogen yang berupa pelapukan, kemudian puing-puing yang telah hancur diangkut oleh tenaga air, angin, gletser atau dengan hanya gravitasi bumi Hasil pengangkutan itu kemudian diendapkan, ditimbun di bagian lain yang akhirnya membentuk timbunan atau hamparan bantuan hancur dari yang kasar sampai yang halus.

Contoh lain dari tenaga eksogen adalah pengikisan pada pesisir pantai. Setiap saat air laut menerjang pantai yang akibatnya tanah dan batuannya terkikis dan terbawa oleh air sehingga mengakibatkan tanah yang berada di sekitar pantai akan mengalami pengikisan yang tidak dapat terkontrol. Tanah dan batuan yang dibawa air tersebut kemudian diendapkan dan menyebabkan pantai menjadi dangkal.

Nah, dari beberapa penjelasan di atas kita dapat mengetahui mengenai pengertian tenaga eksogen. Berikut ini kami akan menjelasnkan mengenai macam-macam eksogen dan contohnya.

  1. Pelapukan

    Pelapukan adalah proses penghancuran massa suatu benda karena faktor kimia, fisika, dan biologi menjadi tanah. Sejatinya pelapukan merupakan suatu proses alterasi dan fragsinasi batuan dan material tanah pada dan/atau dekat permukaan bumi yang disebabkan karena proses fisik, kimia dan biologi. Hasil dari pelapukan ini merupakan asal dari batuan sedimen dan tanah.
    Proses pelapukan akan menghancurkan bebatuan bahkan mineral yang terdapat di dalamnya juga akan larut yang kemudian diangkut oleh air yang menglir dan akhirnya bercampur di dalam tanah, sehingga dapat membentuk mineral baru. Inilah yang menjadi sebab di dalam tanah memiiki kandungan mineral yang berbeda-beda.
    Komposisi tanah memang berbeda-beda karena tidak bergantung pada batuan induk yang melapuk, akan tetapi dipengaruhi oleh alam, intensitas, dan lamanya pelapukan pada proses pembentukan tanah tersebut.

    Gambar : Peristiwa Pelapukan Kimia

    Secara umum terdapat tiga jenis pelapukan yaitu pelapukan fisik. kimiawi, dan biologis. Terkadang ketiga jenis pelapukan tersebut saling bekerja sama, namun terdapat salah satu dari mereka yang berperan lebih dominan. Salah satu proses yang paling dominan di alam sementa ini adalah proses pelapukan yang di pengaruhi oleh proses kimia.

    a. Pelapukan biologis

    Pelapukan biologis merupakan proses pelapukan yang disebabkan oleh makhluk hidup, contohnya disebabkan oleh tumbuhan lumut, jamur, bakteri, virus, dan makhluk hidup parasit lainnya.

    b. Pelapukan kimia

    Pelapukan kimia merupakan proses pelapukan yang sebabkan oleh bercampurnya suatu batuan dengan zat-zat kimia. Hal ini dapat meyebabkan pelapukan yang sangat cepat di bandingkan dengan pelapupan biologis dan fisika.

    c. Pelapukan Fisika

    Pelapukan fisika merupakan suatu proses pelapukan yang melibatkan oleh perubahan suhu, cuaca,iklim, angin dan lain-lain. Pada umumnya proses pelapukan fisik sering terjadi di alam semesta mengingat bahwa alam ini memiliki segala aktivitas di luar kendali makhluk hidup.

  2. Erosi

    Erosi adalah peristiwa pengikisan benda padat yang ada di alam semesta biasanya berupa sedimen, tanah, batuan, dan lain-lain akibat transportasi angin, air atau es, karakteristik hujan. Namun terdapat erosi yang disebabkan oleh makhluk hidup seperti hewan yang membuat kubangan di pinggir sungai, dan lain-lain. Erosi yang disebabkan oleh makhluk hidup adalah bio erosi.
    Erosi berbeda dengan pelapukan yang dapat disebabkan oleh cuaca, proses kimia dan fisika, erosi kebanyakan merupakan proses alami, namun terdapat erosinyang disebabkan oleh ulah manusia yang tidak bertanggng jawab seperti menebang hutan hingga gundul yang dapat meyebabkan erosi yang sangat parah, pertambangan yang tidak terkontrol dan merusak lingkungan, dan eksvansi lahan perkebunan maupun perladangan. Selain itu alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian dapat berpotensi besar mengalami erosi, dikarenakan tidak terdapat filtrasi yang berupa akar-akar bear yang dapat menahan laju air.

    Gambar : Peristiwa erosi

    Dampak dari erosi adalah menipisnya lapisan pemukaan tanah sehigga menyebabkan penurunnya kemampuan lahan karena mengalami degradasi lahan. Selain itu kemampuan tanah menyerap air menjadi menurun  . Penurunan kemampuan lahan meresapkan air ke dalam lapisan tanah akan meningkatkan limpasan air permukaan yang akan mengakibatkan banjir di sungai. Tidak hanya itu ,butiran-butiran tanah yang terangkut oleh aliran permukaan pada akhirnya akan mengendap di sungai  yang kemudian sedimentasi meninggi sehingga mengakibatkan pendangkalan sungai.
    erosi dlam jumlah tertentu merupakan kejadian alami dan sangat berpengaruh baik bgai ekosistem.  Namun jika erosi yang dalam jumlah besar dapat mengakibatkan bencana bagi makhluk hidup.

  3. Sedimentasi

    Sedimentasi adalah suatu proses pengendapan material yang di bawa oleh air, angin, es, dan elemen lainnya yang berada di alam semesta. Peristiwa sedimentasi yang paling mudah kita temukan di alam adlah delta yang terdpata dimulut-mulut sungai yang merupakan hasil dari proses pengendapan material-material yang diangkut oleh air. Contoh lain dari peristiwa pengendapan adalah terbentuknya bukit-bukit pasir yang terdapat di gurun pasir, hal ini dikarenakan material-material berupa pasir terangkut oleh arah angin.
    Secara umum, sedimentasi dapat dibedakan menjadi 3 yaitu
    a. Sedimentasi air

    Sedimentasi air adalah suatu pengendapan yang melibatkan air dalam prosesnya, seperti pengendapan yang terjadi di delta sungai.
    b. Sedimentasi angin
    Sedimentasi angin adalah pengendapan yang melibatkan angin dalam prosesnya, sedimentasi angin biasanya disebut sedimentasi aeolis
    c. Sedimentasi gletser
    Sedimentasi ggletser merupakan sedimentasi yang menghasilkan drumlin, moraine, ketles dan esker.


    Gambar : Sedimentasi sungai

    Sedimentasi merupakan proses pengendapan material secara gravitasi yang dapat terjadi di daratan, pantai maupun laut karena diangkut oleh media angi, air, maupun gletser. Hal tersebut dapat terjadi ketika pengikisan batuan hasil pelapukan terbawa oleh angin maupun air ke tempat yang dalam. Sedimentasi di dasar sungai dapat mengakibatkan pendangkalan sungai. Sedangkan seddimentasi di dasar laut yang terus menerus dapat mengakibatkan pendangkalan laut.

Nah, dari beberapa penjelasan di atas kita dapat mengetahui mengenai tenaga eksogen. Demikianlah Macam-macam Tenaga Eksogen (Pelapukan, Erosi, Sedimentasi) !!. Sekian yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share ya guys 😀

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.