Pengeluaran Pada Tumbuhan (Transpirasi, Gutasi, Perdarahan)

Pengeluaran Pada Tumbuhan (Transpirasi, Gutasi, Perdarahan)

Pengeluaran pada tumbuhan 1

Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai pengeluaran pada tumbuhan. Sejatinya, semua makhluk hidup melakukan proses eliminasi atau proses pengeluaran. Nah, pada artikel kali ini mimin akan membahasnya secara ringan dan mudah dipahami. Sebelum kita membhasnya lebih jauh, alangkah baiknya kita memahami beberapa penjelasan berikut ini.

Pengeluaran Pada Tumbuhan

Perlu kamu ketahui, bahwa tumbuhan tidak hanya mengambil, tetapi juga memberikan zat-zat pada lingkungannya. Tumbuhan tidak hanya menyarap, tetapi juga mengeluarkan zat ke lingkungannya. Pengeluaran zat oleh tumbuhan tersebut dinamakan eliminasi. Zat yang di keluarkan dalam peristiwa tersebut bermacam-macam dan dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu ;

  • Zat yang dikeluarkan sama seperti yang diserap, misalnya air pada peristiwa penguapan dan penetesan air.
  • Zat yang dikeluarkan merupakan hasil asimilasi, misalnya keluarnya madu dari kelenjar-kelenjar madu.
  • Zat yang dikeluarkan merupakan hasil peristiwa pembongkaran , misalnya CO2 dan H2O yang dikeluarkan pada saat proses pernapasan.

Proses pengeluaran pada tumbuhan dapat di bedakan emnajdi beberapa macam yang secara lebih akan dijelaskan sebagai berikut.

  1. Transpirasi

    Sebagai benda basah, tumbuhan melepaskan air ke udara. Peristiwa ini disebut penguapan, evaporasi, atau transpirasi. Penguapan air pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu penguapan kutikula , penguapan air dengan menembus diinding perifer dan lapisan kutikulanya; penguapan stomata, penguapan air melalui stomata; penguapan substomata, penguapan air melalui stomata dalam keadaan tertutup. Kegiatan transpirasi dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor dalam (internal) maupun faktor luar (eksternal). Faktor dalam yang mempengaruhi transpirasi antara lain lebar sempitnya daun, tebal atau tipisnya daun, dan ada tidaknya lapisan lilin pada permukaan daun. Sedangkan faktor luar yang mempengaruhi transpirasi antara lain, temperatut, kelembapan udara, tekanan udara, angin, dan keadaan tanah. Untuk pengukuran penguapan digunakan alat potometer atau alat porometer.

  2. Gutasi 

    Gutasi adalah proses pelepasan air dalam bentuk cair dari jaringan daun. Istilah gutasi pertama kali dipakai oleh Burgerstein. Gutasi terjadi saat kondisi tanah sesuai sehingga penyerapan air tinggi namun laju penguapan/ transpirasi rendah maupun ketika penguapan air sulit terjadi karena tingginya kelembaban udara. Proses gutasi terjadi pada struktur daun mirip stomata yang bernama hidatoda. Gutasi dapat diamati dengan munculnya tetes-tetes air di tepi daun yang tersusun teratur. Tingkat terjadinya gutasi sangat rendah dibandingkan dengan transpirasi. Gutasi juga lebih jarang diobservasi daripada transpirasi. Titik-titik air di tepi daun yang terjadi akibat gutasi di pagi hari sering disalahartikan sebagai embun.Banyak tumbuhan mengeluarkan melalui tepi daun. Tetesan akan semakin banyak jika udara mendekati kejenuhan akan uap airatau kelembapannya tinggi. Sebaliknya, tetesan air akan berkurang jika kelembapan udara rendah. Pengeluaran air melalui lubang-lubang yang terdapat di tepi daun disebut juga dengan gutasi. Sedangkan lubang tempat keluarnya gutasi adalah hidatoda atau gutatoda atau emisari. Proses gutasi biasanya terjadi pada waktu malam menjelang pagi.

  3. Perdarahan

    Perdarahan adalah pengeluaran zat oleh tubuh orgnisme melalui kegiatan yang tidak wajar, misalnya karena dilukai. Cairan perdarahan mengandung zat organik maupun zat anorganik. Cairan perdarahan dari tumbuhan banyak manfaatnya bagi manusia sehingga sering dengan sengaja tumbuhan dilukai untuk memperoleh zat-zat yang berguna. Contoh peristiwa perdarahan adalah sebagai berikut

    • Kelapa disadap untuk diambil niranya.
    • Pinus dilukai untuk diambil terpentin.
    • Pohon karet disadap untuk diambil getahnya
    • Buah papaya di lukai untuk diambil papainnya.

Nah, dari beberapa penjelasan di atas dapat kita pahami mengenai proses eliminasi atau proses pengeluaran pada tumbuhan. Demikianlah Pengeluaran Pada Tumbuhan (Transpirasi, Gutasi, Perdarahan). Sekian yang dapat mimin sampaikan melalui artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

BACA JUGA : 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.