Perbedaan Prokariotik dan Eukariotik Lengkap !!

Perbedaan Prokariotik dan Eukariotik Lengkap !!

Mengakujenius.com – Sejatinya makhluk hidup yang terdapat di alam ini memiliki sel. Sel merupakan unit terkecil dari makhluk hidup. Meskipun menjadi unit terkecil dari makhluk hidup, di dalam sel tersebut masih mengandung bagian-bagian tertentu seperti nukleus, ribosom, vakuola, dan lain-lain. Pada kesempatan kali ini kamiakan membahas mengenai perbedaan prokariotik dan eukariotik. Namun sebelum kita membahasnya lebih jauh alangkah baiknya kita mengetahui beberapa penjelasan berikut ini.

Pengertian Prokariotik

Prokariotik adalah organisme yang belum memiliki nukleus. Prokariotik memiliki materi genetik yang terpusat pada daerah yang disebut nukleolid, namun tidak terdapat membran yang memisahkan daerah ini dari bagian sel yang lainnya. Makhluk hidup prokariotik adalah organisme yang memiliki sel tunggal serta memiliki jenis sel yang tidak punya inti sel dan materi genetiknya tidak berada dalam membran plasma. Ada dua jenis sel yang dimiliki makhluk hidup di alam ini. Yang pertama adalah organisme eukariota, dan yang kedua adalah prokariota. Organisme prokariotik adalah organisme yang penyebarannya sangat banyak di muka bumi.

Organisme hidup dengan memanfaatkan lebih banyak sumber energi yang ada di permukaan bumi. Berbeda dengan organisme lainnya yang hanya membutuhkan beberapa sumber enrgi saja. Organisme prokariota akan dapat bertahan hidup lebih lama daripada organisme lainnya. Meskipun berukuran sangat kecil (mikroskopik), organisme ini memiliki berbagai spesies, sehingga metabolisme setiap spesies pun sangat berbeda.

Ciri-ciri Makhluk Hidup Prokariotik 

Berikut ini adalah ciri-ciri organisme prokariotik

  1. Merupakan organisme bersel satu (uniseluler)
  2. Di dalam selnya tidak memiliki membran inti
  3. Tidak memiliki klorofil dan hidup bebas di alam sebagai parasit dan saprofit.
  4. Merupakan makhluk hidup mikroskopis serta memiliki metabolisme aerob dan anaerob
  5. Makhluk hidup paling primitif di muka  bumi.
  6. Sel prokariotik tidak memiliki struktur yang dibatasi membran
    (Baca : Ciri-ciri Prokariotik Selengkapnya…)

Organisasi seluler dan genetik prokariota berbeda secara mendasar dari organisme eukariota, prokariota memiliki genom yang lebih kecil dan lebih sederhana, kurang lebih prokariota memiliki genom seperseribu DNA eukariota. Membran prokariota telah mengalami spesialisasi, yakni ditandai dengan adanya lipatan-lipatan ke arah dalam oleh membran plasma hasil sisa krista-krista mitokondria yang berfungsi dalam respirasi seluler prokariota aerobik.Genom prokariota hanya sebuah molekul DNA sirkular untai ganda, sedangkan eukariota memiliki molekul DNA linear yang berasosiasi dengan protein yang terdapat di dalamnya.

Pengertian Eukariotik

Organisme eukariota adalah makhluk hidup yang telah memiliki nukleus sejati. Nukleus tersebut dibungkus oleh selubung nukleus, seluruh daerah di antara nukleus dan membran yang membatasi sel yang disebut sitoplasma. Didalam sitoplasma terdapat organel-organel sel yang mempunyai bentuk dan fungsi terspesialisasi yang sebagian organel tersebut tidak ditemukan pada organisme yang tidak memiliki nukleus (prokariotik). Flagel pada eukariotik lebih lebar sedangkan pada prokariotik memiliki flagell sepersepuluh flagel eukariotik.

Eukariota dapat bereproduksi baik melalui reproduksi aseksual yaitu melalui pembelahan mitosis dan bereproduksi secara seksual melalui meiosis. Satu sel kemudian membelah untuk menghasilkan dua sel yang identik secara genetik. Dalam meiosis, replikasi DNA diikuti oleh dua putaran pembelahan sel untuk menghasilkan empat sel anak masing-masing dengan setengah jumlah kromosom dari sel induknya (sel haploid). Sel-sel ini bertindak sebagai sel kelamin (gamet – masing-masing gamet hanya memiliki satu pelengkap kromosom, masing-masing campuran unik dari pasangan kromosom orangtua yang sesuai) yang dihasilkan darrekomendasi genetik selama meiosis.

Ciri-ciri Eukariotik

  1. Memiliki ukuran yang lebih besar daripadasel prokariotik
  2. Memiliki bagian-bagian tubuh seluler yang disebut organel dan sitoskeleton.
  3. DNA eukariota disimpan dalam kumpulan kromosom.
  4. Reprodusi aseksual sengan mitosis dan sesksual dengan meiosis.
  5. Sel eukariotik memiliki bermacam-macam struktur yang dibatasi membran
  6. Memiliki organel sel seperti mitokondria, badan golgi, retikulum endoplasma, ribosom, vakuola dan kloroplas yang tidak ditemukan pada organisme prokariotik

Nah, dari beberpa penjelasan di atas kita dapat mengetahui mengenai perbedaan organisme prokariotik dan eukariotik. Demikianlah Perbedaan Prokariotik dan Eukariotik Lengkap !!. Sekian yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi. Jangan lupa share ya guys.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.