Pengertian Hukum Menurut Ahli Lengkap !!

Pengertian Hukum Menurut Ahli Lengkap !!

Mengakujenius.com РPada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Sistem Hukum Peradilan Nasional. Mungkin sebagian dari anda sudah pernah membehasnya ketika duduk di bangku sekolah. Nah, pada artikel kali ini mimin akan membahasnya secara lebih rinci dan mudah dipahami. Namun  sebelum kita membahasnya lebih jauh, alangakah baiknya kita mengetahui beberapa penjelasan berikut.

Pengertian Hukum Menurut Ahli

Hukum memang sulit didefinisikan karena jika kita berbicara tetang hukum, maka pemahamannya pun akan berbeda setiap sudut pandang jika hendak dikaji. Nah, untuk lebih jelasnya kitaharus mengetahui beberapa pengertian hukum menurut para ahli hukum terkemukan di dunia.

  1. Achmad Ali

    Hukum adalah seperangkat norma tentang apa yang benar dan apa yang salah yang buat atau diakui eksistensinya oleh pemerintah, yang dituangkan baik dalam aturan tertulis maupun peraturan yang tidak tertulis yang mengikat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat secara keseluruhan dan dengan ancaman sanksi bagi pelanggar aturan tersebut.

  2. E. Utrech

    Hukum adalah himpunan peraturan-peraturan (perintah dan larangan) yang mengatur tata tertib kehidupan bermasyarakat yang harusnya ditaati oleh anggota masyarakat yang bersangkutan karena pelanggaran petunjuk hidup itu dapat menimbulkan tindakan dari pihak pemerintah.

  3. Prof Mr. E. M Meyers

    Hukum adalahy semua aturan yang mengandung pertimbangan kesusilaan dan ditunjukan pada tingkah lau manusia dalam bermasyaraat serta menjadi pedoman bagi penguasa-penguasa  negara dalam melaksanakan tugasnya.

  4. Leon Duguit

    Hukum adalah aturan tingkah laku para anggota masyarakat yang harus ditaati oleh masyarakat sebagai jaminan kepentingan bersama dan jika dilanggar akan menimbulkan reaksi bersama terhadap otrang yang melakuakn pelanggaran tersebut.

  5. Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmaja

    Hukum adalah keseluruhan kaidah-kaidah serta asas-asas yang mengatur pergaulan hidup dalam masyarakat dan bertujuan memelihara ketertiban serta meliputi lembaga-lembaga dan proses guna mewujudkan berlakunya kaidah sebagai kenyataan dalam masyarakat.

  6. S. Amin S.H

    Hukuman merupakan kumpulan peraturan-peraturan yang terdiri dari norma dan sanksi dengan tujuan mewujudkan ketertiban keamanan dqlam pergaulan manusia di masyarakat berbangsa dan bernegara.

  7. Sudikno Mertokusumo

    Hukum adalah sekumpulan peraturan-peraturan atau kaidah dalam suatu kehidupan bersama, seluruh peraturan tentang tingkah laku yang berlaku dalam kehidupan bersama yang dapat dipaksakan pelaksanaannya degan suatu sanksi

  8. J. C. T. Somorangkir, S.H dan Woerjono Sastropranoto S.H.

    Hukum adalah peraturan-peraturan yang bersifat memaksa yang menentukan tingkah laku manusia dalam masyarakat yang dibuat oleh badan-badan resmi yang berwajib, dan pelanggaran terhadapnya mengakibatkan diambilnya tindakan, yaitu hukuman tertentu.

Dari beberapa definisi yang telah dikemukakan oleh para ahli tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa poin penting yang telah kami rangkum berikut ini.

  • Peraturan berisi larangan dan perintah
  • Peraturan mengatu tingkah laku manusia dan gaaya hidup di dalam masyarakat
  • Sanki terhadap pelanggaran peraturan bersifat tegas
  • Peraturan-peraturan tersebut diakukan oleh badan-badan resmi negara.
  • Peraturan hukum bersifat memaksa.

Dengan demikian, hukum juga dapat didefinisikan sebagai kumpulan peraturan yang hidup di dalam masyarakat yang dapat memaksa orang supaya menaati tata tertib dalam masyarakat serta mempunyai sanki yang tegas (hukuman) terhadap siapa saja yang menaati hukum tersebut.

Hukum merupakan salah satu dari norma dalam masyarakat. Norma hukum peraturan yang mengatur mengenai tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakat dan dibuat oleh badan-badan resmi negara serta bersifat memaksa sehingga perintah dan larangan dalam norma hukum harus ditaati oleh masyarakat. Oleh karena itu, dalam kehidupan sehari-hari aparat penegak hukum, seperti polisi, jaksa, dan hakim dapat memaksa seseorang untuk menaati hukum dan memberikan sanksi bagi pelanggar hukum. Norma hukum juga mengatur kehidupan lainnya, seperti larangan melakukan tindak kejahatan dan pelanggaran, larangan melakukan korupsi, larangan merusak hutan serta kewajiban memelihara hutan, dan kewajiban membayar pajak. Peraturan tersebut harus dilaksanakan oleh seluruh warga negara Indonesia tanpa terkecuali.

Pada hakikatnya, suatu norma hukum dibuat untuk menciptakan ketertiban dan kedamaian dalam pergaulan hidup bermasyarakat. Untuk itulah, setiap norma hukum memiliki dua macam sifat, yaitu sebagai berikut
  • Bersifat perintah, yaitu memerintahkan orang berbuat sesuatu dan jika tidak berbuat maka ia akan melanggar norma hukum tersebut.
  • Bersifat larangan, yaitu melarang orang berbuat sesuatu dan jika orang tersebut melakukan perbuatan yang dilarang maka ia melanggar norma hukum tersebut.
Nah, Dari beberapa Penjelasan di atas kita dapat mengetahui mengenai pengertian hukum. Demikianlah Pengertian Hukum Menurut Ahli Lengkap !!. Sekian yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi. Dan semoga bermanfaat.
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.