Pertumbuhan Primer dan Sekunder Pada Tumbuhan Lengkap

Pertumbuhan Primer dan Sekunder Pada Tumbuhan Lengkap

pertumbuhan primer dan sekunder 1

Tahukah anda perbedaan pertumbuhan dan perkembangan? Pernahkah anda mengamati pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan?. Nah, pada kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai pertumbuhan pada tumbuhan yang meliputi prtumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Sebelum kita membahsnya lebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa penjelasan berikut ini.

Pengertian Pertumbuhan dan perkembangan

Pertumbuhan adalah proses pertambahan volume secara ireversibel (menuju satu titik dan tidak dapat kembali lagi). Sedangkan perkembangan adalah pertumbuhan menuju kedewasaan suatu organisme. Pada tumbuhan, secara umum perkembangan dicirikan dengan adanya bentuk bunga sebagai alat perkembangbiakan. Pertumbuhan tanaman yang dimulai dari biji akan mengalami fase perkecambaha, pertumbuhan, dan perkembangan. Adapun pada perkecambahan dibedakan menjadi dua tipe, yaitu epigeal, dan hipogeal.

Sejatinya, pertumbuhan merupakan proses pertambahan ukuran sel pada organisme. Pertumbuhan berifat kuantitatif atau terukur. Sedangkan perkembangan adalah proses menuju kedewasaan pada organisme. Pada proses perkembangan akan terjadi proses kualitatif/perbaikan kualitas. Pertumbuhan dan perkembangn bersifat irreversibel. Nah, untuk menambah pemahaman anda mengenai pertumbuhan dan perkembangan, perhatikanlah beberapa penjelasan berikut ini.

Berikut ini adalah pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan berdasarkan teori dua titik tumbuh yaitu sebagai berikut.

  1. Teori Histogen
    Teori histogen dikemukakan oleh Hastein. Isi teori tersebut adalah jaringan sel terdiri atas tiga lapisan, yaitu plerom, dermatogen, dan periblem
  2. Teori Tunika-Korpus
    Teori Tunika-Korpus dikemukaan oleh Schmid, yang menyatakan bahwa batang tumbuhan terbagi menjadi dua zona, yaitu zona Tunika dan Korpus.

Fase Pertumbuhan

Pertumbuhan pada tumbuhan dibedakan menjadi pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Berikut ini adalah penjelasannya

  1. Pertumbuhan primer

    Pertumbuhan primer terjadi sebagai hasil pembelahan sel-sel jaringan meristem primer. Jaringan meristem ditemukan pada ujung kar dan ujung batang. Ujung akar dan ujung batang disebut sebagai titik tumbuh. Aktivitasnya menyebabkan akar dan batang tumbuh memanjang. Seiring perkembangan zaman yang semakin canggih dan modern, telah diciptakan sebuah alat untuk mengukur atau mengetahuipertumbuhan batang disebut Auksanometer.

    • Daerah Pembelahan

      Sel-sel yang berada di daerah pembelahan akan aktif membelah diri yakni bersifat (meristematik). Jadi tidak heran jika di daerah ini akan terjadi pertumbuhan yang ditandai dengan bertambahnya ukuran yang membesar.

    • Daerah Pemanjangan

      Daerah pemanjangan berada di belakang daerah pembelahan. Yang terjadi ketika sel-sel yang berada di daerah pembelahan setelah aktif dan tumbuh membesar, kemudian akan tumbuh memanjang, nah di derah tersebut proses pemanjangan terjadi.

    • Daerah Deferensiasi

      Daerah deferansiasi adalah daerah paling belakang dari daerah pertumbuhan sel. Sel-sel mengalami diferensiasi membentuk akar yang sebenarnya serta daun muda dan tunas lateral yang kemudian akan menjadi cabang.

  2. Pertumbuhan Sekunder

    Pertumbuhan sekunder terjadi akibat aktivitas kambium jaringan yang telah dewasa dan bersifat meristem kembali. Pertumbuhan sekunder hanya terjadi pada tumbuhan yang memiliki kambium di dalam batangnya. Contohnya adalah terjadi pada tumbuhan dikotil dan biji terbuka Gymnospermae. Dengan terjadinya pertumbuhan sekunder, mengakibatkan batang dan akar menjadi membesar. Pertumbuhan sekunder disebabkan adanya pembelahan pada jaringan meristem sekunder (meristem lateral).
    Terdapat dua macam meristem lateral yaitu kambium vaskuler (terletak diantara pembulu pengangkut xilem dan floem) yang menyebabkann pembelahan sel kearah dalam membentuk sekunder, dan membelah ke arah luar membentuk floem sekunder, sehingga batang tambah membesar, dan kambium gabus disebut juga felogen terletak dibawah epidermis dekar koloenkima yang berfungsi menebalkan batang, sehingga epidermis lebih kedap terhadap air.

Nah, dari beberapa penejalasan di atas, kita dapat memahami bahwa pertumbuhan terbagi menjadi diu tahap yakni pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Demikianlah Pertumbuhan Primer dan Sekunder Pada Tumbuhan Lengkap. Sekian yang dapat mimin sampaikan melalui artikel ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA : 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.