Struktur Kromosom dan Fungsinya Lengkap

Struktur Kromosom dan Fungsinya Lengkap

Struktur kromosom dan fungsinya

Pengertian Kromosom

Tahukah anda apa itu kromosom? disekolah kita mengenal pelajaran yang membahas mengenai struktur tubuh sel yang didalamnya terdapat kromosom. Didalam kromosom terdapat unit-unit sel yang saling berkaitan satu denagn yang lainya, lantas apakah pengertian kromosom yang sebenarnya? berikut ini adalah pengertian kromosom.

Kromosom adalah unit genetik yang terdapat dalam setiap sel makhluk hidup. Kromosom tersusun dari dua molekul inti yaitu protein dan DNA.

A5

Struktur Kromosom

Kromosom dapat terbentuk ketika protein dan DNA berikatan satu dengan yang lainnya. Berikut ini adalah struktur kromosom beserta fungsinya.

  1. Kromatid
    Kromatid adalah bagian dari kromosom yeng berupa lengan yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Yang mengikat kedua kromatid disebut Sentromer.
  2. Sentromer 
    Sentromer adalah pengikat dua kromatid kembar . Sentromer merupakan daerah yang mengerut pada saat proses mitosis dan meiosis.
  3. Kromomer
    Kromomer adalah penebalan yang terjadi pada kromonema.
  4. Kinektokor
    Didalam sentromer terdapat mikrotubulus yang teediri dari struktur benang-benang halus. Pada sentromer terdapat kinektokor, kinektokor adalah struktur yang menjadi tempat meleka mikrotubulus.
  5. Satelit
    Satelit adalah bagian dari kromosom yang berbentuk bulat yang terletak di ujung kromati. Satelit yang terdapat dalam kromosom bukan termasuk satelit luar angkasa akan tetapi satelit yang merupakan bagian dari kromosom.
  6. Telomer
    Telomer adalah bagian paling ujung yeng terdapat dalam kromosom. fungsi telomer adalah menjaga stabilitas bagian ujung kromosom dan menjaga DNA supaya tidak terurai.

Nah, demikianlah pengertian dan struktur tubuh lengkap beserta penjelasannya. Semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi yang cukup. Sekian dari mimin terimakasih.

BACA JUGA :

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.